Kali Pertama USG ke Dokter, 5 Hal Ini Akan Mama Temukan

Seperti apa ya ‘pertemuan’ pertama dengan si Kecil?

15 Oktober 2018

Kali Pertama USG ke Dokter, 5 Hal Ini Akan Mama Temukan
Pixabay/MedicalPrudens

Mengunjungi dokter kandungan untuk melakukan USG (ultrasonografi) kali pertama adalah perubahan besar dalam masa kehamilan.

Pada waktu ini, bukti kehamilan yang sebelumnya hanya Mama temukan lewat testpack, kini mulai terlihat lebih nyata.

USG merupakan tes diagnostik medis yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk menciptakan gambar bagian dalam tubuh. Dalam kehamilan, USG digunakan untuk melihat ke bagian dalam rahim ibu, tanpa menimbulkan rasa sakit.

Biasanya USG kali pertama akan dilakukan pada usia kehamilan di atas 7 minggu. Waktu ini dipilih untuk memastikan janin cukup besar dan sudah mulai berkembang agar dokter dapat melihatnya melalui USG.

Nah, apa yang bisa ditemukan melalui USG untuk kali pertama? Berikut informasinya, Ma:

1. Hari perkiraan lahir (HPL)

1. Hari perkiraan lahir (HPL)
Pexels/rawpixel.com

Selama melakukan pemeriksaan USG, dokter biasanya akan menanyakan kapan tanggal hari pertama haid terakhir Mama. Sebisa mungkin, berikan jawaban tanggal yang tepat ya, Ma.

Informasi ini dibutuhkan oleh dokter untuk membuat perkiraan hari perkiraan lahir alias HPL.

Tanggal yang diperkirakan dokter adalah usia 40 minggu kehamilan Mama. Persalinan bisa maju atau mungkin mundur dari tanggal tersebut, Ma.

Namun dengan adanya tanggal perkiraan, bisa memberikan gambaran kepada Mama kapan kira-kira persalinan akan terjadi. Sekitar satu bulan dari tanggal tersebut, Mama pun sebaiknya sudah mulai bersiap-siap dan perhatikan aktivitas sehari-hari.

2. Jumlah janin

2. Jumlah janin
Pixabay/3194556

Dari USG pertama, dokter juga akan melihat apakah ada kemungkinan Mama mengandung janin kembar alias lebih dari satu.

Selain dari faktor riwayat keluarga, kehamilan kembar juga bisa muncul karena konsumsi obat fertilitas atau proses bayi tabung.

Dengan melakukan USG, Mama akan mengetahui lebih pasti ada berapa janin yang tengah berkembang di dalam kandungan. Mama pun bisa menyiapkan rencana kehamilan lebih tepat lagi.

Termasuk dalam urusan mengatur aktivitas, mengatur menu makanan dan menyiapkan perlengkapan untuk si Kecil.

Editors' Picks

3. Bertemu buah hati

3. Bertemu buah hati
Freepik

Jika ukuran janin sudah cukup besar dan berkembang, secara fisik ia akan mulai terlihat pada kali pertama USG.

Namun jika ukurannya masih terlalu kecil, dokter biasanya akan membutuhkan waktu beberapa menit lebih lama untuk mengamati. Sabar dulu ya, Ma.

Pada usia kehamilan 8 minggu, ukuran janin biasanya masih sangat kecil dan mirip seperti kacang merah. Namun dari sini sudah terlihat bahwa Mama tervalidasi hamil. Wah, selamat ya, Ma!

4. Mendengar detak jantung

4. Mendengar detak jantung
Pexels/Pixabay

Selain melihat bentuknya yang masih kecil, pada waktu usia kehamilan 8 minggu ke atas biasanya baru mulai akan terdengar detak jantung si Kecil.

Suara tersebut akan terdengar samar-samar atau bergantung pada kondisi kehamilan masing-masing. Namun demikian, momen ini sungguh-sungguhg akan membuat Mama dan Papa terharu.

Selain itu, dokter juga bisa menunjukkan di mana lokasi jantung si Kecil. Jika diperhatikan, akan terlihat detak jantungnya berkedip-kedip di dalam rahim Mama.

Dari sini pula, dokter akan mencetak foto USG Mama untuk disimpan dan sebagai bukti bahwa Mama tervalidasi hamil. Disimpan dengan baik, ya.

5. Mulai bonding

5. Mulai bonding
Freepik/Onlyyouqj

Momen di mana Mama mulai mengetahui sudah ada si Kecil dalam kandungan, sedikit demi sedikit akan membuat Mama berupaya berubah menjadi lebih baik.

Bonding alias ikatan antara Mama dengan buah hati pun mulai akan terbentuk. Sepanjang hari Mama akan memikirkan apa yang sedang janin lakukan, seperti apa kelak wajahnya nanti, dan apa yang bisa Mama lakukan untuk membantu tumbuh kembangnya.

Sejak USG, pada waktu berikutnya secara alami perut Mama akan terus membesar. Mama pun akan merasa nyaman jika mengusap atau meletakkan tangan di perut.

Ini adalah waktu khusus bagi Mama untuk benar-benar merasakan naluri keibuan dengan menciptakan bonding. Bisa merasakan gerakan janin akan terasa sangat mengharukan.

Semua momen ini akan dimulai setelah Mama melakukan USG kali pertama, dan bisa bertemu dengan si Kecil.