Wajib Tahu, Ini 9 Cara Cerdas Mempersiapkan Persalinan

Lakukan 9 tips ini agar tetap tenang saat menjalani persalinan, Ma

25 April 2020

Wajib Tahu, Ini 9 Cara Cerdas Mempersiapkan Persalinan
Freepik/pch.vector

Ketika tanggal persalinan semakin dekat, normal bagi Mama untuk merasa cemas dan panik. Rasa takut biasanya terjadi saat banyak hal yang tidak kita ketahui.

Karena itu, untuk mengurangi rasa cemas, sangat penting untuk membekali diri dengan pengetahuan seputar proses persalinan. Informasi ini tidak hanya membuat Mama siap namun juga dapat membuat Mama lebih santai dan tenang menyambut kelahiran bayi.

Melahirkan bayi adalah pengalaman yang luar biasa. Betapapun kuatnya Mama, pada tahap kehidupan ini, Mama membutuhkan dukungan penuh, tangan untuk menahan semua rasa sakit, dan dukungan sebelum melahirkan.

Untuk membantu Mama menyiapkan kelahiran, Popmama.com merangkum beberapa tips cerdas mempersiapkan persalinan yang berguna untuk Mama.

1. Menghadiri kelas kehamilan

1. Menghadiri kelas kehamilan
footage.framepool.com

Kelas-kelas ini biasanya diadakan oleh ahli kesehatan persalinan. Di sini Mama bisa memperoleh informasi dasar yang lengkap mengenai kehidupan calon mama. Pelatihan ini tidak melulu berisi ceramah tetapi juga mencakup video tentang persalinan serta cerita pasangan untuk membantu Mama memahami kehamilan dengan perspektif yang lebih baik.

Buku dan catatan kehamilan yang dijual di pasaran juga menjelaskan berbagai konsep melahirkan seperti posisi yang disukai selama persalinan, pola pernapasan serta teknik untuk fokus pada saat terjadi kontraksi.

2. Pelajari tentang nyeri ketika melahirkan

2. Pelajari tentang nyeri ketika melahirkan
freepik.com
Abadikan momen kehamilan mama dengan berbagai cara yang unik.

Mempersiapkan persalinan normal harus dimulai ketika Mama memutuskan untuk hamil, karena akan membantu Mama menghadapi tantangan persalinan dengan lebih percaya diri. Mama sebaiknya memahami seluruh proses melahirkan bayi sehingga tidak ada komplikasi yang tak terduga dan Mama siap dengan rencana darurat.

Mama dapat mengumpulkan banyak informasi dari internet dengan mengunjungi berbagai situs web terkait dan portal medis. Mama bahkan dapat menonton video youtube yang berhubungan dengan persalinan.

3. Memiliki pemahaman lengkap tentang proses persalinan

3. Memiliki pemahaman lengkap tentang proses persalinan
momtricks.com

Mama dapat mendiskusikan berbagai kemungkinan persalinan dengan dokter, seperti apa yang harus dilakukan dalam kasus bayi terlilit tali pusar, penyuntikan epidural, kelahiran prematur, atau bedah caesar. Mama juga bisa melibatkan Papa dalam berbagai inisiatif atau keputusan yang harus dibuat saat proses persalinan nanti. Selain Papa, Mama bisa memanfaatkan jasa doula untuk mendampingi persalinan kelak.

Ingatlah bahwa tidak semua strategi persalinan bisa berjalan sesuai dengan rencana yang sudah Mama buat. Jadi yang terbaik adalah mengetahui pilihan Mama dan bersiaplah dengan berbagai rencana cadangan.

Editors' Picks

4. Utarakan pendapat Mama dengan terbuka dan jangan ragu untuk bertanya

4. Utarakan pendapat Mama terbuka jangan ragu bertanya
Freepik/pressfoto

Ketika tiba waktunya untuk bersalin, Mama tentu membutuhkan dukungan penuh dari keluarga, dokter, maupun perawat. Mama harus merasa bebas untuk mengekspresikan diri kepada staf medis agar mereka dapat membantu Mama mengatasi rasa cemas.

Para dokter dan perawat akan segera memulai prosedur setelah Mama memasuki rumah sakit. Sebagian besar profesional medis tidak pernah menjelaskan prosedur atau tes yang mereka lakukan. Tetapi Mama dapat mengajukan pertanyaan tentang apa yang sedang mereka lakukan.

Selalu mencari tahu tentang tes atau prosedur yang dilakukan. Tenaga medis akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Mama terkait dengan bagaimana mempersiapkan diri untuk persalinan.

5. Kemasi tas untuk persalinan

5. Kemasi tas persalinan
Freepik/user788993

Bagi Mama yang tinggal menghitung hari persalinan, waktu akan terus berjalan dan ketidakpastian membayangi sepanjang waktu. Kontraksi bisa muncul kapan saja. Salah satu cara cerdas untuk bersiap-siap adalah dengan mengemas tas yang berisi segala kebutuhan Mama selama di rumah sakit.

Mama dapat menyiapkan semua kebutuhan penting seperti sepasang pakaian, alas kaki yang nyaman, obat-obatan, dan keperluan lainnya.

6. Pastikan selalu ada yang menemani Mama di rumah selama masa kehamilan

6. Pastikan selalu ada menemani Mama rumah selama masa kehamilan
Freepik

Semakin dekat waktu persalinan, Mama membutuhkan seseorang yang selalu berada di samping Mama. Jangan pernah sendirian bahkan ketika Mama tidur atau bersantai. Pastikan selalu ada orang di sekitar Mama, seseorang yang dekat dengan Mama seperti pasangan, orangtua, keluarga, atau asisten rumah tangga.

Mama juga membutuhkan seseorang yang dapat memahami rasa sakit dan memberi dukungan emosional kapan pun diperlukan.

7. Kendalikan emosi

7. Kendalikan emosi
Freepik/noxos

Jika Mama dapat mengendalikan emosi, maka itu akan membantu Mama dalam menghadapi situasi secara efektif. Ini menjadi bagian dari persiapan persalinan. Ada hubungan kuat antara emosi dan tubuh. Setiap kali Mama berada di bawah tekanan atau merasa tertekan, tubuh akan menjadi tegang dan berhenti merespons proses persalinan dengan tepat.

Mama harus tetap santai, percaya diri dan mengendalikan emosi. Luangkan waktu dan temukan cara Mama sendiri untuk menghadapi rasa sakit. Jangan ragu untuk meminta bantuan dan tetaplah fokus.

8. Latihan teknik pernapasan

8. Latihan teknik pernapasan
noroobaby.com

Saat berada di ruang bersalin, Mama harus berbaring dengan nyaman dan berkonsentrasi pada pernapasan. Napas yang dihirup perlahan mengisi tubuh dengan udara. Perut yang didukung oleh tulang rusuk perlahan mulai terisi udara.

Ini kemudian akan memperluas jaringan di kedua sisi vagina yang disebut perineum, yang membantu memudahkan proses persalinan.

Mama dapat mengatur tenaga saat menghembuskan napas dan mengeluarkan suara saat bernapas karena ini akan membantu Mama untuk berhitung sehingga napas menjadi lebih teratur.

9. Latihan cara mengejan yang tepat

9. Latihan cara mengejan tepat
northeastdoulas.com

Untuk menghadapi proses persalinan, sangat penting untuk bernapas perlahan untuk menghasilkan kekuatan di otot-otot panggul tubuh. Mulailah mendorong bayi dengan menarik napas panjang dan dalam. Mama dapat menghitung mundur 10 detik saat Mama mendorong dengan kekuatan penuh.

Jaga seluruh tubuh agar tetap rileks, termasuk kepala dan leher. Letakkan tangan di bawah payudara dan perlahan-lahan dorong bayi ke bawah saat Mama bernapas. Nyeri persalinan perlahan akan mereda saat Mama mulai mendorong bayi perlahan-lahan.

Untuk mengejan selama persalinan, Mama dapat mencoba posisi yang berbeda seperti jongkok, berbaring di satu sisi, duduk berlutut, atau condong ke depan. Posisi ini membantu mengurangi rasa sakit dan mendorong bayi secara efektif.

Melahirkan bayi adalah waktu yang kehamilan tersulit karena Mama harus menanggung rasa sakit yang mendalam. Hal-hal kecil seperti berusaha untuk tenang dan memiliki orang tercintai di sekitar Mama sangat membantu mengatasi rintangan ini.

Yuk, bersiap menyambut kelahiran si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.