5 Daftar Makanan yang Bisa Menjadi Sumber Vitamin B1 di Masa Kehamilan

Kebutuhan vtamin B1 pada ibu hamil per harinya adalah 1,4 mmg.

14 Januari 2020

5 Daftar Makanan Bisa Menjadi Sumber Vitamin B1 Masa Kehamilan
Freepik/nensuria

Mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang di masa kehamilan adalah suatu tahapan yang sangat penting. Pastikan bahwa Mama mendapat asupan nutrisi dan vitamin B1.

Ya, vitamin B1 atau tiamin merupakan salah satu vitamin yang berguna dalam mengubah karbohidrat menjadi energi bagi tubuh.

Dikutip dari American Pregnancy.org, lihatlah peran dan manfaat semua vitamin B. Di mana vitamin B1 memainkan peran utama dalam perkembangan otak janin.

Sementara kebutuhan vtamin B1 pada ibu hamil per harinya adalah 1,4 mmg. Di bawah ini ada 5 daftar makanan yang menjadi sumber alami vitamin B1 di masa kehamilan. Berikut informasi selengkapnya dari Popmama.com:

1. Brokoli dianggap sebagai makanan super

1. Brokoli dianggap sebagai makanan super
Pixabay/ExplorerBob

Sistem kekebalan tubuh yang kuat selama kehamilan dapat membantu menghindari infeksi. Komponen beta karoten dan selenium dalam brokoli mendukung kekebalan tubuh ibu hamil.

Di mana brokoli sayuran penuh dengan nutrisi, antioksidan dan phytochemical. Selain itu, dalam 100 gram brokoli bisa mendapatkan 10 mcg vitamin B1 di masa kehamilan.

Oleh karena itu, ini dianggap sebagai makanan super yang dikenal menawarkan berbagai manfaat.

Menurut WebMD, kamu harus makan brokoli saat hamil untuk mendapatkan asupan folat, serat, kalium, kalsium, lutein, zeaxanthin dan karoten untuk menumbuhkan penglihatan sehat serta menjaga keseimbangan tekanan darah normal.

Editors' Picks

2. Ikan tuna memiliki nilai gizi terbaik

2. Ikan tuna memiliki nilai gizi terbaik
Freepik/lifeforstock

Kehamilan itu membutuhkan banyak asupan nutrisi.

Sumber vitamin B1 berikutnya bisa didapatkan dari ikan tuna. Satu sampai dua potong atau 60-80 gram ikan tuna memiliki 0,2 mg kandungan vitamin B1.

Di mana vitamin B1 atau tiamin ini sangat penting bagi ibu hamil dan sang janin di dalam kandungannya. 

Dilansir dari Parenting.Firstcry.com, tuna segar memiliki nilai gizi terbaik dan dianggap aman untuk ibu hamil. Ikan tuna menyediakan mineral esensial, vitamin D, protein dan sumber asam lemak omega 3 yang dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan otak maupun saraf janin.

3. Kacang hijau adalah sumber protein nabati terbaik

3. Kacang hijau adalah sumber protein nabati terbaik
Pixabay/PDPics

Ibu hamil sangat membutuhkan asupan vitamin B1. Sedangkan jenis vitamin ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi kacang hijau.

Ya, kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati terbaik yang kaya akan asam amino esensial dan zat besi. Di dalam 100 gram kacang hijau terdapat 0,47 mcg vitamin B1.

Manfaat konsumsi kacang hijau yakni dapat membantu penyerapan protein ke dalam tubuh, meningkatkan nafsu makan dan memaksimalkan fungsi saraf janin di dalam kandungan.

Healthline memaparkan, bahwa kacang hijau mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral. Satu cangkir (7 ons atau 202 gram) kacang hijau rebus mengandung kalori, karbohidrat, serat, magnesium, folat dan vitamin B1.

4. Beras merah bermanfaat untuk kesehatan

4. Beras merah bermanfaat kesehatan
Freepik

Kehamilan adalah fase di mana Mama disarankan untuk memeroleh vitamin B1. Sebaiknya selama kehamilan, Mama memakan nasi merah. 

Being the Parent.com menjelaskan, ketika berbicara tentang makan selama kehamilan maka beras merah adalah kuncinya. Nutrisi dalam beras merah cukup mengesankan dan menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Saat memakan nasi merah dalam jumlah sedang, itu akan menjadi tambahan sumber vitamin B1 di masa kehamilan.

Di mana manfaat mengonsumsinya ialah mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan menghindarinya dari diabetes.

5. Sereal dapat memenuhi kebutuhan vitamin B1 harian

5. Sereal dapat memenuhi kebutuhan vitamin B1 harian
Pixabay/fancycrave1

Salah satu pilihan yang sangat penting selama kehamilan ialah mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B1 dari semangkok sereal.

Di mana satu porsi saji sereal dengan fortifikasi vitamin B1, yakni akan memenuhi seluruh kebutuhan vitamin B1 harian Mama.

Cbs News.com mengatakan, bahwa semua sereal dengan serat ekstra dapat mengurangi sembelit dan membantu ibu hamil menghindari masalah kehamilan lainnya.

Sereal yang memiliki sifat dasar tinggi konten serat juga berfungsi untuk melindungi dari perkembangan sel kanker dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh.

Nah, itulah kelima daftar makanan yang kaya vitamin B1. Mama bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya dapat menyediakan porsi makanan yang tepat di masa kehamilan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.