Penting! 7 Hal yang Dapat Dilakukan Papa untuk Mendukung Persalinan

Dukungan suami sangat penting pada saat ini

12 November 2020

Penting 7 Hal Dapat Dilakukan Papa Mendukung Persalinan
motherrisingbirth.com

Persalinan bukanlah hal yang mudah. Terkadang, Mama dan Papa harus menunggu lama sampai si Kecil lahir dengan selamat.

Dukungan suami sangatlah penting bagi istri saat menjalani proses persalinan dan melahirkan ini. Hal tersebut dapat dilakukan sejak Mama hamil sampai bersalin nanti.

Apa saja yang dapat dilakukan Papa? Berikut tujuh hal yang dapat Papa lakukan saat persalinan mama, yang berhasil Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Ikut kelas melahirkan bersama

1. Ikut kelas melahirkan bersama
parents.com

Bersikaplah proaktif. Pelajari tentang apa yang dibutuhkan untuk persalinan dan melahirkan, lakukan bersama-sama. Proses ini adalah tentang saling mendukung.  Dukungan satu sama lain sejak bayi belum dilahirkan adalah hal yang dibutuhkan selama berumah tangga.

Selain itu, pengetahuan yang diperoleh dari kelas melahirkan sangat penting untuk membantu Mama saat persalinan nanti.

2. Diskusikan pilihan proses untuk melahirkan

2. Diskusikan pilihan proses melahirkan
wifeandphrases.com

Sangat penting bagi pasangan untuk melakukan banyak percakapan tentang preferensi kelahiran sebelumnya, sehingga suami dapat membantu dan memberi semangat kelak ketika bersalin.  

Meski Papa tidak menjalani persalinan, namun alangkah baiknya bila Mama mendapatkan beberapa pencerahan melalui pendapat papa.

Editors' Picks

3. Menghitung waktu kontraksi ketika proses persalinan dimulai

3. Menghitung waktu kontraksi ketika proses persalinan dimulai
Freepik/Vgstockstudio

Setelah persalinan dimulai, keluarkan aplikasi pengatur waktu kontraksi. Saat bersalinan, semua akan terjadi dengan cepat.

Mama mungkin tidak akan ingat lagi untuk menghitung waktu kontraksi. Nah, Papa dapat menghitung frekuensi kontraksi. Dari waktu kontraksi itu, Papa juga dapat mengetahui kapan waktunya untuk pergi ke rumah sakit untuk bersalin.

4. Mengalihkan fokus mama dari rasa sakit

4. Mengalihkan fokus mama dari rasa sakit
Monetnicole.com

Proses persalinan mungkin memakan waktu cukup lama. Dan menunggu adalah hal yang tidak menyenangkan terutama jika diselingi dengan rasa sakit.

Jadi, lakukan beberapa hal untuk mengalihkan fokusnya. Papa dapat berjalan dengan Mama di lorong rumah sakit atau melakukan obrolan ringan. Berikan mama camilan dan gosok punggungnya. Ingatkan Mama juga untuk minum air. Apa saja yang dapat membuat mama tenang dan nyaman serta siap untuk melahirkan.

5. Mendokumentasikan proses persalinan dan melahirkan

5. Mendokumentasikan proses persalinan melahirkan
Pexel/Alexandrews

Diskusikan hal ini dengan pasangan sebelumnya. Jika ada waktu dan tidak mengganggu, ambil beberapa gambar atau video. Dokumentasi ini akan sangat menyenangkan untuk dilihat kembali kelak.

Tanyakan juga dengan dokter mengenai hal ini, ya.

6. Memberi pujian dan dorongan

6. Memberi pujian dorongan
Monetnicole.com

Mendengar kata-kata motivasi positif dari suami dapat membuat perbedaan besar. Katakan padanya betapa hebatnya pekerjaan yang Mama lakukan, betapa kagumnya Papa padanya, dan katakan bahwa Papa mencintainya.

Katakan hal-hal seperti, "Mama hebat!" atau "Aku sangat bangga padamu!"

Jagalah agar suara tetap tenang karena ini dapat memengaruhi Mama juga.

7. Jadilah pendukung terhebatnya

7. Jadilah pendukung terhebatnya
Freepik

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan memiliki orang yang mendukung terus menerus selama persalinan, dapat mengurangi tingkat rasa sakit, waktu persalinan, dan intervensi medis yang diperlukan.

Jadi, meskipun Papa tidak tahu persis apa yang harus dilakukan setiap saat, Papa harus tahu bahwa kehadiran papa sendiri sangatlah penting.

Yang terakhir dan terpenting, biarkan Mama beristirahat setelah melewati perjuangan panjang.

Itulah tujuh hal yang dapat Papa lakukan saat persalinan. Melahirkan adalah momen yang luar biasa bagi keluarga. Yuk Pa, lakukan dengan sebaik-baiknya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.