Manfaat Mengunyah Es Batu Ketika Hamil

Mama pernah tiba-tiba mengidam mengunyah es batu saat hamil?

11 Juni 2018

Manfaat Mengunyah Es Batu Ketika Hamil
enkimd.com

Saat hamil, mengidam menjadi hal yang lumrah dirasakan oleh ibu hamil. Ada yang mengidam makanan pedas atau makanan manis.

Tapi, nggak jarang ada saja ibu hamil yang ingin sekali menikmati minuman dengan es batu. Bukan hanya itu saja, ada saja ibu hamil yang ingin mengunyah es batu tanpa dicampurkan dengan minuman.

Sebenarnya apakah ada fungsinya mengunyah es batu saat hamil?

1. Es membantu meredakan mual di pagi hari

1. Es membantu meredakan mual pagi hari
tasogs.com

Saat hamil, sebagian Mama merasakan morning sickness. Morning sickness bisa datang kapan saja atau bahkan tetap ada sepanjang hari.

Gejala-gejala termasuk mual, muntah, pusing dan banyak lagi. Semua ini adalah efek samping yang tidak menyenangkan dari kehamilan.

Asupan es batu bisa menjadi salah satu yang bisa membuat Mama merasa lebih baik menghadapi morning sickness.

Belum ada penelitian khusus mengapa es batu bisa meringankan morning sickness, namun fakta bahwa es itu nggak berbau dan nggak memiliki rasa bisa ada hubungannya dengan itu.

2. Membantu meredakan mulas

2. Membantu meredakan mulas
autoimuncare.com

Hormon progesteron dilepaskan dalam jumlah banyak selama kehamilan. Ini bertanggung jawab untuk relaksasi otot-otot rahim dan plasenta.

Salah satu efek samping dari hormon progesteron adalah melemaskan otot-otot sfingter lambung yang membantu menjaga makanan dan asam lambung.

Dengan otot-otot sfingter yang rileks, asam-asam lambung dapat keluar dan menyebabkan sakit maag. 

Mengunyah es dapat juga membantu mendinginkan perut dan juga dapat meredakan heartburn.

3. Es batu membantu menghindari rasa panas

3. Es batu membantu menghindari rasa panas
wikimedia.org

Ibu hamil dihadapkan dengan peningkatan volume darah yang membuat tubuh menjadi lebih panas dari biasanya.

Hal ini dapat membuat ibu hamil merasa sangat panas saat hamil. Mengunyah es batu dapat menurunkan suhu tubuh tersebut. Tapi sebaiknya, jangan lakukan ini saat kehamilan trimester tiga akhir.

Es dan air yang dinginkan juga minuman yang enak. Ingatlah untuk tidak mengonsumsi es dengan minuman bersoda atau bergula, karena minuman ini nggak baik untuk kamu atau janin.

Editors' Picks

4. Membantu memberitahu bahwa tubuh sedang kekurangan zat besi

4. Membantu memberitahu bahwa tubuh sedang kekurangan zat besi
livestrongcdn.com

Kemungkinan ibu hamil sangat mengidam es ketika mereka menderita anemia atau dengan kata lain kekurangan zat besi.

Ini adalah masalah serius, karena zat besi penting untuk pertumbuhan janin yang sehat di dalam rahim. Cara terbaik adalah menguji diri sendiri untuk defisiensi zat besi sesegera mungkin.

5. Mengunyah es dapat membantu mengalahkan stres

5. Mengunyah es dapat membantu mengalahkan stres
pulseheadlines.com

Saat hamil, kamu berhadapan langsung dengan stres dan kecemasan berbagai jenis. Makan es dapat membantu kamu untuk mengalahkan stres dengan mendinginkan diri kamu, menenangkan.

Es bekerja dengan cara yang sama, seperti mengunyah makanan membantu mengalahkan stres, tetapi itu tidak melibatkan kalori ekstra.

6. Es batu membuat kamu terhidrasi

6. Es batu membuat kamu terhidrasi
rover.com

Minum banyak air dan tetap terhidrasi adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat hamil.

Tetapi jika kebanyakan minum, kita jadi harus sering bolak balik ke toilet. Mengunyah es mungkin akan menghemat perjalanan ke kamar mandi, kamu juga bisa mendapatkan banyak asupan air dari es batu yang mencair kan.

Itulah manfaat yang dapat kamu rasakan ketika mengonsumsi es batu ketika hamil. Meski mengetahui manfaatnya, sebaiknya jangan terlalu banyak mengunyah es batu ya.

Konsumsi secukupnya saja. Konsultasikan kepada doktermu untuk mengetahui berapa banyak es batu yang kamu bisa konsumsi ketika hamil.