6 Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu Menyusui

Sawi hijau mudah diperoleh dan kaya manfaat bagi ibu menyusui, Ma!

4 Desember 2020

6 Manfaat Sawi Hijau Ibu Menyusui
Pinterest.com

Selama enam bulan pertama kehidupannya, bayi mendapatkan asupan nutrisi hanya dari ASI. ASI dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Oleh karena itu, pastikan Mama mengonsumsi makanan yang bergizi. Konsumsi makanan bergizi akan menghasilkan ASI yang berkualitas untuk si Kecil.

Salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah sawi hijau. Sayur yang mudah diperoleh ini kaya akan antioksidan dan serat. Tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk menghasilkan ASI yang berkualitas, Ma.

Apa saja manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui? Temukan jawabannya pada ulasan Popmama.com berikut ini, Ma.

Kandungan Gizi

Kandungan Gizi
pinterest.com

Apa saja yang akan Mama peroleh ketika mengonsumsi sawi hijau? Setiap 70 gram sawi hijau mengandung:

  • Kalori: 9 Kkal
  • Protein: 1,05 gr
  • Karbohidrat: 1,53 gr
  • Vitamin C: 31,5 mg
  • Vitamin A: 156 mikrogram
  • Vitamin K: 31,9 mikrogram
  • Folat: 46 mikrogram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 0,067 gr
  • Zat besi: 0,56 mg
  • Fosfor: 26 mg
  • Kalium: 176 mg
  • Magnesium: 13 mg
  • Sodium: 46 mg
  • Serat: 0,7 gr
  • Kalsium: 74 mg

Dari kandungan nutrisi di atas, memberikan beberapa manfaat kesehatan seperti:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
freepik.com

Sawi hijau termasuk jenis sayuran yang kaya akan antioksidan. Radikal bebas, dalam jangka panjang, dapat merusak sel tubuh serta mengganggu fungsi dan jaringan vital tubuh. Radikal bebas juga dapat merusak susunan DNA sel, meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, menyebabkan peradangan, dan melemahkan daya tahan tubuh.

Untuk melawan paparan radikal bebas, Mama dapat mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Salah satunya adalah sawi hijau.

Kandungan fitonutrien yang ada pada sawi juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit. Sehingga Mama tidak mudah terserang penyakit saat sedang menyusui si Kecil, terlebih ketika Mama harus sering begadang untuk menyusui.

Editors' Picks

2. Menjaga saluran pencernaan

2. Menjaga saluran pencernaan
Freepik/Skawee

Sawi hijau juga kaya akan serat, Ma. Konsumsi sawi hijau, selain dapat mengurangi risiko sembelit, juga dapat mengurangi risiko penyakit seperti kanker usus besar, wasir, serta kolesterol.

Serat pada sawi hijau akan membuat tubuh lebih kuat dalam menjalankan aktivitas. Serat akan diubah menjadi energi, sehingga Mama menjadi lebih bertenaga. Menyusui bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan nutrisi, tubuh pun membutuhkan tenaga untuk menghasilkan ASI.

3. Meningkatkan produksi ASI

3. Meningkatkan produksi ASI
Freepik/Zilvergolf

Sayuran berdaun hijau seperti sawi hijau juga merupakan sumber mineral yang bagus seperti zat besi, kalsium, dan folat. Selain itu juga kaya akan vitamin, sehingga dapat meningkatkan produksi ASI.

Para ahli menyarankan agar ibu menyusui mengonsumsi paling tidak seporsi sayuran hijau untuk meningkatkan kualitas dan produksi ASI.

4. Meningkatkan kualitas ASI

4. Meningkatkan kualitas ASI
Freepik/freepic.diller

Kandungan nutrisi sawi hijau tidak hanya bermanfaat bagi tubuh mama, tetapi juga untuk bayi. ASI yang berkualitas dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Bagaimana agar Mama dapat menghasilkan ASI yang berkualitas? Melalui konsumsi makanan bernutrisi, Ma. Semua makanan yang dikonsumsi oleh Mama akan diubah oleh tubuh menjadi ASI. Nah, jadi pastikan Mama hanya mengonsumsi makanan bernutrisi selama menyusui agar bayi pun tetap sehat.

5. Mengurangi risiko anemia

5. Mengurangi risiko anemia
Freepik

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu menyusui adalah anemia. Anemia adalah kurangnya masa sel darah merah, kondisi ini dapat menyebabkan penyebaran oksigen tubuh menjadi berkurang. Akibatnya adalah organ tubuh tidak dapat bekerja dengan maksimal, Ma.

Selain Mama, risiko anemia pun dapat dialami oleh bayi. Ini dapat memengaruhi perkembangan fisik dan mentalnya, Ma.

Zat besi dapat ditemukan pada sayuran hijau, daging, ikan, telur, dan hati. Kandungan zat besi pada sawi hijau dapat mengurangi risiko anemia pada ibu menyusui.

6. Mencegah radang sendi

6. Mencegah radang sendi
Freepik

Anti-inflamasi pada sawi dapat membantu meredakan rasa sakit dan kaku yang disebabkan oleh radang sendi. Selain meredakan sakit, konsumsi sawi hijau dapat membantu Mama untuk meningkatkan kekuatan otot serta memperbaiki jaringan ikat.

Itulah manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui. Selain mengonsumsi sawi hijau untuk meningkatkan produksi ASI, pastikan juga Mama mendapatkan istirahat yang cukup dan menghindari stres, ya.

Apa olahan sawi hijau kesukaan mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.