Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Ciptakan Bonding antara Papa dan Bayi yang Sedang Menyusu

Menyusui adalah proses intim antara Mama & bayi, tapi bukan berarti Papa tak bisa ambil peran ya

16 Januari 2023

7 Cara Ciptakan Bonding antara Papa Bayi Sedang Menyusu
Pexels/Laura Garcia

Proses menyusui memang bukan satu hal yang mudah untuk dijalani oleh Mama dan bayi. Karena alasan ini, Papa sebagai support system utama, juga harus mengambil peran ya.

Selain memberi dukungan untuk Mama, Papa juga harus menjalin kedekatan dengan bayi yang sedang menyusu. Hal ini bisa menciptakan bonding antara Papa dan bayi, sehingga nantinya Papa akan lebih percaya diri untuk mengasuh bayi yang sedang menyusu.  

Di sisi lain, kedekatan antara Papa dan bayi juga menguntungkan untuk Mama menyusui lho. Karena selama Papa bersama bayi, Mama jadi punya lebih banyak waktu untuk isirahat dan mengembalikan energi tubuh yang hilang usai menyusui. Dengan begitu, Mama jadi lebih rileks sehingga produksi ASI juga meningkat.

Di bawah ini, Popmama.com telah merangkum 7 cara ciptakan bonding antara Papa dan bayi yang sedang menyusu, dilansir dari The Bump. Yuk, Pa, simak selengkapnya ya!

1. Ikut terlibat saat bayi sedang menyusui

1. Ikut terlibat saat bayi sedang menyusui
Freepik/pch.vector

Menyusui memang proses intim yang dilakukan antara Mama dan bayi. Tapi ini bukan berarti Papa nggak bisa ikut terlibat di dalamnya ya.

Luangkan waktu untuk berada di sisi Mama dan bayi ketika proses menyusui berlangsung. Papa bisa duduk di sebelahnya, sambil mempersiapkan peralatan menyusui atau pumping ASI. Jika perlu, tawarkan bantuan kepada Mama selama proses menyusui ya!

2. Berusaha untuk sering menyapa anak

2. Berusaha sering menyapa anak
Freepik

Sebagian orang mungkin berpikir, apa manfaat dari sering-sering menyapa bayi. Padahal melansir dari The Bump, tindakan yang satu ini bisa bantu meningkatkan kemampuan anak dalam berempati lho!

Papa bisa coba mulai dengan mengucapkan selamat pagi, menyapa bayi saat sedang menyusu, atau berikan komentar terbaik saat melihat bayi menggerakkan anggota badannya.

Editors' Picks

3. Menggendong bayi setelah disusui

3. Menggendong bayi setelah disusui
Freepik/Senivpetro

Setelah menyusui, biasanya Mama akan merasa lelah atau mungkin hendak melanjutkan pumping ASI. Di momen ini, Papa bisa ambil peran untuk sementara waktu menggendong bayi setelah disusui.

Papa bisa bantu menyendawakan bayi, mengajaknya berkomunikasi, atau membantu menidurkan sambil tetap menggendongnya. Dengan melakukan hal ini, Papa jadi bisa meringankan tugas Mama dan mendekatkan diri dengan si Kecil.

4. Lakukan skin to skin dengan bayi

4. Lakukan skin to skin bayi
Pexels/Pixabay

Skin to skin dilakukan dengan cara kontak langsung dari kulit ke kulit, sehingga semakin tercipta kedekatan Papa dengan bayi.

Di satu sisi, melakukan skin to skin dengan bayi juga bisa merangsang peningkatan hormon oksitosin lho. Dimana ini merupakan hormon cinta, yang bisa menciptakan perasaan nyaman dan mempererat ikatan antara Papa dan bayi.

5. Menghabiskan waktu bersama bayi

5. Menghabiskan waktu bersama bayi
Freepik/freepic.diller

Setelah bayi selesai disusui, Papa bisa mengajaknya bermain. Ini bisa dilakukan sambil menggendongnya atau meletakkannya di tempat tidur ya. Lakukan hal menyenangkan bersama, mulai dari mengajaknya berkomunikasi, membacakan buku cerita, atau ajak anak mengeskplor mainan baru.

Saat Papa menghabiskan waktu berdua dengan bayi, ini memungkinkan Mama memiliki waktu me time. Dengan begitu, Mama jadi punya waktu untuk isirahat, sehingga tubuh jadi lebih segar dan produksi ASI meningkat.

6. Bantu merawat bayi setiap harinya

6. Bantu merawat bayi setiap harinya
Pexels/Helena Lopes

Selanjutnya, Papa bisa turut membantu dalam merawat bayi setiap harinya. Mulai dari mengganti popok di malam dan pagi hari, memandikan bayi, atau sekadar menyiapkan baju ganti untuk si Kecil. Jika dilakukan secara rutin, pasti rasanya tidak akan sulit ya.

Selain untuk membiasakan diri, rutinitas ini juga perlu dilakukan supaya Papa dan bayi punya ikatan yang lebih kuat dan berkualitas. Karena kenyataannya, aktivitas seperti memandikan dan mengganti popok bayi, akan lebih baik jika dilakukan oleh orangtua ketimbang pengasuh.

7. Bacakan cerita pengantar tidur

7. Bacakan cerita pengantar tidur
Pexels/Lina Kivaka

Cara ciptakan bonding antara Papa dan bayi yang sedang menyusu berikutnya yaitu membacakan cerita pengantar tidur. Meski bayi belum sepenuhnya paham apa yang diceritakan, setidaknya cara yang satu ini bisa membantunya untuk mengenal suara dari orangtua.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat membacakan cerita pengantar tidur Pa. Antara lain membangkitkan minat baca pada anak hingga ia dewasa, melatih daya ingat, serta yang paling penting yaitu bisa meningkatkan kedekatan antara Papa dan bayi.

Demikian tadi Pa, 7 cara ciptakan bonding antara Papa dan bayi yang sedang menyusu. Yuk, coba beberapa cara di atas Pa. Karena dengan adanya kedekatan antara Papa dan bayi, Mama menyusui tentu akan merasa terbantu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk