Terjatuh Saat Hamil? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Sebaiknya jangan langsung panik ya, Ma

23 Januari 2019

Terjatuh Saat Hamil Ini Harus Kamu Lakukan
Freepik/dragana_gordic

Terjatuh hingga tersungkur adalah hal yang tidak bisa diduga. Kita bisa saja tiba-tiba mengalami hal ini bahkan hingga terluka.

Namun, bagaimana jika kamu yang sedang hamil terjatuh hingga tersungkur. Manusiawi jika kamu langsung panik dan memikirkan kondisi kehamilan kamu. Tapi, ini ternyata nggak baik lho buat kamu.

Lalu, apa yang perlu dilakukan ketika ibu hamil terjatuh? Cek di bawah ini, yuk Ma.

1. Kendalikan emosi kamu dengan baik dan jangan langsung panik

1. Kendalikan emosi kamu baik jangan langsung panik
sheknows.com

Saat terjatuh, sebaiknya jangan panik, stres, dan langsung merasa cemas ya karena ternyata perasaan ini justru yang akan membahayakan diri kamu dan bayi yang sedang tumbuh.

Saat terjatuh, kamu baiknya langsung terbangun dengan rasa tenang, normal, dan biasanya bukan menumbuhkan perasaan yang bisa menimbulkan kekhawatiran besar.

2. Hubungi dokter kamu

2. Hubungi dokter kamu
Freepik

Hal utama ketika kamu terjatuh dalam keadaan hamil, kamu sebaiknya langsung menghubungi OBGYN untuk mengetahui kondisi kamu.

Ceritakan secara detail kejadian kamu terjatuh dan apakah kamu mengalami keluhan setelah jatuh.

Editors' Picks

3. Perhatikan apakah terjadi perdarahan saat terjatuh

3. Perhatikan apakah terjadi perdarahan saat terjatuh
Freepik

Jika kamu jatuh ketika sedang hamil, kantung ketuban yang mengandung cairan akan bertindak sebagai penghalang yang bisa melindungi janin.

Janin bisa terluka jika saat jatuh, kamu mengalami banyak perdarahan. Jika ini terjadi, maka kamu harus segera dilarikan ke Unit Gawat Darurat untuk mendapakan penanganan yang lebih pasti.

Saat kamu terjatuh terkadang dokter akan memeriksa tanda vital Mama dan bayi untuk memastikan tingkat stres tidak terlalu tinggi. Dalam kasus yang lebih parah lainnya, dokter dapat memeriksa untuk melihat apakah ada pecah atau pemisahan plasenta dari lapisan rahim.

Cara Menghidari Terjatuh Saat Hamil

Cara Menghidari Terjatuh Saat Hamil
Pexels/Zun Zun

Meski sulit dihindari, kamu dapat meminimalisir hal tersebut terjadi. Besgini caranya:

1. Amankan rumah kamu

Saat hamil, sebaiknya kamu perlu menjaga keamanan rumah dan tempat yang akan sering kamu lalui.

Kamu dapat menghilangkan bahaya dari pandangan seperti kabel listrik dan karpet (jika karpet tidak terbuka, lepaskan atau selotip ganda di bawahnya). Letakkan pencahayaan tambahan di area yang gelap. Di kamar mandi, gunakan keset kamar mandi di bak mandi dan jaga lantai tetap kering.

2. Selalu waspada dengan lingkungan

Seekor hewan peliharaan berlari di jalan, retakan di trotoar di luar, lantai licin, lubang, dan banyak hal yang akan kamu temui di jalan yang bisa membuat kamu terjatuh.

Perhatikan langkah dengan hati-hati selama hujandan tahan keinginan untuk menelepon atau texting sambil berjalan. Jangan lupa selalu berpegangan ketika naik-turun tangga ya.

3. Pilih sepatu yang nyaman

Saat hamil, bukan satnya kamu menggunakan sepatu tinggi. Pilihan terbaik untuk kehamilan adalah sepatu kets atau flat.

Ukur kaki untuk memastikan kamu mengenakan ukuran yang benar. Sepatu sebelum hamil mungkin saja bisaterlalu kecil, yang meningkatkan risiko tersandung. Jadi pilih yang pas.

4. Cegah pusing

Ibu hamil lebih rentan mengalami dehidrasi dan kepanasan, gula darah juga bisa turun jika kamu tidak makan cukup. Kenakan pakaian longgar dan berwarna terang; minum air yang cukup; dan makan makanan kecil dan cemilan sepanjang hari.

Terkadang pusing bisa menyerang karena tekanan darah rendah. Begitu rahim membesar, ia dapat menekan beberapa pembuluh darah utama, dan kamu bisa pusing jika berdiri terlalu cepat. Ubah posisi secara perlahan untuk memberi tubuh kamu kesempatan untuk menyesuaikan diri.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghindari terjatuh saat hamil muda. So, Ma lebih hati-hati dalam melangkah ya, karena saat hamil kamu sedang menumbuhkan buah cinta dalam tubuhmu.

Topic: