Kabar Baik! POGI Berikan Rekomendasi Vaksin Covid-19 untuk Ibu Hamil

Mama sudah siap untuk mendapat vaksinasi?

25 Juni 2021

Kabar Baik POGI Berikan Rekomendasi Vaksin Covid-19 Ibu Hamil
Pixabay/fernandozhiminaicela

Indonesia kembali memasuki masa genting akibat kian meningkatnya kasus Covid-19. Hal ini tentu membuat Pemerintah kembali menggalakkan vaksinasi guna membentuk herd immunity.

Dilansir dari Satgas Covid-19 (Covid-19.go.id) terkait data vaksinasi Covid-19 di Indonesia, terhitung per Rabu (23/06), angka vaksinasi pertama di Indonesia bertambah 568.972. Dengan penambahan itu, total jumlah vaksinasi pertama sudah mencapai 24.358.856.

Banyaknya cakupan vaksinasi juga mulai dikembangkan kepada ibu hamil sebagai usaha dalam melindungi populasi ibu hamil yang lebih rentan. Kabar baiknya, kini Perkumpulan Obstetri Dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah merekomendasikan vaksin Covid-19 untuk ibu hamil lho!

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai POGI memberikan rekomendasi vaksin Covid-19 untuk ibu hamil, simak rangkuman dari Popmama.com berikut ini yuk, Ma.

Editors' Picks

1. Pertimbangan POGI terkait vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil

1. Pertimbangan POGI terkait vaksinasi Covid-19 ibu hamil
Freepik/pvproduction

Melalui unggahan pribadi miliknya, Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus edukator hoaks Covid-19, dr. RA Adaninggar Primadia Nariswari SpPD membagikan informasi terbaru terkait rekomendasi vaksinasi yang dikeluarkan POGI untuk ibu hamil.

Dalam unggahannya, dijelaskan bahwa POGI memberikan rekomendasi tersebut lantaran meningkatnya kasus ibu hamil yang terkonfirmasi Covid-19 di sejumlah kota besar di Indonesia sudah termasuk ke dalam keadaan yang berat.

Selain itu, POGI juga menimbang adanya varian Covid-19 baru yakni Delta yang juga menyebabkan populasi ibu hamil menjadi lebih rentan dan lebih cepat mengalami perburukan hingga kematian.

2. Rekomendasi POGI untuk vaksinasi ibu hamil

2. Rekomendasi POGI vaksinasi ibu hamil
Freepik

Berdasarkan pertimbangan yang telah disebutkan sebelumnya, POGI kemudian mengeluarkan beberapa rekomendasi dalam dalam surat tertulis. Di mana dalam uraian tersebut berisikan rekomendasi pemberian vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil.

Adapun beberapa isi rekomendasi POGI adalah sebagai berikut:

Meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 pada seluruh masyarakat Indonesia, terutama pada keluarga inti. Di mana salah satu anggota keluarganya sedang hamil.

Pemberian vaksinasi dipercepat dan diperluas, pada:

  • Ibu hamil dengan risiko tinggi, yaitu di atas 35 tahun, memiliki BMI di atas 40, dengan komorbid diabetes dan hipertensi.
  • Kelompok ibu hamil risiko tinggi terpapar, terutama tenaga kesehatan.
  • Pada ibu hamil dengan risiko rendah setelah mendapatkan penjelasan dari petugas kesehatan, dan bersedia atas pilihannya untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Penundaan kehamilan tidak disarankan pada ibu yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap, dan vaksinasi tidak berpengaruh pada fertilitas atau kesuburan.

Pada ibu yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 dan kemudian hamil, maka kehamilan dan vaksinasi dapat dilanjutkan dengan melaporkan pada pokja ISR PP POGI.

3. Jenis vaksin yang direkomendasikan

3. Jenis vaksin direkomendasikan
Freepik/almumtazza

Setelah menguraikannya, POGI juga memberikan rekomendasi jenis vaksin yang bisa diberikan pada ibu hamil di Indonesia, yakni vaksin Sinovac. 

Sebagaimana telah dinyatakan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO, bahwa ibu hamil dengan usia di atas 35 tahun, IMT yang tinggi, memiliki komorbid diabetes dan hipertensi, serta kelompok risiko tinggi terpapar Covid-19, maka direkomendasikan penggunaan vaksin Sinovac untuk ibu hamil tersebut.

Meski kini POGI sudah memberikan rekomendasi vaksinasi kepada ibu hamil, namun untuk pelaksanaan dan regulasinya akan tetap tergantung pada pemerintah.

Semoga informasi mengenai rekomendasi POGI untuk vaksin Covid-19 untuk ibu hamil ini menjadi harapan baru bagi Mama yang sedang hamil. Semoga vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil dapat segera dilaksanakan ya, Ma. Sehat selalu untuk Mama dan janin yang sedang dikandung!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.