8 Cara Mengatasi Payudara Bengkak saat Menyapih

Payudara bengkak disebabkan oleh penumpukan ASI, maka dari itu atasi dengan tepat ya Ma!

17 Januari 2022

8 Cara Mengatasi Payudara Bengkak saat Menyapih
Freepik/wayhomestudio

Proses menyapih tentu jadi satu tantangan tersendiri untuk si Kecil dan juga Mama. Proses menyusui yang biasanya jadi aktivitas rutin, kini harus dihentikan karena anak semakin bertumbuh dan berkembang.

Nah karena harus mengakhiri proses menyusui, biasanya Mama juga harus menyesuaikan diri nih baik dalam segi fisik maupun mental. Dimana hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh Mama saat menyapih yaitu payudara bengkak. Pembengkakan di payudara terjadi karena Mama tidak menyusui si Kecil dan menyebabkan ASI menumpuk di saluran susu. Payudara bengkak bisa menimbulkan rasa sakit, tidak nyaman, bahkan tak jarang Mama bisa mengalami demam karena terjadi infeksi yang disebut mastitis.

Oleh karenanya, berikut Popmama.com akan berikan informasi mengenai 8 cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih. Simak yuk Ma, agar proses menyapih bisa berjalan lancar!

1. Gunakan kompres dingin untuk meminimalkan rasa sakit dan bengkak di payudara

1. Gunakan kompres dingin meminimalkan rasa sakit bengkak payudara
bestproducts.com

Cara mengatasai payudara bengkak saat menyapih yang pertama yaitu Mama bisa menggunakan kompres dingin. Kompres dingin dilakukan untuk meminimalkan bengkak yang terjadi pada payudara, sehingga rasa sakit yang timbul bisa mereda.

Untuk mengompres payudara, Mama bisa menggunakan kompres dingin yang diletakkan di atas payudara atau di dalam bra, serta bisa juga menggunakan lap yang telah direndam dalam air dingin. Namun pastikan Mama melakukan kompres payudara tidak lebih dari 15 menit setiap kalinya ya.

2. Perah ASI untuk mengeluarkan sedikit susu

2. Perah ASI mengeluarkan sedikit susu
Freepik/Zilvergolf

Ketika menyapih dan bayi tidak menyusu, ada kemungkinan Mama akan mendapati penumpukan ASI di payudara. Ini yang jadi sebab payudara bengkak dan terasa sakit. Untuk itu, perah sedikit susu menggunakan tangan hingga bengkak payudara bisa sedikit mereda.

Jika payudara masih bengkak, Mama bisa menggunakan pompa ASI sesekali. Namun ingat untuk tidak mengeluarkan ASI terlalu banyak ya Ma. Pasalnya, ASI yang terlalu banyak keluar justru akan merangsang payudara untuk memproduksi lebih banyak ASI lagi.

3. Gunakan bra dengan ukuran yang tepat dan bahan yang nyaman

3. Gunakan bra ukuran tepat bahan nyaman
Pixabay/Kareha

Bra jadi salah satu barang yang hampir selalu digunakan untuk menjaga payudara tetap nyaman. Untuk itu Mama sangat disarankan menggunakan bra dengan ukuran yang tepat guna memberikan kenyamanan, serta menjaga sirkulasi darah dan udara yang baik di sekitar payudara.

Ukuran bra yang tepat akan membantu megurangi nyeri dan sesak akibat payudara yang membengkak saat menyapih.

Namun, hindari menggunakan bra berkawat ya Ma. Karena bra berkawat bisa memberikan tekanan berlebih pada payudara. Ini tentunya akan meningkatkan risiko penyumbatan saluran ASI atau infeksi mastitis. Jika memungkinkan, cari bra yang memang dirancang khusus untuk ibu menyusui dengan bagian penyangga yang lebih fleksibel.

Editors' Picks

4. Atasi bengkak dengan daun kubis dingin

4. Atasi bengkak daun kubis dingin
Freepik/Khumthong

Daun kubis jadi salah satu alternatif yang bisa digunakan oleh ibu menyusui dalam mengatasi bengkak payudara. Tidak terkecuali saat Mama akan menyapih si Kecil.

Dilansir dari National Institutes of Health, pengobatan daun kubis yang digunakan pada perempuan dengan pembengkakan payudara  dapat mengurangi rasa sakit serta mengurangi kekerasan payudara.

Untuk mendapatkan manfaat ini Mama hanya perlu menggunakan selembar daun kubis dingin, kemudian letakkan di dalam bra atau di atas payudara hingga layu. Setelah itu, Mama bisa menggantinya dengan daun kubis yang baru.

5. Lakukan pijat payudara untuk meredakan sakit dan bengkak

5. Lakukan pijat payudara meredakan sakit bengkak
Freepik/wayhomestudio

Mungkin selama ini Mama sudah mengetahui manfaat pijat payudara untuk meningkatkan produksi ASI. Tapi ternyata tak hanya itu lho Ma. Pijat payudara juga dipercaya jadi cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih.

Mama bisa lakukan pijat payudara dengan menggunakan ujung jari, kemudian pijat secara perlahan dengan gerakan melingkar di sekitar payudara. Mama bisa juga menggunakan minyak khusus untuk pijat payudara yang dijual di apotek dan toko obat, atau pakai minyak alami salah satunya zaitun.

6. Lakukan kompres hangat untuk meredakan bengkak payudara saat menyapih

6. Lakukan kompres hangat meredakan bengkak payudara saat menyapih
Pixabay/yamsri

Selain kompres dingin, Mama bisa juga nih menggunakan kompres hangat untuk meredakan rasa sakit yang timbul akibat bengkak payudara saat menyapih. Cukup rendam kain lap yang lembut ke dalam air hangat, kemudian peras dan letakkan tepat di bagian atas payudara.

Mama bisa menggunakan kompres hangat sekitar 15 menit, lalu ulangi caranya seperti semula. Lakukan hingga beberapa kali sampai rasa sakit atau bengkak mereda ya Ma. Ingat untuk tidak menggunakan air panas, karena air panas justru bisa membakar jaringan payudara dan menimbulkan rasa tidak nyaman serta kemerahan di kulit payudara.

7. Perlakukan payudara dengan lembut terutama saat berhubungan intim dengan pasangan

7. Perlakukan payudara lembut terutama saat berhubungan intim pasangan
Freepik/gpointstudio

Ketika akan menyapih si Kecil, biasanya payudara akan membesar akibat penumpukan ASI. Ini bisa menyebabkan payudara bengkak, timbulnya nyeri serta payudara menjadi lebih sensitif. Oleh karena itu, perlakukanlah payudara dengan lembut ya Ma.

Ini berlaku juga ketika Mama hendak berhubungan intim dengan pasangan. Pastikan Mama meminta pasangan untuk memberikan sentuhan yang lembut, serta hindari meremasnya terlalu keras. Karena selain membuat tidak nyaman, ASI yang keluar terlalu banyak justru bisa menambah suplai susu di payudara. Jadi berhati-hati ya Ma.

8. Berkonsultasi ke dokter jika nyeri akibat bengkak payudara tidak tertahankan

8. Berkonsultasi ke dokter jika nyeri akibat bengkak payudara tidak tertahankan
Freepik.com/pressfoto
Ilustrasi Resep dan Tahapan Promil untuk Suami dan Istri ala Dokter Zaidul Akbar

Sebenarnya ada beberapa jenis obat pereda nyeri yang direkomendasikan oleh dokter dan dijual bebas di pasaran. Diantaranya seperti acetaminophen atau ibuprofen, yang merupakan obat antiinflamasi nonsteroid untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan dalam tubuh kita.

Namun dalam proses menyapih, biasanya masih ada kemungkinan Mama akan menyusui si Kecil. Maka dari itu, sebaiknya Mama berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai penggunaan obat tersebut ya.

Dokter akan menentukan boleh atau tidaknya obat-obatan pereda nyeri untuk dikonsumsi, serta memberi petunjuk penggunaan mengenai dosis dan aturan pakainya.

Demikianlah tadi Ma, 8 cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih. Pada kenyataanya proses menyapih memang jadi tantangan tersendiri ya baik untuk Mama maupun si Kecil. Karena hal inilah, semangat dan kesabaran sangat dibutuhkan demi keberhasilan proses menyapih.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk