5 Gejala Kehamilan yang Membuat Ibu Hamil Merasa Malu

Walau dimaklumi, terkadang tetap saja membuat tidak nyaman

15 Januari 2022

5 Gejala Kehamilan Membuat Ibu Hamil Merasa Malu
Freepik.com/yanalya

Memasuki periode kehamilan, akan banyak sekali perubahan yang terjadi dalam tubuh mama. Ini bahkan bisa dikatakan sebagai perubahan yang besar, lho.

Disadur dari WebMD, Ob-gyn Michele M. Hakakha, MD, penulis Expecting 411: Clear Answers & Smart Advice for Your Pregnancy, mengatakan, "Banyak hal terjadi pada tubuh perempuan saat ia hamil, dan yang paling mengejutkan: pertumbuhan rambut di perut, bersendawa dan sembelit, peningkatan keputihan, dan wasir, untuk beberapa nama."

Michele juga menambahkan, kalau hal-hal tadi merupakan hal yang tidak umum dibicarakan. Jadi, tidak heran kalau hal tersebut membuat Mama sedikit merasa malu saat harus mengalaminya.

Nah, berikut ini Popmama.com rangkum gejala kehamilan yang membuat ibu hamil merasa malu. Cek di sini!

1. Mengalami gas berlebih yang membuat ibu hamil tidak bisa menahan kentut

1. Mengalami gas berlebih membuat ibu hamil tidak bisa menahan kentut
Freepik/tirachardz

Hampir setiap perempuan hamil mengalami kembung atau perut bergas. Ini disebabkan karena kehamilan menciptakan lonjakan hormon yang dapat memperlambat saluran pencernaan.

Alhasil, Mama jadi kehilangan kontrol untuk menahan gas tersebut. Kelepasan buang angin pun akan sering terjadi.

Mama mungkin tidak bisa mengelak dari hal ini, tapi Mama bisa mengurangi kecenderungan ini dengan olahraga dan mengubah pola makan.

"Olahraga membantu meningkatkan motilitas saluran pencernaan, memungkinkan makanan bergerak lebih cepat," kata Michele M. Hakakha.

"Semakin sedikit waktu untuk duduk dan berfermentasi, semakin sedikit gas yang dihasilkan.Hindari makanan atau minuman seperti minuman berkarbonasi, kacang-kacangan, brokoli, kembang kol, dan buah kering," lanjutnya.

Jika ingin meminum susu, cobalah untuk mengkonsumsi susu bebas laktosa atau makanan kaya kalsium lainnya jika tidak toleran pada laktosa.

Editors' Picks

2. Inkontinensia membuat ibu hamil mendadak ngompol karena tidak bisa mengontrol saluran kemih

2. Inkontinensia membuat ibu hamil mendadak ngompol karena tidak bisa mengontrol saluran kemih
Freepik

Sebagian besar ibu hamil yang mengalami stres inkontinensia. Ini adalah saat dimana urine tanpa sadar bocor karena batuk, bersin, atau tertawa yang menggelegar. 

Biasanya yang keluar hanya beberapa tetes, tapi kalau sampai basah tentu saja membuat Mama jadi merasa malu.

Banyak dokter menyarankan agar ibu hamil memakai panty liner untuk mendeteksi kebocoran selama beberapa bulan terakhir kehamilan ketika stres inkontinensia lebih mungkin terjadi.

Selain itu, Mama juga bisa mencoba untuk lebih sering pergi ke toilet.

"Saat bayi tumbuh dan rahim membesar, bayi akhirnya duduk tepat di atas kandung kemih. oleh sebab itu, kosongkan kandung kemih setiap dua jam. Ini akan memperkecil risiko kebocoran," kata Michele. 

3. Masalah bau badan yang tercium lebih jelas

3. Masalah bau badan tercium lebih jelas
Freepik

Beberapa ibu hamil mengalami peningkatan kemampuan indera penciuman di masa kehamilan. Akibatnya, mereka jadi memiliki penciuman yang lebih kuat..

Inilah yang membuat ibu hamil jadi cenderung lebih sensitif terhadap bau-bauan. Bahkan, mereka bisa mencium bau tubuhnya sendiri.

"Kadang-kadang Anda bisa mencium bau vagina Anda sendiri, terutama menjelang akhir kehamilan," kata profesor kebidanan dan ginekologi Birmingham, Kim Hoover, MD Hoover.

Menurutnya, beberapa orang bahkan khawatir tentang baunya dan membawa tisu basah ke mana pun mereka pergi. Padahal hal itu terjadi karena kemampuan mereka yang meningkat, bukan karena bau badannya.

Tetapi, jika Mama merasa memiliki masalah dengan bau vagina yang mengarah pada infeksi jamur, segera lakukan konsultasi dengan dokter.

4. Mengalami wasir atau sembelit saat buang air besar

4. Mengalami wasir atau sembelit saat buang air besar
kidsimplified.com

"Wasir adalah taruhan yang pasti ketika seseorang hamil. Sembelit dan mengejan terjadi dalam upaya untuk buang air besar. Kita semua tahu bahwa sembelit adalah salah satu keluhan paling umum di masa kehamilan," kata Micehele.

Mama bisa mengurangi risiko terkena wasir dengan menghindari sembelit. Salah satu cara ampuhnya adalah dengan terhidrasi dengan baik, makan lebih banyak serat, dan gunakan pelunak feses atau penambah serat yang dijual bebas.

Tetapi tetap ingat untuk konsultasikan setiap jenisnya pada dokter pribadi.

5. Munculnya jerawat yang tidak diduga di seluruh bagian tubuh

5. Muncul jerawat tidak diduga seluruh bagian tubuh
Pexels.com/Polina

Pada trimester pertama, jerawat kerap kali menjadi gangguan yang umum terjadi. Sudah pasti mereka muncul karena adanya hormon tambahan yang mengalir di dalam tubuh mama.

Mama boleh kok mengobatinya. Pastikan saja obat jerawat tersebut bebas dari kandungan yang berbahaya untuk janin.

"Kebanyakan pembersih jerawat aman karena produk tersebut tidak menempel di kulit untuk waktu yang lama. Tetapi tanyakan kepada dokter sebelum menggunakan produk jerawat apa pun," kata Michele.

Gunakan obat jerawat topikal dengan hemat, cukup pada area yang terkena. Produk yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan asam azelaic masih tergolong aman digunakan dalam jumlah kecil.

Itulah tadi beberapa gejala kehamilan yang membuat ibu hamil merasa malu. Apakah Mama pernah mengalaminya?

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.