TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Hal yang Harus Dilakukan Suami saat Istri Alami Baby Blues

Cukup dengarkan dan beri perhatian lebih untuk Mama yang alami baby blues, Pa!

2 Juni 2022

10 Hal Harus Dilakukan Suami saat Istri Alami Baby Blues
Freepik.com

Sebagian besar dari Mama mungkin membayangkan bahwa, pasca melahirkan akan menjadi momen yang sangat membahagiakan. Namun faktanya, ada banyak perubahan terjadi di dalam diri, yang bisa menyebabkan Mama mengalami baby blues.

Baby blues adalah perasaan sedih yang banyak dialami seorang Ibu di awal-awal pasca melahirkan.

Menurut penelitian, sebanyak 4 dari 5 atau sekitar 80% perempuan mengalami baby blues setelah melahirkan. Tak jarang, kondisi ini berdampak buruk terhadap diri mereka sendiri atau bahkan mental pasangan.

Menjadi suami dari seorang istri yang mengalami baby blues memang tidak mudah ya. Akan ada banyak kekhawatiran dan tantangan, yang tidak jarang menimbulkan rasa marah serta kesal.

Lantas apa yang harus dilakukan suami saat istri alami baby blues? Berikut Popmama.com berikan jawabannya, dilansir dari Verywell Family. Simak selengkapnya ya Pa!

1. Bantu Mama mengenali dirinya sendiri

1. Bantu Mama mengenali diri sendiri
Pexels/Thirdman

Pasca melahirkan, biasanya akan banyak perubahan yang dialami oleh diri Mama. Hal ini secara tidak langsung juga bisa memengaruhi fisik dan mental mereka, yang berdampak pada perubahan kepribadian dan perilaku.

Karenanya, sosok Papa sangat dibutuhkan untuk membantu Mama mengenali dirinya sendiri usai melahirkan.

Tanyakan setiap waktu mengenai bagaimana perasaannya, serta bukalah percakapan yang ringan dan santai agar Mama tidak perlu merasa tertekan.

2. Siap sedia membantu istri

2. Siap sedia membantu istri
Pexels/Helena Lopes

Mendapatkan bantuan dari orang terdekat tentu jadi satu hal yang menyenangkan untuk Mama pasca melahirkan. Karenanya, Papa harus bersiap juga nih untuk membantu Mama saat dibutuhkan.

Papa bisa membantu selepas pulang bekerja, atau jika memungkinkan bisa coba ambil cuti untuk stand by di sisi Mama. Bantuan kecil dari Papa tentu akan sangat berarti bagi Mama yang sedang mengalami baby blues.

3. Dengarkan setiap keluh kesahnya

3. Dengarkan setiap keluh kesahnya
Freepik/drobotdean

Terkadang saat mengalami baby blues, Mama hanya perlu untuk didengarkan.

Tanyakan Mama mengenai bagaimana perasaannya dan biarkan ia berbicara. Papa hanya perlu mendengarkan dan jangan memotong pembicaraannya. Sambil mendengarkan, Papa bisa memegang tangan Mama atau mengusap rambutnya.

Pastikan Mama mengerti bahwa Papa selalu ada untuknya ya.

4. Berikan waktu untuk Mama ‘me time’

4. Berikan waktu Mama ‘me time’
Freepik/master1305

Salah satu pemicu terjadinya baby blues ialah perubahan pada diri Mama, baik dalam hal fisik maupun aktivitas. Bagi sebagian Mama, kehidupan setelah memiliki bayi bisa jadi satu hal yang membingungkan atau bahkan menakutkan.

Karena itu, Papa disarankan memberi Mama waktu luang untuk sekedar ‘me time’. Biarkan Mama menikmati waktu santainya sejenak. Misalnya dengan melakukan hobi, berkumpul dengan teman-teman, atau aktivitas apapun yang bisa membuat kesehatan mentalnya terjaga.

Editors' Picks

5. Beri Mama pijatan lembut

5. Beri Mama pijatan lembut
Freepik/jcomp

Sedikit sentuhan telah terbukti bisa menengkan hati dan pikiran seseorang lho. Karena itu, saat Mama mengalami baby blues Papa bisa coba untuk memijatnya ya.

Pijat dengan lembut tubuh Mama selama kurang lebih 15 menit. Pijatan akan merangsang tubuh untuk melepaskan hormon bahagia. Sehingga ini bisa memperbaiki mood dan membuat Mama merasa lebih rileks. Selain itu, ini juga berguna untuk meningkatkan sisi romantis dari hubungan Papa dan Mama.

6. Bantu Mama dalam mengerjakan pekerjaan rumah

6. Bantu Mama dalam mengerjakan pekerjaan rumah
Pexels/cottonbro

Pasca melahirkan, ada banyak tekanan yang dialami seorang Mama untuk bisa menjadi sempurna. Mulai dari merawat bayi, menyusui, hingga harus mengerjakan pekerjaan rumah.

Karena semua ini cukup berat jika dilakukan sendiri, Papa bisa coba membantu ya. Salah satunya dengan mengerjakan pekerjaan rumah.

Jika memungkinkan, Papa bisa saja membayar jasa asisten rumah tangga. Namun akan lebih baik apabila Papa mengerjakan semuanya tanpa diminta. Kalau perlu, buat daftar pekerjaan apa saja yang bisa Papa lakukan, demi membantu Mama yang sedang baby blues.

7. Memastikan Mama mendapatkan tidur yang cukup

7. Memastikan Mama mendapatkan tidur cukup
Pexels/William Fortunato

Menurut para ahli, baby blues juga bisa disebabkan karena Mama kurang tidur. Jadi memastikan Mama mendapatkan tidur yang cukup merupakan salah satu cara yang bisa Papa lakukan agar baby blues cepat hilang.

Papa bisa coba menawarkan bantuan untuk bergantian mengasuh bayi, terutama ketika malam hari. Ini tentunya memudahkan Mama untuk beristirahat, sehingga kondisi fisik dan mentalnya akan lebih sehat.

8. Memastikan Mama mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

8. Memastikan Mama mengonsumsi makanan sehat bergizi
Pexels/jonathan-borba

Saat mengalami baby blues, hampir tidak mungkin Mama bisa makan secara teratur. Pasti fokusnya hanya tertuju pada perawatan dan pertumbuhan bayi.

Nah di saat seperti inilah Papa harus memastikan Mama mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Caranya bisa dengan membawakan makanan sehat untuk Mama menyusui, atau sekedar memberi suapan manis untuknya.

9. Yakinkan Mama bahwa ia adalah orang tua yang baik

9. Yakinkan Mama bahwa ia adalah orang tua baik
Pixabay

Seorang Mama yang mengalami baby blues, biasanya percaya bahwa mereka bukan orangtua yang baik untuk si Kecil. Mereka cenderung merasa tidak tahu, tidak mampu atau bahkan mengecewakan anak dan pasangan.

Satu hal terpenting yang bisa Papa lakukan untuk Mama yaitu, meyakinkan dirinya bahwa ini bukan masalah besar. Yakinkan bahwa Mama adalah orang tua yang baik dan yang dicintai oleh Papa dan anak-anak.

10. Ajak dan dampingi Mama untuk berkonsultasi dengan dokter

10. Ajak dampingi Mama berkonsultasi dokter
Freepik.com/pressfoto

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi baby blues yaitu dengan berkonsultasi ke dokter atau psikiater. Coba ajak secara perlahan dan dampingi Mama dalam berkonsultasi ya.

Semakin cepat ditangani, diharapkan masalah baby blues juga bisa cepat terselesaikan. Tentunya ini juga sebagai bentuk dukungan dan kasih sayang dari Papa untuk Mama.

Nah itulah tadi apa saja yang harus dilakukan suami saat istri alami baby blues. Semoga informasi ini bisa membantu ya Pa, tetap semangat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk