Tingkatkan Produksi ASI, 5 Manfaat Clover Honey untuk Ibu Menyusui

Clover honey adalah salah satu jenis madu yang populer di kalangan ibu menyusui

28 Juli 2021

Tingkatkan Produksi ASI, 5 Manfaat Clover Honey Ibu Menyusui
Freepik/Racool-studio

Clover honey adalah jenis madu yang berasal dari tanaman semanggi. Tanaman semanggi sendiri memiliki nama ilmiah clover plants. Clover honey mulai populer di kalangan ibu menyusui karena dipercaya bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Satu sendok makan clover honey atau setara dengan 21 gram madu mengandung 60 kalori, 17 gram karbohidrat, vitamin, mineral, magnesium, dan kalium. Kandungan nutrisi itu dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh ibu menyusui. 

Lantas, apa saja manfaat clover honey untuk ibu menyusui? Berikut rangkumannya dari Popmama.com

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pexels

Manfaat clover honey untuk ibu menyusui yang pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Clover honey mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari infeksi bakteri, kuman, atau virus. Mengonsumsi clover honey sangat dianjurkan untuk ibu menyusui, terutama di masa pandemi seperti sekarang. 

Sistem imunitas yang baik berpengaruh pada produksi ASI dan perubahan mood mama selama menyusui. Jika sistem imunitas tubuh baik, maka mood mama juga baik saat menyusui si Kecil. 

Editors' Picks

2. Melancarkan ASI

2. Melancarkan ASI
Pexels

Manfaat clover honey untuk ibu menyusui yang paling penting tentunya melancarkan produksi ASI. Mengonsumsi 1-2 sendok teh clover honey dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI sekaligus kualitas ASI. 

Produksi ASI yang melimpah bisa menunjang tumbuh kembang si Kecil. Jangan lupa untuk menyesuaikan asupan clover honey dengan kebutuhan tubuh mama. Jika Mama ragu, tak ada salahnya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. 

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Pexels

Kandungan gula dalam clover honey mengandung khasiat sebagai prebiotik yang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Kandungan prebiotik bisa membantu pertumbuhan bakteri baik dan melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, clover honey cocok untuk dikonsumsi apabila Mama mengalami sembelit. 

Mama hanya perlu mengonsumsi 1-2 sendok teh madu setiap hari untuk meredakan sembelit. Selain itu, kandungan prebiotik dalam clover honey juga bisa meredakan diare dan tukak lambung. Mama tetap dianjurkan mengonsumsi madu sesuai petunjuk dalam kemasan. 

4. Meredakan gejala penyakit

4. Meredakan gejala penyakit
Pexels/Jonathan Borba

Bagi Mama yang mudah terserang penyakit seperti batuk atau pilek selama menyusui, tak ada salahnya untuk mengonsumsi clover honey. Kandungan antioksidan dan antibakteri dalam clover honey bisa meredakan gejala batuk dan pilek. 

Meski gejalanya tampak ringan, namun kondisi tersebut bisa mengganggu proses menyusui dan menghambat produksi ASI. Mama dapat mengonsumsi 1-2 sendok teh clover honey yang dicampur dengan air hangat. Ramuan tersebut dipercaya bisa meredakan gejala penyakit seperti batuk, radang tenggorokan, dan pilek. 

5. Menjaga kesehatan jantung

5. Menjaga kesehatan jantung
Pexels/Mareefe

Clover Honey juga mengandung flavanoid dan asam fenolat. Nutrisi tersebut bisa berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Mengonsumsi clover honey cocok untuk Mama yang ingin menurunkan kolesterol sekaligus diet sehat selama masa menyusui. Jantung yang sehat bisa berpengaruh pada kualitas ASI. Semakin sehat jantung mama, maka semakin berkualitas pula ASI yang diberikan kepada si Kecil. 

Kandungan antioksidan dalam clover honey juga mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan tersebut dapat menghambat pertumbuhan kuman di gigi dan gusi, serta menghambat pembentukan plak di gigi mama. 

Itulah manfaat clover honey untuk ibu menyusui. Meski memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, Mama tetap harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi clover honey, terutama Mama yang memiliki riwayat penyakit diabetes. 

Pastikan Mama tidak mengonsumsi madu secara berlebihan atau memberikan madu pada bayi berusia di bawah satu tahun. Sebab, pemberian madu pada bayi bisa menyebabkan risiko keracunan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.