Atasi Puting Payudara yang Luka dengan 7 Rekomendasi Nipple Cream Ini

Puting yang sakit sering dialami oleh ibu yang menyusui, atasi dengan menggunakan krim

27 Februari 2021

Atasi Puting Payudara Luka 7 Rekomendasi Nipple Cream Ini
Freepik

ASI merupakan makanan utama bayi selama enam bulan pertama. Bahkan ketika sudah melewati enam bulan, Mama masih terus menyusui.

Menyusui seringkali dapat menyebabkan puting payudara lecet atau sakit. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan puting sakit, seperti bayi yang menyusu dengan posisi yang kurang tepat, infeksi pada payudara yang disertai dengan peradangan, infeksi jamur, atau penggunaan pompa ASI yang tidak benar.

Ada beberapa kondisi yang harus ditangani oleh dokter, namun jika puting luka akibat cara menyusui bayi yang salah, Mama dapat mengobatinya dengan krim khusus atau nipple cream.

Nipple cream dijual bebas di pasaran, namun ada baiknya Mama berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memilih produk yang tepat.

Untuk membantu Mama memilih yang cocok, berikut ulasan Popmama.com mengenai rekomendasi salep untuk puting yang luka karena menyusui:

1. Lansinoh Lanolin Nipple Cream

1. Lansinoh Lanolin Nipple Cream
walmart

Terbukti secara klinis, krim ini berfungsi meredakan nyeri dan melindungi puting yang luka dan pecah-pecah karena menyusui. Lansinoh Lanolin Nipple Cream terdiri dari 100 persen bahan alami, tidak mengandung paraben, zat aditif, dan pengawet. Jadi Mama tidak perlu khawatir saat menggunakannya.

Krim ini juga hypoallergenic dan aman bagi bayi, sehingga tidak perlu dibersihkan ketika Mama mau menyusui si Kecil. Selain mengatasi puting yang iritasi, krim ini juga dapat mengatasi bibir pecah-pecah, siku hingga tumit yang kering.

Mama dapat memperoleh krim ini dengan harga mulai dari Rp. 85,000.

2. Medela Purelan TM 100 Lanolin Cream

2. Medela Purelan TM 100 Lanolin Cream
www.medela.com

Nipple cream ini terdiri dari bahan alami dan natural medical grade lanolin, yang aman bagi ibu dan bayi. Lanolin merupakan salah satu jenis emollient yang ada pada pelembap kulit. Membantu mengisi kadar lipid alami pada kulit untuk memperbaiki keseimbangan kelembapannya dan meningkatkan pelindung alami kulit mama.

Krim ini terbukti secara klinis hypoallergenic, tanpa penggunaan paraben, pengawet, dan zat tambahan lainnya serta parfum. Jadi aman digunakan bagi ibu menyusui. Selain itu, Mama dapat menggunakan krim ini untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, kulit hidung yang kering, serta kulit bayi. Satu krim untuk banyak penggunaan.

Mama dapat membelinya mulai dari harga Rp. 90,000 (7gr).

Editors' Picks

3. Mothercare It’s Your Body Nipple Cream

3. Mothercare It’s Your Body Nipple Cream
carousell.com

Nipple creamini diformulasikan dengan minyak zaitun, vitamin E, dan bisa untuk meredakan nyeri dan cracked nipples. Krim ini juga sudah diuji secara dermatologi, bebas alergi, dan aman digunakan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Jadi, Mama dapat tenang dan nyaman menggunakan krim ini untuk mengatasi masalah puting yang lecet atau kering.

Produk ini dapat diperoleh dengan harga mulai dari Rp. 149,000.

4. Mustela Maternite Nursing Comfort Balm

4. Mustela Maternite Nursing Comfort Balm
Frenchbeautyco

Diformulasikan khusus untuk area puting, yang sering terpapar dan sensitif selama menyusui. Mustela Maternité Nursing comfort balm melegakan kulit, menutrisi, dan membantu mengisi kembali kulit payudara yang halus berkat kombinasi unik bahan aktif dan bahan yang berasal dari alam. Krim ini mengandung:

  • Peptida alpukat menenangkan dan membantu mengisi kembali kulit.
  • Shea butter menjaga kulit tetap ternutrisi, kenyal, dan melembutkan bagian yang kasar dan kering.

Mama tidak perlu khawatir saat menggunakan produk ini karena aman bagi ibu dan bayi, bebas dari alergi, serta tidak mengandung paraben, ftalat, fenoksiethanol, bisphenols A dan S, ca eine, dan alkohol.

Harga: Rp. 140,000 (10ml).

5. Organics Bud Nursing Salve

5. Organics Bud Nursing Salve
watsons

Salep untuk puting yang luka karena menyusui berikutnya adalah Organic Bud Nursing Salve. Salep ini merupakan krim dari kandungan organik yang diformulasikan untuk melindungi puting mama dan sekaligus mengatasi iritasi sehingga memberikan kenyaman pada saat menyusui.

Produk ini mengandung inca inchi yang berfungsi untuk memperkuat puting payudara mama agar tidak terasa sakit saat menyusui dan lavandula stoechas yang berfungsi memberikan perlindungan pada puting payudara dari bahaya radikal bebas.

Harga: Rp. 199,000.

6. Pigeon Nipple Care Cream

6. Pigeon Nipple Care Cream
Tokopedia.com

Krim ini berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit puting payudara dari kekeringan dan pecah- pecah. Mengandung bahan lanolin, tidak mengandung parfum dan pewarna.

Krim ini juga bebas alergi, Ma. Selain untuk mengatasi puting yang kering dan pecah-pecah, krim ini juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering pada bayi, Ma.

Produk ini dapat diperoleh dengan harga Rp. 170,000.

7. Pure Mom Nipple Cream

7. Pure Mom Nipple Cream
shopee

Pure Mom Nipple Cream adalah krim yang menutrisi dan melindungi puting pada saat menyusui, dapat digunakan pada kulit kering terutama pada puting yang sensitif atau kering. Produk ini aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan alami, membantu menenangkan secara instan untuk putting yang sakit atau pecah-pecah. Krim ini mengandung provitamin B5, vitamin E, dan minyak zaitun.

Pure Mom Nipple Cream juga tidak mengandung lanolin dan tanpa tambahan pewangi, sehingga aman digunakan, Ma.

Mama dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp. 60,000.

Nah, itu beberapa pilihan salep untuk puting yang luka karena menyusui, Ma. Jika perlu, konsultasikan dulu dengan dokter untuk memilih produk yang paling tepat untuk Mama.

Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.