5 Makanan Kaya Magnesium Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Konsumsilah berbagai makanan yang mengandung magnesium, ya!

23 Februari 2020

5 Makanan Kaya Magnesium Ini Sangat Baik Kesehatan Ibu Hamil
pregnancybirthbaby.org.au

Mineral magnesium melakukan banyak tugas penting dalam tubuh. Di mana magnesium berfungsi pada pembentukan tulang, memastikan tekanan darah yang sehat dan mengendalikan kontraksi otot.

Dikutip dari Woerwag Pharma, banyak ibu hamil mengeluh tentang kram betis dan sakit perut yang tidak jelas. Ini dapat terjadi sebagai akibat dari kekurangan magnesium.

Saat alami gejala defisiensi magnesium, ibu hamil harus lebih waspada.

Agar tidak kekurangan magnesium di masa kehamilan, maka perlu mencukupi asupan harian dari 5 makanan ini. Berikut informasi selengkapnya dari Popmama.com :

1. Alpukat dikaitkan dengan peningkatan kesehatan ibu hamil

1. Alpukat dikaitkan peningkatan kesehatan ibu hamil
Freepik/nensuria

Tahukah Mama?

Ternyata satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 50 mg magnesium.

Selain itu, alpukat juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti kalium, lemak sehat, vitamin K dan B yang dapat mencegah anemia.

Menurut Bellybelly.com, alpukat memiliki keunikan di antara buah-buahan. Di mana alpukat mengandung banyak nutrisi folat, kalium dan mengandung senyawa non-esensial dalam jumlah yang lebih tinggi. Semuanya dikaitkan dengan peningkatan kesehatan ibu hamil.

Dengan mengonsumsi alpukat di masa kehamilan, hal ini dapat membantu pertumbuhan jaringan maupun otak bayi dan meredakan mual di pagi hari.

2. Cokelat hitam membantu mencegah preeklampsia

2. Cokelat hitam membantu mencegah preeklampsia
Freepik/jcomp

Jika kekurangan magnesium selama kehamilan, hal itu dapat memicu kontraksi prematur dan menyebabkan kelahiran prematur dalam kasus-kasus serius.

Dilansir dari Pregnancy Magazine.com, mengonsumsi cokelat hitam selama kehamilan dapat membantu mencegah preeklampsia dan meminimalisir persalinan dini yang berakibat fatal.

Dalam satu batang cokelat hitam seberat 1 ons (28 gram) terdapat sekitar 65 mg magnesium.

Selain magnesium, cokelat hitam juga kaya akan antioksidan, zat besi dan serat prebiotik yang berfungsi menjaga kesehatan usus di masa kehamilan.

Editors' Picks

3. Kacang-kacangan sangat baik untuk perkembangan otak janin

3. Kacang-kacangan sangat baik perkembangan otak janin
Freepik/azerbaijan_stockers

Magnesium adalah mineral yang sangat penting di masa kehamilan. Ini terlibat dalam ratusan reaksi kimia dalam tubuh yang membantu menjaga kesehatan.

Healthline mengatakan, kacang-kacangan yang bergizi dan enak mengandung tinggi magnesium. Misalnya saja satu porsi mete 1 ons (28 gram) mengandung 82 mg magnesium.

Selama kehamilan sebaiknya diisi dengan kacang-kacangan yang kaya magnesium, vitamin E, protein, lemak sehat, folat dan serat dalam membantu sistem pencernaan.

Bahkan asam lemak omega-3 yang ada pada kacang-kacangan sangat baik untuk perkembangan neurologis dan otak janin.

4. Pisang dikemas dengan serat dan magnesium

4. Pisang dikemas serat magnesium
Freepik

Kehamilan adalah waktu yang menyenangkan. Tapi pastikan ibu hamil mengonsumsi pisang, karena buah ini dikemas dengan serat dan magnesium. 

Parenting.Firstcry.com menjelaskan, pisang kaya akan sumber karbohidrat, serat makanan, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, vitamin C, B-kompleks dan mineral penting seperti magnesium. Semua nutrisi ini membantu perkembangan janin yang sehat selama kehamilan.

Ya, konsumsi pisang dapat memberikan bantuan dari beberapa komplikasi yang timbul dalam kehamilan.

5. Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi

5. Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi
Freepik/valeria_aksakova

Untuk mendapatkan magnesium yang cukup selama kehamilan, cobalah mengonsumsi sayuran berwarna hijau.

Tentunya sayuran hijau juga mengandung banyak nutrisi lainnya yang dibutuhkan ibu hamil.

What to Expect.com mengungkapkan, sayuran seperti bayam dan brokoli merupakan sumber vitamin A, C, asam folat, magnesium dan beta karoten yang sangat penting bagi pertumbuhan sel janin.

Dalam setengah mangkuk bayam, terdapat sekitar 80 mg magnesium. Sedangkan setengah mangkuk brokoli terkandung kurang lebih 12 mg magnesium.

Jangan pernah lupa memasukan kelima makanan yang kaya magnesium di atas pada menu harian. Selain itu, ibu hamil perlu berkonsultasi langsung dengan dokter gizi.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.