Enak! Ini 5 Macam Menu Dairy Products yang Baik untuk Ibu Hamil

Yuk Ma, siapkan menu sarapan sampai makan malam dengan ragam dairy product yang menyehatkan

13 Juni 2018

Enak Ini 5 Macam Menu Dairy Products Baik Ibu Hamil
endometriosisandyou.com

Dalam masa mengandung asupan makanan menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang kesehatan calon ibu dan janin, salah satunya adalah susu.

Seperti Mama tahu, susu mengandung banyak sekali manfaatnya termasuk untuk ibu hamil. 

Susu dan produk-produk olahannya kaya akan kalsium yang merupakan komponen nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi di dalam rahim. 

Selain itu, susu juga mengandung vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium dan menggunakannya di dalam proses metabolisme tubuh.  

Ragam produk olahan susu ini, terdiri dari berbagai macam bentuk dan jenis yang bisa Mama coba untuk melengkapi menu sehat ibu hamil dengan cita rasa yang menggoda dan enak. Apa saja sih, penasaran? 

Simak 5 macam jenis menu dairy product yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Check this out!

1. Sereal dan Susu

1. Sereal Susu
Freepik/Daviles

Untuk mengawali hari guna memenuhi kebutuhan tubuh atas kandungan nutrisi yang dimiliki oleh susu dan produk olahannya adalah dengan menyajikan susu ditambahkan sereal dan buah-buahan segar favorit Mama untuk menu sarapan.

Sarapan yang disajikan dalam beberapa menit ini, menjadi pilihan sarapan seimbang yang kaya akan nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, gula, serat serta beberapa vitamin dan mineral.

Hanya dengan semangkuk berisi sereal dan susu, Mama pun sudah mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

Pilihan menu yang gampang untuk memulai hari kan, Ma?

2. Ice Cream

2. Ice Cream
Freepik/topntp26

Seringkali para ibu hamil akan mengurangi konsumsi makanan manis seperti es krim, karena alasan obesitas dan tumbuh janin yang menjadi besar. Padahal anggapan tersebut salah, bila dikonsumsi dengan jumlah secukupnya.

Menurut penelitian mengonsumsi es krim dapat menstimulasi thrombotonin, hormon yang meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres.

Tak hanya itu, es krim juga dapat mengurangi rasa mual terutama pada masa awal-awal kehamilan.

Oh ya, bila Mama masih khawatir dengan mengonsumsi es krim berat badan akan bertambah, Mama bisa pilih low-fat ice cream.

Selain itu, ibu hamil disarankan konsumsi es krim cukup 2 sampai 3 cangkir saja perminggu. Jangan lebih ya, Ma!

Editors' Picks

3. Cokelat

3. Cokelat
Pixabay/auenleben

Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Selain rasanya yang sangat lezat, ternyata cokelat banyak manfaatnya bagi ibu hamil.

Dengan mengonsumsi cokelat, ibu hamil akan terhindar preklamsia, gangguan kehamilan yang menyebabkan ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan dan beresiko untuk kesehatan ibu hamin dan calon bayi dalam janin. 

Selain itu, cokelat juga dapat menormalkan tekanan darah pada ibu hamil serta mengurangi resiko cacat pada janin.

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi cokelat pun akan menurunkan risiko stres pada janin dan ibu hamil.

4. Yoghurt

4. Yoghurt
Freepik/topntp

Beberapa mitos menyebutkan jika ibu hamil tidak diperbolehkan makan yoghurt, padahal banyak sekali lho manfaat yoghurt yang bisa didapatkan oleh ibu hamil maupun janin.

Produk fermentasi dari susu, baik susu sapi maupun susu kambing ini, memiliki manfaat antara lain sebagai sumber kalsium terbaik, melancarkan pencernaan, membantu perkembangan syarat bayi, serta meningkatkan asupan protein.

Yoghurt pun menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi camilan di siang hari, untuk melegakan dahaga dengan rasanya yang sedikit asam dan menyegarkan.

Lebih enak lagi, sebelum disantap Mama dapat  menyajikan yoghurt tersebut ditambah dengan ragam buah berries seperti blueberry atau stroberi.

Hmm, yumm!

5. Cream Soup

5. Cream Soup
Freepik/topntp

Bila ibu hamil kesulitan memilih asupan makanan yang pas ketika mual dan menurunnya nafsu makan di trimester awal, cream soup menjadi jawabannya.

Berbeda dari sup biasanya, cream soup memiliki tekstur lebih kental yang berasal dari kandungan pati dan krim yang mengandung lemak susu.

Semangkuk cream soup yang hangat ini, akan lebih mudah disantap oleh ibu hamil karena teksturnya yang kental dan sedikit berair.

Dengan mengonsumsi cream soup sebagai camilan di sore hari, Mama pun tidak akan merasa kenyang yang berlebihan. 

Selain itu rasanya yang lezat, sajian cream soup dapat mengurangi rasa mual ibu hamil lho.

Terlihat enak-enak ya, Ma? Sekarang Mama tak perlu pusing lagi memikirkan menu apa yang cocok untuk ibu hamil, karena Mama bisa mencoba ragam dairy product yang enak sekaligus menyehatkan ini. 

Topic: