7 Pertanyaan untuk Dokter Kandungan setelah Hasil Test Pack Positif

Penting untuk menanyakan hal-hal berikut ini pada dokter atau bidan yang menangani persalinan.

22 November 2020

7 Pertanyaan Dokter Kandungan setelah Hasil Test Pack Positif
Freepik/bearfotos

Pertama-tama, selamat atas kehamilannya! Akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan, setelah tahu hasil testpack positif. Salah satunya adalah memilih dokter spesialis kandungan atau bidan yang tepat selama proses kehamilan yang akan berjalan sembilan bulan ke depan.

Ada banyak hal yang harus Mama ketahui selama masa kehamilan. Informasi ini tentunya paling baik didapat dari dokter spesialis atau mungkin bidan. Informasi ini juga bisa membantu Mama dalam memilih siapa dokter yang tepat untuk konsultasi sepanjang masa kehamilan ini.

Dilansir dari Very Well Family, Popmama.com merangkum tujuh pertanyaan untuk dokter kandungan setelah hasil test pack positif. Yuk langsung simak saja!

1. Fasilitas apa yang dimiliki?

1. Fasilitas apa dimiliki
Freepik

Pastikan untuk menanyakan tiap fasilitas yang bisa didapatkan, selama ada kesempatan ngobrol dengan tiap dokter atau bidan yang Mama datangi. Mama dan Papa harus tahu semua fasilitas tersebut sebelum memilih mereka untuk membantu sepanjang kehamilan hingga proses persalinan nanti.

2. Seperti apa prosedur yang direkomendasikan?

2. Seperti apa prosedur direkomendasikan
healthline.com

Setiap dokter spesialis kandungan atau bidan mungkin punya penawaran tes yang sedikit berbeda. Mulai dari tes amniosentesis hingga test tingkat stres, mereka harus menjelaskan semuanya secara menyeluruh pada Mama. Jika ada tes lain yang harus dijalani, pastikan dokter atau bidan mama memberi rekomendasi tempat tes dan prosedurnya.

Editors' Picks

3. Buku apa yang direkomendasikan untuk dibaca?

3. Buku apa direkomendasikan dibaca
videohive.net

Biasanya, dokter atau bidan punya rekomendasi buku untuk Mama. Terkadang mereka juga termasuk jajaran penulisnya. Coba tanyakan, apakah ada rekomendasi buku untuk Mama baca, yang setidaknya bisa membantu Mama mendapatkan informasi yang lebih banyak, yang tidak bisa didapat dari konsultasi dengan dokter saja.

4. Apa rekomendasi untuk mengatasi masalah kehamilan yang umum terjadi?

4. Apa rekomendasi mengatasi masalah kehamilan umum terjadi
bundoo.com

Ada banyak ketidaknyamanan yang umum dirasakan Mama saat sedang hamil. Banyak di antara masalah kehamilan tersebut bisa diatasi tanpa menggunakan obat. Tanyakan pada dokter atau bidan jika ada olahraga tertentu atau solusi sederhana yang bisa membantu, sebelum mengambil langkah mengonsumsi obat.

5. Siapa dokter cadangan yang direkomendasikan?

5. Siapa dokter cadangan direkomendasikan
res.cloudinary.com

Tiap dokter kandungan atau bidan seharusnya punya rekomendasi dokter lain yang bermitra dengannya, sebagai cadangan jika sewaktu-waktu mereka berhalangan. Mama juga harus menanyakan, kapan bisa menemui dokter cadangan tersebut sebelum hari perkiraan lahir tiba.

Mama perlu berkenalan dengan mereka agar tidak canggung jika sewaktu-waktu harus menggunakan jasanya. Tak ada salahnya membuat janji temu, meski hanya sekadar menyapa. Ini untuk menghindari Mama terkejut jika ternyata dokter yang menangani persalinan nantinya berbeda dengan dokter tempat konsultasi selama ini.

6. Apakah dokter merekomendasikan kelas pra persalinan?

6. Apakah dokter merekomendasikan kelas pra persalinan
Freepik

Ada banyak pilihan kelas yang bisa diikuti selama masa kehamilan, untuk mempersiapkan persalinan. Mama bisa mengambil kelas yang juga diambil teman mama, supaya lebih semangat karena ada orang yang dikenal di dalam kelas tersebut. Namun lebih baik Mama meminta rekomendasi pada dokter tempat Mama konsultasi.

Tanyakan apakah Mama harus mengambil kelas yang diadakan di rumah sakit, atau mungkin dokter mama punya kelas mereka sendiri. Namun jika tidak direkomendasikan mengikuti kelas pra persalinan apapun, Mama juga harus bertanya apa penyebabnya, karena mungkin saja membahayakan.

7. Berapa persen perkiraan bisa melahirkan normal?

7. Berapa persen perkiraan bisa melahirkan normal
frauenzimmer.de

Mama juga harus menanyakan berapa persen perkiraan untuk bisa melahirkan normal di kondisi kehamilan mama saat ini. Sampaikan juga pada dokter atau bidannya, apakah Mama adalah calon ibu baru dengan pengalaman pertama kehamilan, atau ibu dengan kehamilan kesekian, atau juga ibu yang sudah pernah melahirkan lewat operasi caesar sebelumnya.

Ajukan pertanyaan tentang kemungkinan Mama melahirkan secara normal. Tanyakan sesegera dan sesering mungkin. Beri tahu dokter atau bidan bahwa Mama berkomitmen untuk bisa melahirkan secara normal. Pastikan juga untuk menanyakan secara khusus tentang kemungkinan melahirkan normal, jika Mama pernah melakukan operasi caesar.

Itu tadi tujuh pertanyaan untuk dokter kandungan setelah hasil test pack positif. Selamat menghitung hari ya, Ma! Semoga segalanya berjalan lancar.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.