Bolehkah Ibu Hamil Minum Jamu Kunyit Asam? Cari Tahu Faktanya di Sini!

Sebelum mengonsumsi jamu kunyit asam, ketahui dulu faktanya di sini

23 Juni 2020

Bolehkah Ibu Hamil Minum Jamu Kunyit Asam Cari Tahu Fakta Sini
bbarta24.com

Sebagai minuman yang sejak lama dipercaya dapat menyehatkan tubuh, banyak ibu hamil yang juga ikut mengonsumsi jamu.

Umumnya jamu berasal dari campuran bahan-bahan herbal seperti kunyit, jahe, kencur, dan berbagai jenis bahan lainnya. 

Jamu berbahan kunyit biasanya akan diolah menjadi jamu kunyit asam. Walau mengonsumsi minuman kunyit bisa mengatasi berbagai kondisi kesehatan, Mama sebaiknya tidak mengonsumsi jamu kunyit asam saat sedang hamil.

Mungkin Mama bingung dan ingin mengetahui alasan mengapa jamu kunyit asam tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Jika penasaran, kali ini Popmama.com telah merangkum penjelasan mengenai dampak mengonsumsi jamu kunyit asam terhadap kehamilan. Yuk, simak!

Editors' Picks

1. Ini alasan jamu kunyit asam tidak disarankan untuk ibu hamil

1. Ini alasan jamu kunyit asam tidak disarankan ibu hamil
Pixabay/Ajale

Kunyit termasuk salah satu bahan campuran di dalam jamu kunyit asam. Selama memasuki kehamilan trimester pertama, ada baiknya untuk menghindari jamu kunyit asam terlebih dahulu karena akan mengakibatkan gangguan pada janin. Apalagi jika sudah mengonsumsi minuman kunyit lebih dari 500 mg setiap harinya.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa jamu kunyit asam yang dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil akan memicu kontraksi rahim, bahkan dapat berujung keguguran. 

Lalu ada beberapa efek samping lain yang bisa ditimbulkan oleh kunyit, seperti:

  • Perdarahan,
  • mengalami kontraksi uterus,
  • reaksi alergi, seperti ruam,  
  • memicu detak jantung menjadi abnormal, 
  • gangguan pada hati, kantung empedu, dan pencernaan.

Jika Mama termasuk orang yang senang mengonsumsi jamu kunyit asam, ada baiknya untuk mengurangi atau bahkan menghentikan sementara waktu selama masa kehamilan. 

Selalu konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu jika Mama ingin mengonsumsi suatu minuman yang Mama ragukan keamanannya.

2. Mengonsumsi jamu kunyit asam saat hamil memicu kontraksi 

2. Mengonsumsi jamu kunyit asam saat hamil memicu kontraksi 
Pixabay/cgdsro

Mengonsumsi minuman kunyit seperti jamu dapat memicu terjadinya kontraksi. Kontraksi pada rahim yang muncul secara tiba-tiba setelah mengonsumsi kunyit dapat memicu keguguran atau kelahiran prematur. 

Perlu diketahui bahwa kontraksi selama masa kehamilan akan terjadi secara bertahap seiring pergerakannya. Otot rahim akan semakin mengencang, sehingga menimbulkan gangguan seperti nyeri punggung dan beberapa gejala lain. 

Dilansir dari WebMD, saat menghadapi kontraksi di tahap awal kehamilan sebaiknya Mama tetap rileks dan posisikan tubuh mama dalam keadaan yang nyaman. Tujuannya untuk meredakan kontraksi dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat kontraksi. 

Apabila pergerakan kontraksi sudah menurun, sebaiknya Mama segera menghubungi dokter kandungan untuk tetap menjaga kesehatan janin.  

3. Apa saja manfaat mengonsumsi kunyit untuk kesehatan? 

3. Apa saja manfaat mengonsumsi kunyit kesehatan 
Pixabay/stevepb

Seperti yang Mama ketahui bahwa kunyit memang termasuk bumbu dapur yang sering sekali dikonsumsi atau diolah menjadi makanan atau minuman tertentu.  

Meski perlu dihindari oleh ibu hamil, kunyit sebenarnya boleh saja dikonsumsi dalam bentuk bumbu masakan, sebab memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara umum, yaitu:

  • Mengatasi tukak lambung.
  • Dispepsia atau mag dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit karena membantu dalam mengurangi gejala perut kembung.
  • Mengurangi risiko penyebaran kanker di dalam tubuh karena kandungan kurkumin pada kunyit dapat menurunkan pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor. Kunyit berkontribusi terhadap kematian sel kanker,
  • Mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis yang sering mengalami sendi terasa kaku dan kehilangan fleksibilitasnya. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen, sehingga dapat mengatasi osteoarthritis. 

Itulah beberapa fakta mengenai jamu kunyit asam yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

Tetap semangat untuk Mama yang sedang menjalani kehamilan di trimester pertama, semoga terus lancar hingga proses persalinan nanti, ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.