7 Cara Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar setelah Melahirkan

Salah satunya bisa dengan cara mengonsumsi air hangat setiap harinya, Ma!

19 Oktober 2021

7 Cara Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar setelah Melahirkan
Freepik/jcomp

Melahirkan adalah proses yang tidak mudah bagi perempuan. Bahkan, setelah melahirkan kita dihadapkan dengan banyak hal yang berkaitan dengan perawatan si Kecil. Meskipun setelah melahirkan kita bisa segera pulang ke rumah dalam waktu 1 - 4 hari, bukan berarti kondisi kita sudah pulih total ya, Ma.

Proses melahirkan baik itu normal maupun operasi caesar, keduanya sama-sama memiliki risiko dan komplikasi. Bahkan tak jarang, Mama mengalami susah buang air besar (BAB) setelah melahirkan.

Ada banyak hal yang menyebabkan Mama susah buang air besar setelah melahirkan. Diantaranya, fluktuasi hormon, kurangnya cairan dalam tubuh, hingga kebutuhan serat harian yang kurang terpenuhi. Bahkan, stres pasca melahirkan juga bisa menyebabkan susah BAB lho, Ma.

Nah buat Mama yang mengalaminya, berikut ini Popmama.com akan memberikan informasi mengenai 7 cara alami mengatasi susah buang air besar setelah melahirkan, dilansir dari Healthline. Yuk disimak Ma!

1. Minum air hangat minimal 8 gelas per hari

1. Minum air hangat minimal 8 gelas per hari
Freepik/diana.grytsku

Mama disarankan untuk banyak minum air setelah melahirkan. Minum air punya banyak manfaat lho Ma, diantaranya membantu mencegah dehidrasi, memperlancar produksi ASI, serta membantu mengatasi susah buang air besar setelah melahirkan. Ini karena, air bisa membantu melunakkan tekstur feses yang keras.

Usahakan untuk minum air minimal 8 gelas per hari atau lebih, sesuai anjuran ya, Ma. Selain itu, cobalah untuk minum air hangat agar tubuh lebih rileks dan BAB menjadi lancar.

2. Mengonsumsi prunes atau buah plum kering sebagai pencahar alami

2. Mengonsumsi prunes atau buah plum kering sebagai pencahar alami
Freepik

Prunes adalah buah plum yang dikeringkan tanpa proses fermentasi. Buah ini dipercaya bisa membantu mengatasi susah buang air besar, terutama untuk Mama yang baru melahirkan. Ini karena, prunes mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

Selain itu buah prunes juga mengandung sorbitol, yang mampu menyerap air dalam usus, melunakkan tekstur feses, serta merangsang pergerakan usus. Inilah alasan mengapa buah prunes digunakan sebagai obat pencahar alami, untuk mengatasi susah buang air besar.

Mama bisa nih mengonsumsi prune dengan cara mencampurkannya ke dalam sereal, atau menambahkannya ke dalam jus buah segar.

Editors' Picks

3. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup

3. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat cukup
Pexels/Ketut Subiyanto

Setelah melahirkan, Mama harus memastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk mempercepat proses penyembuhan pasca melahirkan, tetapi juga membantu mengatasi masalah susah buang air besar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada The Journal of Experimental Medicine, menemukan fakta bahwa, istirahat yang cukup bisa membantu memperbaiki sistem imun tubuh dan mencegah terjadinya masalah kesehatan.

Sistem imun yang optimal, akan mendukung metabolisme tubuh dan kesehatan organ pencernaan kita, Ma.

4. Lakukan beberapa peregangan otot dan gerakan ringan

4. Lakukan beberapa peregangan otot gerakan ringan
Freepik/Jcomp

Setelah melahirkan, Mama biasanya disarankan untuk melakukan beberapa gerakan. Ini bukan tanpa alasan ya, Ma. Ternyata gerakan tubuh yang dilakukan setelah melahirkan, bisa membantu mengatasi sembelit lho.

Mama bisa melakukan peregangan atau gerakan ringan ya, misalnya berjalan santai di area kamar atau sekitar rumah. Bergerak akan membantu tubuh mengatasi gas dan kembung di perut. Jika ini rutin dilakukan, maka masalah sembelit atau susah buang air besar setelah melahirkan bisa dengan mudah diatasi.

5. Konsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi

5. Konsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi
Freepik/valeria_aksakova

Memastikan asupan serat harian terpenuhi, merupakan salah satu cara alami dalam mengatasi masalah susah buang air besar setelah melahirkan. Serat sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan kita, karena bisa meningkatkan massa feses dan melunakkan teksturnya. Makanan kaya serat biasanya banyak mengandung air, Ma.

Mama sangat disarankan mengonsumsi beberapa jenis makanan kaya serat seperti kacang hijau, brokoli, beras merah, kacang almond, labu kuning, serta buah-buahan.

6. Ganti beberapa jenis vitamin dengan makanan tinggi zat besi

6. Ganti beberapa jenis vitamin makanan tinggi zat besi
Freepik/jcomp

Beberapa jenis vitamin yang dikonsumsi saat hamil atau setelah melahirkan, mengandung zat besi yang mungkin saja menyebabkan sembelit. Oleh karenanya, jika mengalami susah buang air besar setelah melahirkan, Mama bisa mengurangi dosis dari vitamin tersebut, lalu menaikkan dosisnya kembali secara perlahan setelah kondisinya membaik.

Alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu, mengganti vitamin tersebut dengan makanan alami yang mengandung zat besi. Diantaranya, sayuran berdaun gelap, daging ayam, daging sapi, atau kacang polong.  

7. Hindari stres pasca melahirkan

7. Hindari stres pasca melahirkan
Freepik/jcomp

Pasca melahirkan, biasanya Mama akan akan dihadapkan dengan kondisi baru yang bisa membuat stres. Ini merupakan hal yang wajar terjadi, Ma. Tapi kecemasan berlebih atau stres, bisa menyebabkan masalah kesehatan termasuk gangguan sistem pencernaan, salah satunya yaitu membuat susah buang air besar.

Oleh karena itu, penting untuk Mama mengelola stres agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan. Mama bisa lho, membagi tugas untuk merawat si Kecil bersama suami, atau diskusikan masalah yang dihadapi kepada orang-orang terdekat yang bisa dipercaya.

Nah, itulah 7 cara alami untuk mengatasi susah buang air besar setelah melahirkan. Tapi, jika kondisi Mama tidak mengalami perubahan setelah melakukan cara alami tersebut, segera lakukan pemeriksaan diri ke dokter ya. Semoga informasinya bermanfaat Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.