Cegah Kelahiran Prematur dengan Memerhatikan Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi pada ibu hamil yang tidak diperhatikan, bisa membuat kelahiran bayi prematur

14 Januari 2022

Cegah Kelahiran Prematur Memerhatikan Kesehatan Gigi
Pexels/Jonathan Borba

Kehamilan dapat membuat banyak perubahan pada tubuh Mama serta sering kali menghadapi banyak masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan tersebut adalah Gingivitis. Gingivitis merupakan suatu kondisi di mana terjadi peradangan pada gusi. Hal itu biasanya terjadi ketika plak menumpuk di celah antara gigi dan gusi.  

Penyakit Gingivitis ini jika tidak diobati dapat menyebabkan akumulasi bakteri. Bakteri itu nantinya akan menyebabkan hilangnya tulang di sekitar gigi, serta dapat menyebabkan kerusakan gigi dan kehilangan gigi.  

Sebuah laporan baru-baru ini yang diterbitkan oleh University of Sydney, mengamati dampak dari Gingivitis pada ibu hamil. Menurutnya, setiap infeksi mulut dapat memiliki efek sistematik pada tubuh.  

Gingivitis melepaskan penanda inflamasi dan bakteri ke dalam aliran darah sistemik, yang bisa mencapai plasenta. Hal ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi dan bahkan bisa menyebabkan kelahiran prematur.  

Wah, ternyata sangat berpengaruh pada kehamilan ya, Ma. Kali ini Popmama.com akan menjelaskan cegah kelahiran prematur dengan memerhatikan kesehatan gigi. Yuk simak baik-baik!  

Masalah Mulut dan Kesehatan Ibu Hamil

Masalah Mulut Kesehatan Ibu Hamil
Pexels/Andrea Piacquadio

Menurut Dr. Mohender Narula, Pendiri dan Ketua MyDentalPlan Healthcare Pvt. Ltd, kebersihan mulut merupakan faktor yang penting untuk kehamilan. Namun, banyak perempuan yang merasa sulit untuk menjaga kesehatan mulut yang baik. Hampir 70 persen perempuan di India menderita masalah gusi selama kehamilan.  

Dari semua masalah mulut, Gingivitis kehamilan dapat menyebabkan gangguan sistemik seperti diabetes gestasional, jantung, penyakit dan penyakit ginjal. Ia juga mengatakan bahwa menjaga kebersihan mulut yang baik setiap saat bisa membantu mencegah Gingivitis kehamilan.  

Aspek lainnya yang perlu Mama ingat adalah intervensi tepat waktu merupakan kunci untuk mengobati ini dan memastikan kehamilan yang lancar. 

Editors' Picks

Efek Gingivitis pada Ibu Hamil

Efek Gingivitis Ibu Hamil
Pexels/Garon Piceli

Gingivitis terjadi ketika Mama tidak menjaga kebersihan mulut. Tapi, itu juga bisa dipicu oleh ketidakseimbangan hormon, yang sangat umum selama kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan berikut pada ibu hamil jika tidak ditangani.  

  • Pre-eklampsia (tekanan darah yang sangat tinggi) 
  • Ulklus jaringan gusi  
  • Granuloma kehamilan  
  • Tumor kehamilan  
  • Gigi goyang  
  • Mulut kering  
  • Erosi gigi  

Gingivitis dan Efeknya pada Janin

Gingivitis Efek Janin
huffingtonpost.com

Gingivitis dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada ibu hamil. Namun, itu juga bisa berdampak buruk pada hasil kehamilan atau pada janin, seperti:  

  • Meningkatkan risiko keguguran serta kelahiran prematur.  
  • Bayi dan ibu dengan masalah gigi ini cenderung memiliki berat badan lahir yang rendah.  
  • Bayi prematur dikatakan memiliki risiko lebih tinggi mengalami cedera otak, penglihatan, pendengaran, dan kelainan perkembangan lainnya.  

Selamatkan Diri Mama dari Masalah Mulut Ini

Selamatkan Diri Mama dari Masalah Mulut Ini
Pexels/Andrea Piacquadio

Mama bisa dengan mudah menyelamatkan diri Mama dan si Kecil dari efek penyakit mulut ini. Seperti menggunakan sikat gigi ekstra lembut dan bilas menggunakan garam, pergi ke klinik gigi pada trimester kedua untuk membersihkan gigi.  

Mama juga harus tetap waspada tentang kesehatan Mama secara keseluruhan dan kesehatan mulut adalah bagian yang paling penting. Jika Mama mengalami ketidaknyamanan, kunjungi dokter gigi dan ikuti saran dari mereka.  

Itu dia Ma, penjelasan tentang cegah kelahiran prematur dengan memperhatikan kesehatan gigi lebih lanjut lagi. Yuk perhatikan kebersihan gigi Mama saat kehamilan! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk