4 Tips Pemulihan setelah Melahirkan dengan Operasi Caesar

Lakukan ini untuk membantu Mama pulih setelah operasi

30 Mei 2020

4 Tips Pemulihan setelah Melahirkan Operasi Caesar
sunshinecoastdaily.com.au

Saat Mama menjalani operasi caesar, baik itu direncanakan atau tidak, Mama mungkin khawatir mengenai pemulihan setelah operasi.

Caesar adalah operasi besar dan membutuhkan waktu cukup lama untuk pulih. Luka mama mungkin akan dengan cepat sembuh dan tertutup. Namun regenerasi jaringan masih terus berjalan di bawah permukaaan kulit.

Walau masih dalam masa penyembuhan setelah operasi, Mama tetap merawat si Kecil yang baru lahir. Selain harus melakukan penyesuain dengan bayi yang baru lahir, Mama juga harus memulihkan diri agar kembali seperti semula. Pemulihan dapat memakan waktu sampai 12 minggu.

Di tengah kesibukan baru ini, Mama mungkin tidak tahu harus melakukan apa saja untuk pemulihan. Jangan khawatir, Ma. Popmama.com merangkum informasi mengenai bagaimana meningkatkan pemulihan setelah operasi caesar. Apa sajakah itu?

1. Rawat dan bersikap lembut terhadap perut mama

1. Rawat bersikap lembut terhadap perut mama
sciencenordic.com

Pasca melahirkan dan untuk minggu-minggu pertama, berhati-hatilah dengan apa yang Mama makan. Karena pembedahan ada di daerah pencernaan, sembelit adalah salah satu masalah yang dapat Mama alami selama minggu-minggu pertama. Selain itu, obat penghilang rasa sakit juga dapat menyebabkan konstipasi.

Minumlah banyak cairan dan konsumsi makanan yang lembut serta kaya nutrisi. Setelah Mama mampu berjalan sendiri, misalnya ke kamar mandi, Mama dapat mengubah menu makanan secara bertahap.

Obat pencahar dapat menyebabkan kram jadi pastikan untuk berdiskusi dengan dokter dan pastikan untuk minum banyak cairan.

Editors' Picks

2. Sering berbaring dan turunkan kaki

2. Sering berbaring turunkan kaki
nobelhygiene.com

Untuk pembengkakan di bagian luka setelah operasi, bayangkan tulang panggul seperti mangkuk. Mama mungkin akan mengalami pembengkakan di bagian tersebut dan cairan akan memenuhi panggul seperti mangkuk. Menurunkan kaki dan berbaring selama 10-15 menit setiap 1-2 jam selama dua minggu pertama dapat membantu proses penyembuhan.

Hindari untuk mencari waktu yang tepat untuk berbaring dan hanya duduk saja. Mama perlu berbaring sepanjang waktu untuk periode waktu yang singkat namun sering.

Mama dapat berbaring dengan si Kecil dan menghabiskan waktu berdua. Ini dapat menjadi waktu bonding untuk Mama dan bayi. Dengan ini, Mama dapat memberikan waktu “istirahat” bagi panggul.

Setelah 1-2 minggu setelah operasi, panggul masih seperti kolam. Namun pada saat itu, Mama sudah merasa sedikit lebih baik dan dapat mencoba untuk berdiri. Tetapi jangan lupa tetap berbaring untuk mencegah pembengkakan. Pembengkakan bisa terjadi selama 12 minggu.

Berusahalah untuk menurunkan kaki dan mengistirahatkan daerah panggul bagian bawah. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika Mama membutuhkannya.

3. Lakukan perawatan untuk mencegah infeksi pada luka

3. Lakukan perawatan mencegah infeksi luka
checkpregnancy.com

Jika Mama memiliki rencana operasi caesar, dokter mungkin akan meminta Mama untuk mandi dengan sabun antibakteri khusus sebelum operasi.  

"Antibiotik diberikan secara rutin sebelum operasi caesar untuk mengurangi risiko infeksi rahim," kata Mabel Wong, kepala departemen OB-GYN di Kaiser Permanente di Hawaii.

Pasien dengan diabetes juga dapat mengambil langkah-langkah untuk membatasi kemungkinan infeksi mereka. Jika Mama menderita diabetes, sebaiknya Mama mengendalikan kadar gula sebelum dan sesudah operasi. Minta bantuan dokter untuk mendapatkan cara terbaik mengelola gula.

Setelah Mama pulang dari rumah sakit, penting untuk mengikuti instruksi perawatan luka untuk mencegah infeksi pada sayatan. Biasanya berupa membersihkan luka dan mengganti perban secara teratur. Hindari untuk meletakkan bayi di atas luka.

4. Pilih pakaian dalam dan baju yang nyaman untuk digunakan

4. Pilih pakaian dalam baju nyaman digunakan
Tokopedia.com

Setelah melahirkan, Mama beralih dari pakaian hamil ke pakaian postpartum. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih pakaian yang tepat agar Mama nyaman, seperti:

  • Apakah bahannya bisa bernapas?
  • Apakah pakaian menawarkan kompresi atau dukungan?
  • Apakah Mama dapat menyusui dengan nyaman?
  • Apakah ada kait khusus untuk mempermudah?
  • Apakah pakaian mudah dilepas dan digunakan dengan mudah untuk menyusui?

Ketika tubuh mulai pulih, Mama dapat memberi “hadiah” untuk diri sendiri, yaitu dengan membeli pakaian yang nyaman. Ini dapat membantu mempercepat pemulihan setelah melahirkan, Ma.

Prioritaskan kompresi dan kenyamanan sehingga tidak mengiritasi sayatan, tetapi juga dapat memberikan dukungan yang diperlukan untuk perut.

Itulah beberapa tips yang dapat Mama lakukan agar cepat pulih setelah operasi caesar. Melahirkan sering disamakan dengan lari maraton. Ini proses yang panjang dan sulit. Tubuh akan membutuhkan waktu dan beberapa benda yang tepat untuk pemulihan. Ketika Mama pulih, baik itu dari kelahiran normal atau operasi caesar, ketahuilah bahwa Mama hebat! Mama tidak hanya pulih, tetapi juga melahirkan manusia baru.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.