5 Penyebab Keguguran Di Awal Kehamilan, Hindari Sedini Mungkin!

Ketahui 5 hal yang memicu gugurnya kandungan pada trimester pertama

25 Agustus 2021

5 Penyebab Keguguran Awal Kehamilan, Hindari Sedini Mungkin
Pixabay/David Wagner

Salah satu risiko paling mengkhawatirkan dalam kehamilan adalah gugurnya kandungan. Secara umum, keguguran memang dapat disebabkan oleh hal-hal di luar kontrol mama, seperti kelainan kromosom. Penyebab keguguran juga seringkali sulit diketahui dengan pasti.

Namun, ada beberapa faktor pemicu keguguran di luar genetik yang masih dapat Mama kendalikan. Khususnya pada trimester pertama saat janin baru mulai berkembang dan tubuh mama sedang dalam proses penyesuaian dengan perkembangan janin.

Yuk, ketahui lima faktor penyebab keguguran di awal kehamilan melalui artikel Popmama.com yang satu ini!

1. Gaya hidup tidak sehat

1. Gaya hidup tidak sehat
Freepik/Wirestock

Beberapa kebiasaan buruk sehari-hari seperti merokok, berada di sekitar perokok, konsumsi alkohol, serta makan terlalu sedikit atau terlalu banyak hingga menyebabkan malnutrisi dapat mengganggu perkembangan janin dan meningkatkan risiko keguguran di awal kehamilan.

Pastikan Mama menerapkan pola makan bergizi seimbang dan menerapkan gaya hidup sehat seperti menghindari rokok dan alkohol, tidur cukup, dan olahraga bila diizinkan dokter.

Editors' Picks

2. Preferensi makanan

2. Preferensi makanan
Freepik/bearfotos

Mama biasa makan makanan mentah? Hati-hati, bakteri dari berbagai makanan mentah seperti telur setengah matang, seafood mentah, keju yang belum dipasteurisasi, dan daging mentah dapat menyebarkan bakteri listeriosis, salmonella, dan toksoplasma yang berbahaya bagi janin.

3. Infeksi

3. Infeksi
Freepik/Jcomp

Pemicu keguguran di awal kehamilan lainnya adalah kondisi terinfeksi pada ibu hamil seperti rubella, klamidia, raja singa, dan HIV.

Mama perlu ekstra hati-hati dalam memastikan kebersihan baik dalam berhubungan seksual maupun dalam penggunaan toilet umum agar tidak tertular berbagai infeksi di atas.

4. Penyakit bawaan

4. Penyakit bawaan
Freepik/jcomp

Selain infeksi, penyakit bawaan seperti diabetes, hipertensi, gangguan imun, gangguan penyumbatan darah, obesitas, hingga tiroid yang belum sembuh juga sangat berpotensi mengganggu perkembangan janin dan menyebabkan keguguran.

Untuk mencegahnya pastikan Mama berkonsultasi secara berkala dengan dokter kandungan. Selain itu, ceritakan juga riwayat penyakit yang sudah Mama miliki sebelumnya.

5. Konsumsi obat tertentu

5. Konsumsi obat tertentu
Pexels/shvetsa

Mama memiliki penyakit atau kondisi bawaan yang mengharuskan untuk mengonsumsi obat tertentu secara rutin? Perhatikan kembali kandungan didalamnya!

Jika obat-obatan mama mengandung misoprostol, retinoid, methotrexate, atau obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), segera berhenti dan konsultasi dengan dokter kepercayaan mama untuk beralih ke obat dengan efek serupa namun kandungan yang lebih aman untuk kandungan.

Dengan mengetahui lima faktor penyebab keguguran di awal kehamilan ini, semoga Mama bisa segera mengambil langkah pencegahan dan penanganan dini agar kandungan tetap aman hingga persalinan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.