Cuplikan Dukungan Netizen Temani Perjuangan Sabai Morscheck Lahiran

Netizen mendukung Sabai dengan memberikan berbagai saran agar bisa melahirkan lancar

31 Oktober 2020

Cuplikan Dukungan Netizen Temani Perjuangan Sabai Morscheck Lahiran
Instagram.com/ringgoagus

Kabar bahagia datang dari keluarga Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck. Pada Jumat (30/10/2020), pasangan ini dikaruniai anak kedua mereka. Lewat akun Instagram Ringgo, Papa dua anak ini mengumumkan kabar menggembirakan ini.

Sebelum lahiran, Sabai berjuang melahirkan secara normal setelah melewati operasi caesar di kelahiran anak pertamanya, Bjorka. Sabai berjuang melewati masa-masa kontraksi yang cukup panjang. Sebagai suami, Ringgo berusaha untuk membantu Sabai melewati masa-masa tersebut agar tetap semangat.

“Perkembangan hari ini... kita masih bertahan di bukaan awal... gymball sudah dipinjemin dari teman yang rumahnya dekat, saya masih mati gaya nggak tau mau ngapain, cipok msh menjadi senjata saya buat nunjukkin kepedulian, kalau mijet takut salah... dan situasi sekarang karena keluarga dan teman dekat nggak bisa jenguk dalam situasi pandemi ini jadi saya update sini aja ya..,” tutur Ringgo sesaat sebelum Sabai melahirkan.

Karena postingan tersebut, banyak netizen yang kemudian memberikan saran di kolom komentar untuk membantu Sabai agar bisa mempercepat masa-masa kontraksi hingga melahirkan.

Wah, apa benar ya yang disarankan oleh netizen ini bisa membantu mempercepat proses persalinan? Berikut Popmama.comrangkum informasi lengkapnya.

1. Menyarankan naik-turun tangga

1. Menyarankan naik-turun tangga
Instagram.com/ringgoagus

@cholief.93: Naik turun tangga ba. . Atau jongkok berdiri pegangan sma kursi atau dipan... Semoga segera nambah bukaannya

Salah satu netizen dalam komentar pada akun Ringgo mengatakan kalau naik-turun tangga bisa berpengaruh dalam pembukaan menjelang kelahiran. Faktanya, mengutip dari Firtscry Parenting, ternyata memang berpengaruh lho. Alasannya, karena naik turun-tangga menggunakan semua otot punggung bawah dan kaki mama.

Karena adanya peregangan dan gerakan pinggul itu bisa membantu mengarahkan kepala bayi ke arah jalan lahir. Naik-turun tangga adalah cara alami untuk menginduksi kelahiran secara alami karena mempersiapkan tubuh untuk jalan lahir bayi. Naik-turun tangga juga membantu menekan leher rahim dan mendorongnya untuk melebar dan membuka area panggul.

2. Berjalan kaki berkeliling rumah sakit

2. Berjalan kaki berkeliling rumah sakit
Instagram.com/ringgoagus

@hermana__atha: Ajak jalan jalan keliling rumah sakit....sambil sholawat

@lifaachmad: Dibuat jln2 keliling rmh skit aj mama sabai,,biar pembukaan ny cepet,,moga segera lahiran,mama dan debay sehat

Dua akun tersebut menyarankan agar Sabai berjalan-jalan di sekitar rumah sakit sebagai induksi alami untuk mempercepat pembukaan. Masih mengutip dari Firtscry Parenting, ternyata berjalan-jalan ini memang berefek pada pembukaan menjelang kelahiran lho.

Berjalan adalah gerakan aerobik ringan yang menjadi cara sempurna untuk menginduksi secara alami jelang lahiran. Dengan banyak berjalan bisa membantu bayi turun ke bagian bawah rahim dan juga merangsang leher rahim untuk melebar dan bersiap-siap melahirkan. Berjalan kaki juga merupakan olahraga yang bisa dilakukan untuk membantu dalam merangsang kontraksi rahim, terutama di trimester ketiga.

Editors' Picks

3. Memberikan afirmasi positif

3. Memberikan afirmasi positif
Instagram.com/ringgoagus

@candiccea: Semangatin ba, kasi mama cabai afirmasi positif klo mama cabai pasti bsa dan kuat, ajak ngobrol aja bayinya di perut sering2

Memberikan afirmasi positif menjelang persalinan tak hanya bermanfaat selama proses kelahiran tersebut tapi juga berdampak setelahnya. Mengutip dari Birthzang, kekuatan menakjubkan dari afirmasi positif bisa membantu seorang mama selama proses kelahiran.

Afirmasi seperti “Saya kuat dan saya bisa”, “kelahiran ini akan baik-baik saja”, “bayi saya akan lahir sehat" adalah contoh afirmasi positif yang bisa dilakukan Mama atau Papa untuk menenangkan diri menjelang persalinan.

4. Pijatan lembut di punggung hingga pinggang

4. Pijatan lembut punggung hingga pinggang
Instagram.com/ringgoagus

@trias_resti: Kasih pijatan lembut kaya rangsangan/belaian gtu dr punggung bawah ke atas ba.…

Dalam jurnal Expert Review of Obstetrics & Gynecology tahun 2010 karya Tiffany Field dari Touch Research Institute, University of Miami School of Medicine, Amerika Serikat, menyebut bahwa momen persalinan adalah pengalaman yang memicu kecemasan. Disebut dalam banyak penelitian jika terapi pijat bisa mengurangi kecemasan dan rasa sakit menjelang persalinan. Dalam sebuah penelitian, pijatan ternyata bisa mengurangi intensitas nyeri selama pembukaan 1 dan 2.

Apalagi ketika pasangan memijat mereka selama 15 menit pertama dari setiap jam persalinan, hal tersebut sangat membantu ibu hamil melewati persalinan yang lancar. Pasangan bisa memijat punggung dan kaki ibu hamil dengan posisi berbaring miring ke sebelah kiri.

5. Berikan rangsangan di puting payudara

5. Berikan rangsangan puting payudara
Instagram.com/ringgoagus

@lexi_azza: Baru bukaan brp baba @ringgoagus coba rangsang puting ... biar kontraksi cepet .sya wktu di anak ke 2 dan ke 3 di praktekin alhamdulillah cpet bukaan nya…

Rangsangan di puting payudara bisa membantu melepaskan banyak hormon oksitosin. Hormon ini berperan untuk memperlancar persalinan dan memperkuat ikatan mama dan bayinya. Dengan rangsangan payudara ini bisa mendorong untuk mempercepat kontraksi dan membuat Mama bisa menjalani persalinan dengan tenaga lebih kuat.

Dikutip dari Healthline, penelitian dalam Worldviews on Evidence-Based Nursing kelompok ibu hamil dengan stimulasi puting memiliki durasi terpendek dari setiap pembukaan saat persalinan. Durasi rata-rata adalah 3,8 jam untuk pembukaan 1 dan makin pendek setelahnya.

6. Disarankan menggunakan gymball

6. Disarankan menggunakan gymball
Instagram.com/ringgoagus

@hwnabila: Baa, minum minyak kelapa sambil main gymball

Menggunakan bola kehamilan atau gymball bisa membantu pembukaan jelang persalinan. Dikutip dari Mom Love Best, gymball ini bisa menjadi cara untuk menginduksi alami jelang persalinan bayi. Dengan melatih dan duduk di gymball dengan merentangkan kaki secara lebar bisa meningkatkan aliran darah ke rahim, plasenta, dan bayi dalam perut.

Gerakan tersebut juga akan membuka otot panggul, mendorong bayi turun menuju jalan lahir, dan membantu membawa bayi berada di posisi lahir yang benar.

Itulah tadi tips untuk mempercepat pembukaan dan perlancar kelahiran dar netizen di komentar instagram Ringgo Agus Rahman. Wah, ternyata Mama-mama ini mendukung Sabai untuk berjuang melahirkan secara VBAC (vaginal birth after cesarean). Selamat untuk Ringgo dan Sabai sudah jadi orangtua dua anak!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.