5 Jenis Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak yang Baik untuk Ibu Hamil

Brokoli adalah sayuran yang mengandung tinggi protein

23 Februari 2021

5 Jenis Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak Baik Ibu Hamil
Unsplash/Travis Yewell

Perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan bergantung kepada nutrisi yang Mama konsumsi. Oleh karenanya, saat sedang hamil Mama perlu memilih makanan sehat dan mengandung tinggi protein rendah lemak.

Di mana selama kehamilan, kandungan protein dapat membantu janin tumbuh secara normal dan membangun antibodi untuk sistem kekebalan tubuh mereka.

Dikutip dari What to Expect, protein adalah salah satu asupan yang membuat bayi cerdas. Jadi Mama perlu memenuhi asupan protein selama kehamilan untuk mendukung kecerdasan otaknya.

Berikut Popmama.com informasikan lima jenis makanan tinggi protein rendah lemak yang baik untuk ibu hamil. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

1. Brokoli menawarkan berbagai manfaat di masa kehamilan

1. Brokoli menawarkan berbagai manfaat masa kehamilan
Pixabay/Wounds_and_Cracks

Pemilihan makanan kaya protein rendah lemak adalah sesuatu yang penting di masa kehamilan.

Ya, dibanding sayur jenis lain brokoli adalah sayuran yang mengandung tinggi protein. Jadi Mama bisa memasukkan brokoli ke dalam pola makan sehari-hari. Pasalnya, brokoli juga merupakan sumber folat, serat, kalsium, lutein, zeaxanthin dan karoten untuk kesehatan penglihatan serta menjaga tekanan darah normal. 

Brokoli salah satu jenis sayuran yang penuh dengan nutrisi, antioksidan dan phytochemical. Oleh karena itulah, brokoli dianggap sebagai makanan super yang dikenal menawarkan berbagai manfaat di masa kehamilan.

Editors' Picks

2. Daging sapi tanpa lemak merupakan nutrisi penting

2. Daging sapi tanpa lemak merupakan nutrisi penting
Pixabay/PDPhotos

Mengonsumsi daging tanpa lemak adalah sumber protein berkualitas tinggi yang baik untuk ibu hamil.

Di mana daging sapi juga kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B yang semuanya merupakan nutrisi penting selama kehamilan.

Kebutuhan protein harian yang direkomendasikan untuk ibu hamil sekitar 71 gram per hari dan harus diperoleh sebagai rata-rata setiap hari.

Untuk mendapatkan jumlah ini, ibu hamil bisa mencoba makan setidaknya lima ons daging tanpa lemak.

3. Ikan salmon dan tuna memiliki asam lemak omega 3

3. Ikan salmon tuna memiliki asam lemak omega 3
Pixabay/Sabrinakoeln

Mulai sekarang ikan harus lebih sering dikonsumsi selama kehamilan. Pasalnya ikan adalah makanan sumber protein tinggi yang rendah lemak. 

American Pregnancy merekomendasikan, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi 8-12 ons ikan rendah merkuri per minggu atau berjumlah sekitar 2-3 porsi ikan.

Beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi selama hamil yakni salmon dan tuna. Di mana salmon memiliki asam lemak omega 3 yang telah terbukti dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu menjaga nafsu makan.

Sedangkan setiap 150 gram tuna biasanya mengandung 39 gram protein dengan 179 kalori.

4. Kacang-kacangan sumber protein nabati

4. Kacang-kacangan sumber protein nabati
Pixabay/ExplorerBob

Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang hanya mengandung tiga gram lemak dan berperan dalam mencukupi kebutuhan serat ibu hamil, sehingga mencegah konstipasi.

Selain itu, kelompok makanan ini kaya akan kalsium, folat, zat besi, seng, magnesium dan dilengkapi oleh kandungan serat.

Cobalah untuk mengonsumsi sekitar tiga genggam kacang setiap minggu atau 90 gram dalam tiga bulan pertama kehamilan.

5. Putih telur membantu melengkapi diet kehamilan

5. Putih telur membantu melengkapi diet kehamilan
Pixabay/beernc29

Makanan berikutnya yang juga termasuk makanan tinggi protein rendah lemak adalah putih telur.

Satu putih telur sama dengan empat gram protein. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi putih telur akan mendapatkan cukup banyak energi dan mencegah kelahiran bayi prematur.

Healthline menjelaskan, jenis protein bisa didapat dari telur. Di mana protein tidak hanya untuk kesehatan tubuh. Bentuk protein makanan terkonsentrasi dapat membantu melengkapi diet kehamilan. 

Selain itu bagian putih telur juga mengandung kolin, yaitu sebuah nutrisi yang dapat membantu melancarkan proses metilasi atau proses pembentukan sel DNA. 

Nah, itulah lima makanan tinggi protein rendah lemak yang baik untuk dikonsumsi saat hamil. Pastikan Mama menyertakannya dalam pola makan sehari-hari, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.