Sempat Alami Keguguran, Ringgo Umumkan Kehamilan Sabai Morscheck

Kehamilan Sabai di tengah pandemi Covid-19 ini masih menginjak trimester pertama nih, Ma!

23 April 2020

Sempat Alami Keguguran, Ringgo Umumkan Kehamilan Sabai Morscheck
Instagram.com/sabaidieter

Kabar bahagia datang dari pasangan Sabai Dieter Morscheck dan Ringgo Agus Rahman karena di tengah pandemi Covid-19 terdapat sebuah berita yang begitu menyenangkan. Pasalnya putra sulung mereka yang bernama Bjorka Dieter Morscheck akan segera memiliki adik. 

Kabar kehamilan anak kedua dari Sabai dan Ringgo sempat diumumkan melalui sebuah unggahan video pada channel YouTube Hey Bjorka! berjudul "Pesan untuk (adiknya) Bjorka: episode 1". 

Video yang direkam pada 16 April lalu ini menceritakan tentang usia kehamilan Sabai telah berada di minggu ke-11, itu berarti pada hari ini (23/4/2020) usia kandungannya sudah jalan seminggu dan ada di minggu ke-12.

Jika Mama ingin mengetahui lebih banyak mengenai kabar bahagia dari keluarga Sabai dan Ringgo, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Editors' Picks

1. Ringgo dan Sabai sudah menanti anak kedua sejak lama

1. Ringgo Sabai sudah menanti anak kedua sejak lama
Instagram.com/sabaidieter

Dalam video tersebut, Sabai dan Ringgo menceritakan bahwa penantian untuk adik dari Bjorka ini sudah sejak lama ditunggu kehadirannya. 

"Bahkan dari ketika kakak kamu Bjorka sudah umur 2 tahun. Baba sudah berharap sekali. Namun, kamu baru hadir ketika kakak kamu berusia 4 tahun," ucap Ringgo. 

"Sebenarnya setelah kakak kamu Bjorka, Mama sempat hamil lagi. Hanya saja, Mama keguguran. Setelah itu, memang sudah berharap sekali kamu muncul," sambung Sabai. 

Kehilangan. Harus mengucapkan perpisahan di usia 5 minggu. Kandungan belum sempurna, lemah, pendarahan dan gugur. 

Udah nggak bisa dijelasin lagi rasanya kayak gimana. Ada yang hancur, ada yang hilang. Sakit, takut, sesal, perasaan bersalah, sedih udah nggak karu-karuan semua rasanya berantakan. 

Mungkin emang ini belum rezekinya kita. Kita harus belajar untuk ikhlas. Saling menguatkan. Keluarga kecil ini kuat kok. Nanti kalau waktunya udah tepat Bjorka pasti bakalan jadi kakak yang hebat. 

Begitulah ucapan perpisahan yang pernah dituliskan oleh Sabai di Instagram pribadinya ketika kehilangan si Kecil karena kandungan lemah. 

Walau sempat mengalami keguguran, namun pasangan ini akhirnya mendapatkan pengganti karena ingin sekali memberikan adik kecil untuk Bjorka. Kabar bahagia yang diterima bahwa Sabai hamil terjadi ketika selang beberapa hari setelah Bjorka berulang tahun, yakni tanggal 24 Februari lalu. 

Sebentar lagi, Bjorka akan menjadi seorang kakak!

2. Bagaimana perkembangan janin di kehamilan minggu ke-12?

Pada kehamilan di usia minggu ke-12, janin di dalam kandungan sudah mengalami berbagai perkembangan seiring bertambahnya usia kehamilan. 

Usia kehamilan trimester satu tepatnya pada minggu ke-12, janin sudah memperlihatkan beberapa perkembangan antara lain:

  • Ketika sedikit menekan bagian perut, Mama akan merasakan respon dari bayi dari dalam perut. Ia akan menggeliat dan membuatmu seperti merasakan ada sesuatu yang merespon.
  • Otot matanya yang mulai bekerja, walau belum sempurna. 
  • Mulutnya mulai bergerak dan mengisap. 
  • Ususnya mulai tumbuh semakin cepat, sehingga menonjol ke bagian tali pusar. 
  • Sel-sel saraf berkembang sangat cepat dan meningkat dengan pesat.

Di masa-masa kehamilan trimester pertama ini, ibu hamil perlu semakin memerhatikan kesehatan dirinya sendiri serta janin di dalam kandungan melalui asupan makanan yang bergizi dan olahraga teratur. 

Tetaplah bijak saat memilih makanan atau minuman karena ini akan berpengaruh terhadap kesehatan serta perkembangan janin.

3. Bjorka sudah sayang dan mencintai adiknya sejak di dalam perut

3. Bjorka sudah sayang mencintai adik sejak dalam perut
Instagram.com/sabaidieter

Di kehamilan kali ini, tentu menjadi pengalaman yang berbeda untuk Sabai. Kondisi pandemi Covid-19 membuatnya harus menjaga kesehatan dan fokus terhadap pada kehamilan. 

"Kita sudah tidak keluar rumah hampir satu bulan karena di luar keadaannya lagi seram sekali. Ini merupakan situasi baru karena di seluruh dunia sedang mewabah virus corona. Jadi semua orang sedang berada di rumah saja," kata Ringgo. 

Ringgo pun sangat berharap ketika kelahiran anak keduanya nanti, situasi Indonesia sudah membaik dari penyebaran virus. 

Sebagai orangtua, Sabai dan Ringgo sudah memperkenalkan anggota baru keluarga mereka kepada Bjorka meski masih di dalam perut. 

"Kakak kamu ini setiap hari peluk perut Mama dan mengatakan kalau sayang dengan adiknya," ucap Sabai. 

Sabai dan Ringgo mengatakan bahwa Bjorka sering memeluk dan mencium adiknya, meskipun masih di dalam perut. Ringgo pun berharap kalau kedua anaknya bisa saling akur satu sama lain. 

"Cepatan datang, kita bakal main bareng dan waktu kamu lahir nanti semoga virus-virus di luar sudah tidak ada," tutup Ringgo. 

Itulah beberapa cerita menarik dari keluarga kecil Sabai dan Ringgo yang sedang menanti kehadiran anggota baru. 

Sehat terus untuk Sabai hingga proses persalinan nanti! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.