5 Jenis Buah-buahan yang Bisa Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Jangan lupa diimbangi dengan konsumsi air dan istirahat yang cukup

27 Februari 2020

5 Jenis Buah-buahan Bisa Mengatasi Mual Saat Hamil Muda
Pexels/Trag Doann

Sebagai seorang perempuan yang baru menikah, mengetahui kehadiran janin dalam rahim menjadi hal membahagiakan. Salah satu tanda-tanda kehamilan biasanya diawali dengan rasa mual. Mual merupakan sensasi yang terkadang melemahkan tubuh karena harus muntah. 

Mual biasanya terjadi pada masa awal kehamilan atau trimester pertama. Rata-rata perempuan akan mengalami mual dan muntag saat awal kehamilan. Mual saat hamil terjadi selama 3 bulan pertama kehamilan. Tidak hanya di pagi hari, pada beberapa kasus mual dapat berlangsung sepanjang hari. 

Mual selama kehamilan biasanya berkaitan dengan meningkatnya kadar esterogen, kadar gula darah rendah, dan kerentanan yang lebih besar terhadap beberapa aroma. Misalnya, aroma makanan tertentu atau aroma perfum yang menyengat. 

Mual dan muntah saat awal kehamilan merupakan sesuatu yang wajar terjadi dan tidak berbahaya. Kecuali, mual dan muntah menyebabkan dehidrasi dan penurunan berat badan yang signifikan. Ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan di rumah untum meredakan rasa mual. 

Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan. Jangan jadikan rasa mual untuk tidak memerhatikan asupan pada tubuh. Berikut Popmama.com berikan beberapa jenis buah yang dapat membantu atasi rasa mual saat hamil:

1. Apel jadi buah kaya serat yang ampuh redakan mual

1. Apel jadi buah kaya serat ampuh redakan mual
Pexels/Phiwat Chungcao

Apel termasuk jenis buah yang mengandung serat. Serat dapat membantu dalam membuang racun dengan lebih cepat dan meringankan pencernaan. Serat pada apel juga mampu mengatasi rasa mual saat hamil. 

Namun, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya, ya. Cukup makan satu buah apel utuh atau beberapa potong saja. Jika nampak terasa tidak enak, ganti buah apel dengan jus atau pasta apel. 

Selain mengurangi rasa mual, apel juga memiliki beragam manfaat untuk kehamilan. Apel mengandung kalsium yang penting untuk perkembangan tulang janin. Apel juga dapat membantu membangun sistem kekebalan yang kuat bagi tubuh dan janin. 

2. Pisang punya banyak manfaat bagi ibu hamil muda

2. Pisang pu banyak manfaat bagi ibu hamil muda
Pexels/Alexandar Pasaric

Mual disertai muntah yang terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu cukup lama dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Kondisi keluarnya cairan tubuh dalam jumlah cukup banyak sehingga menggangu fungsi tubuh. 

Saat mengalami kondisi ini, konsumsilah sepotong buah pisang. Pisang dapat memulihkan potassium dan kalium yang hilang akibat mual dan muntah. Pisang menghasilkan lendir di lapisan perut sehingga menurunkan tingkat pH dalam tubuh. 

Selain itu, pisang juga kaya serat, vitamin B-6, dan vitamin C yang baik untuk sistem pencernaan. Dengan konsumsi pisang yang cukup dapat mencegah terjadinya sembelit pada masa kehamilan. 

Editors' Picks

3. Lemon bisa memenuhi perkembangan otak janin

3. Lemon bisa memenuhi perkembangan otak janin
Pexels/Lisa Fotios

Buah berwarna kuning cerah ini dapat membantu meredakan rasa mual saat awal kehamilan. Dikutip dari MyDomain.com, lemon membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Lemon untuk meredakan mual dapat dilakukan dengan cara menghirup aroma buah lemon atau mengirisnya dan mencampurkan lemon dalam teh. 

Tak hanya meredakan mual, mengonsumsi lemon juga dapat memenuhi perkembangan otak janin, khususnya hippocampus yang bertanggung jawab untuk daya ingat. 

Selain itu, lemon juga mengandung folat yang penting untuk masa kehamilan. Folat membantu mengurangi resiko cacat tabung saraf janin, seperti sina bifida dan anencephaly. Cacat ini dapat memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang janin. 

Fakta ini didukung oleh sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa hanya dengan menghidup aroma lemon segar dapat membuat perempuan hamil mengalami lebih sedikit mual dan muntah. 

4. Semangka meredakan mual dan muntah

4. Semangka meredakan mual muntah
Pexels/Pixelme Stock Photo

Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi. Ada banyak manfaat buah semangka jika dikonsumsi rutin pada saat kehamilan.

Semangka diperkaya likopen dan antioksidan sehingga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. 
Kandungan air yang tinggi dan gula alami dalam buah semangka membantu meringankan rasa mual pada awal kehamilan.

Kandungan mineral yang terdapat pada semangka juga dapat membantu mencegah kram otot pada trimester ketiga. Semangka dapat dikonsumsi langsung dengan potongan-potongan kecil yang segar, diolah menjadi jus, atau es pop semangka. 

Selain mengonsumsi buah-buahan untuk meredakan gejala awal masa kehamilan. Meredakan mual dan muntah juga dapat diatasi dengan banyak minum air putih, beristirahat yang cukup, dan mengonsumsi vitamin tambahan khusus kehamilan. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan secara rutin, ya. 

5. Buah-buahan kaya air

5. Buah-buahan kaya air
Unsplash/Suzy Hazelwood

Mual dan muntah yang terjadi dalam waktu lama awal kehamilan bisa menyebabkan dehidrasi. Padahal, masa kehamilan membutuhkan banyak cairan.

Dehidrasi ini ditandai dengan beberapa tanda-tanda, seperti berkurangnya frekuensi buang air kecil, merasa haus, mengantuk, mulut terasa kering dan lengket, atau sakit kepala. 

Saat mengalami dehidrasi, beberapa buah-buah dapat membantu tubuh memenuhi cairan. Misalnya, dengan mengonsumsi buah stroberi atau tomat. Stroberi memiliki kandungan air tertinggi dari semua buah beri.

Mengonsumsi stroberi secara teratur juga mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung, diabetes, Alzheimer dan berbagai jenis kanker. 

Sedangkan tomat mengandung 94% air sehingga dapat membantu tubuh tetap baik dan terhidrasi.

Selain itu, tomat kaya akan serat dan beberapa antioksidan penangkal penyakit, termasuk likopen. Likopen telah diteliti potensinya untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa buah yang dapat membantu mengatasi rasa mual dan muntah pada awal kehamilan. Semoga membantu, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.