Apakah Ibu Hamil Boleh Mengunyah Permen Karet?

Ketahui juga dampaknya pada tubuh jika kebanyakan mengunyah permen karet

20 April 2019

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengunyah Permen Karet
Freepik.com

Bagi banyak orang, mengunyah permen karet adalah kebiasaan yang tidak bisa mereka lepaskan.

Bagi yang lain, ini adalah cara mudah untuk menghabiskan waktu. Untuk ibu hamil, mengunyah permen karet jadi cara untuk kurangi mual karena rasa dan aromanya bisa membantu mengurangi mual di pagi hari.

Tapi ingatlah, permen karet bukanlah makanan alami. Ini dibuat secara buatan, oleh karena itu penting untuk mengetahui seberapa aman atau tidak amannya terus menerus menjadikannya sebagai obat anti morning sickness. 

Yuk, sebelum membahayakan janin karena mengunyah permen karet terlalu banyak, ada baiknya simak informasi berikut ini. 

Bolehkah Ibu Hamil Mengunyah Permen Karet?

Bolehkah Ibu Hamil Mengunyah Permen Karet
Freepik/Asierromero

Mengunyah permen karet sesekali pada umumnya aman, selama kehamilan Mama belum memiliki komplikasi atau kemungkinan persalinan berisiko.

Jika Mama menjalankan diet tertentu untuk tujuan menjaga agar kalori di bawah kontrol atau kadar gula minimum, jumlah permen karet mungkin harus dikurangi jumlahnya ya. 

Permen karet diproduksi secara artifisial, yang membuatnya jelas mengandung bahan kimia dan bahan sintetis untuk membentuk strukturnya.

Variasi rasa dibuat secara artifisial, warnanya juga buatan, dan unsur utama untuk rasa berasal dari zat pemanis kimia atau bisa dari sirup jagung.

Dari berbagai bahannya, jelas Ini tidak cocok untuk ibu hamil, tetapi permen karet sesekali tampaknya tidak menyebabkan banyak bahaya.

Editors' Picks

Manfaat yang Dirasakan Ibu Hamil Saat Mengunyah Permen Karet

Manfaat Dirasakan Ibu Hamil Saat Mengunyah Permen Karet
livestrong.com

Ibu hamil bisa mendapatkan manfaat berikut dari mengunyah permen karet: 

Bagus untuk mengendalikan mengidam

Jika Mama melakukan diet untuk mengendalikan berat badan, mengunyah permen karet adalah cara yang bagus untuk mengendalikan keinginan mengidam makanan.

Tindakan sederhana mengunyah sesuatu dapat menipu tubuh untuk merasa bahwa asupan makanan sedang berlangsung dan mengurangi mengidam untuk beberapa waktu.

- Mengurangi mual saat hamil

Mual di pagi hari atau di malam hari cukup konstan saat hamil. Mungkin ada sejumlah teknik mulai dari bernapas dalam-dalam hingga mencium wewangian yang bisa mengurangi mual.

Permen karet bagaimanapun, mengandung Stevia yang secara langsung terkait dengan mengurangi perasaan sakit. Dikombinasikan dengan tindakan mengunyah, tubuh Mama dapat menemukan sedikit kelegaan dan kembali ke keadaan normal, lebih jauh terbantu oleh rasa dan aroma permen karet. Ibu hamil terus mengalami kejadian mulas berulang setelah makan. Dengan mengunyah permen karet, produksi air liur di mulut meningkat, yang masuk ke lambung dan membantu dalam melawan sisa asam lambung.

Efek Berbahaya dari Mengunyah Permen Karet Selama Kehamilan

Efek Berbahaya dari Mengunyah Permen Karet Selama Kehamilan
Freepik/asier_relampagoestudio

Meskipun ada manfaatnya, mengunyah permen karet selama kehamilan juga memiliki peringatan sendiri. Apa saja? 

Masalah kerusakan gigi

Permen karet dengan berbagai rasa dibuat secara artifisial dapat secara langsung menjadi penyebab masalah gigi dan dapat menyebabkan iritasi yang cukup besar selama kehamilan.

Bitbit adalah pemanis yang banyak digunakan pada permen karet yang juga menjadi penyebabpinflasi usus.

Kadang-kadang, ini dapat mempengaruhi janin dan menyebabkan pembatasan dalam pertumbuhan normal.

Bisa menyebabkan diabetes

Permen karet tertentu juga mengandung sucralose yang menyebabkan efek berbahaya berkaitan dengan diabetes.

Melemahkan otot tulang mulut

Tindakan mengunyah yang terlalu sering dapat melemahkan otot-otot tulang rawan mulut yang berguna melindungi rahang dari dampak apa pun. Jika mereka rusak, akan ada rasa sakit pada mulut.

Bahaya bagi janin

Pada ibu hamil yang mengalami fenilketonuria, zat kimia aspartam yang ada di permen karet dapat secara langsung memengaruhi janin dan membawa lebih banyak bahaya.

Permen karet dengan kandungan nikotin sangat bahaya bagi janin

Bagi ibu hamil yang menggunakan permen karet dengan kandungan nikotin sebagai alternatif untuk berhenti merokok untuk keuntungan bayi, perlu diketahui bahwa nikotin juga bukan pilihan yang sehat.

Nikotin adalah adiktif inti dan jika mencapai darah janin dapat menyebabkan masalah kardiologis di kemudian hari.

Itulah beberapa hal terkait mengunyah permen karet selama masa kehamilan. Jik ingin mengunyah permen karet, pilih permen karet dengan rasa mint atau mentol dibandingkan rasa manis.

Saat setelah mengunyah, pastikan membuangnya tanpa meninggalkan sedikitpun permen karet di mulut. Untuk memeriksanya, kumur-kumur dengan air dan membuang air kumuran. 

Jangan makan permen karet pada trimester akhir untuk memastikan kandungan gula dan kimia tak masuk ke darah janin. 

Ya, Ma jika benar-benar mual tak terkendali saat trimester pertama permen karet jadi solusi, tapi kunyah dalam jumlah yang sedikit saja ya agar tubuh Mama dan janin tetap sehat selalu. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!