11 Tanda Awal Kehamilan yang Perlu Mama Ketahui

Ini sejumlah tanda yang Mama rasakan di awal kehamilan

14 Desember 2021

11 Tanda Awal Kehamilan Perlu Mama Ketahui
Freepik/yanalya

Sebagian besar perempuan mungkin mengalami tanda awal kehamilan yang berbeda-beda.

Ada perempuan yang sangat merasakan tanda-tanda kehamilannya, namun ada pula yang sama sekali tidak merasakan tanda-tanda hamil.

Ya, Ma, apa yang dialami perempuan ketika hamil mungkin memang tidak dialami oleh perempuan hamil lainnya. 

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mengenali tanda-tanda hamil agar kehamilan lebih cepat diketahui. 

Berikut Popmama.com rangkum tanda awal kehamilan untuk Mama. Yuk, kita simak bersama!

1. Payudara dan puting susu terasa nyeri

1. Payudara puting susu terasa nyeri
unsplash.com

Mama tentu sudah akrab dengan rasa sakit dan nyeri pada payudara sebelum menstruasi, tetapi itu bukan apa-apa dibandingkan dengan perih setelah kehamilan.

Payudara yang terasa perih, penuh, bengkak, kesemutan, bahkan nyeri ketika disentuh merupakan beberapa tanda awal yang disadari banyak perempuan setelah sel sperma bertemu dengan sel telur.

Rasa nyeri semacam itu dapat muncul beberapa hari atau beberapa minggu setelah kehamilan. Seiring dengan berlanjutnya kehamilan, rasa nyeri itu akan semakin kentara sehingga lambat laun Mama pasti akan merasakannya.

2. Areola berubah menjadi gelap

2. Areola berubah menjadi gelap
Unsplash/Annie Spratt

Areola atau lingkaran di sekeliling puting susu payudara mama mungkin berubah warna. Warna areola terkadang menjadi lebih gelap selama kehamilan dan mungkin pula mengalami pelebaran beberapa minggu setelah kehamilan.

3. Kelenjar areola mulai membesar

3. Kelenjar areola mulai membesar
Pixabay/Foundry

Pada tahap awal kehamilan, Mama akan mengamati pembesaran bintik-bintik kecil pada areola. 

Mungkin Mama tidak pernah menyadari keberadaan bintik-bintik itu sebelumnya. Bentuknya mirip dengan bintik-bintik yang muncul pada sulit saat Mama merinding, tetapi sebenarnya itu adalah kelenjar yang menghasilkan minyak untuk melumasi puting susu dan areola, Ma.

Mengapa perlu pelumas di area tersebut? Untuk mengurangi risiko lecet pada puting susu saat bayi mama mengisapnya kelak. 

4. Muncul bercak darah

4. Muncul bercak darah
Pexels/cottonbro

Beberapa perempuan melihat adanya bercak darah ketika embrio melekat pada rahim, Ma. Perdarahan tersebut muncul lebih awal daripada siklus bulanan mama.

Biasanya sekitar 5-10 hari setelah kehamilan dan biasanya berwarna merah muda. Jarang berwarna merah seperti bercak-bercak yang muncul ketika menstruasi.

Editors' Picks

5. Sering buang air kecil

5. Sering buang air kecil
Freepik/jcomp

Pada awal kehamilan, biasanya sekitar 2-3 minggu setelah kehamilan, keinginan untuk buang air kecil meningkat tajam, Ma. 

Apa yang menyebabkan Mama lebih sering ingin buang air kecil?

Pertama, hormon tubuh mama memicu aliran air seni. Kedua, tubuh mama harus membuang limbah dari sistem peredaran darah mama dan sistem peredarah darah bayi mama, dan ketiga rahim yang mulai membesar kini mendesak kandung kemih mama.

Kondisi ini akan berkurang setelah rahim naik ke dalam rongga perut pada trimester kedua, dan biasanya kembali meningkat pada trimester ketiga atau ketika kepala bayi turun ke dalam pinggul pada bulan kesembilan. 

6. Mudah merasa lelah pada awal kehamilan

6. Mudah merasa lelah awal kehamilan

Apakah belakangan ini Mama sering merasa kelelahan dari biasanya? Jika iya, hal tersebut bisa saja merupakan salah satu tanda awal kehamilan.

Ya, Mama akan merasa sangat lelah pada awal kehamilan. Tenaga mama rasanya benar-benar terkuras.

Gejala ini dapat berlanjut terutama pada trimester pertama kehamilan. Umumnya hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron.

7. Merasa mual setiap saat dan ingin muntah

7. Merasa mual setiap saat ingin muntah
Americanpregnancy.org

Tanda awal kehamilan selanjutnya adalah merasa mual dan ingin muntah, Ma. Umumnya, kondisi ini muncul pada usia kehamilan 6 minggu, tetapi bisa juga muncul lebih awal. 

Tidak ada yang tahu dengan pasti penyebab mual dan muntah ini, tetapi beberapa ada teori, di antaranya menyebutkan bahwa penyebabnya adalah peningkatan kadar hCG dalam darah pada trimester pertama.

Kemduain disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen, refluks gastroesofagus, relaksasi realtif jaringan ringan otot saluran pencernaan dan peningkatan kepekaan indera penciuman perempuan hamil.

8. Peka terhadap bebauan

8. Peka terhadap bebauan
Freepik/bearfotos

Pada awal kehamilan, Mama juga akan sangat peka terhadap bebauan. Hal ini dikarenakan hormon saat hamil membuat indera penciuman Mama menjadi lebih sensitif dari biasanya. 

9. Peningkatan suhu tubuh basal

9. Peningkatan suhu tubuh basal
benesseregreen.com

Jika Mama terus terus mengamati suhu tubuh pertama mama pada pagi hari menggunakan termometer khusus untuk pengukuran suhu tubuh basal, Mama akan mengamati bahwa suhu tubuh basal mama meningkat sekitar 0,5 derajat Celcius ketika Mama hamil dan tetap pada kisaran itu hingga Mama melahirkan.

10. Sembelit

10. Sembelit
Freepik/jcomp

Sembelit bisa terjadi di awal kehamilan, Ma. Sembelit atau konsitipasi merupakan gangguan pada saluran pencernaan yang memengaruhi proses pembuangan kotoran. 

Untuk mengatasinya, Mama bisa mengonsumi buah atau sayuran yang kaya akan serat. Mama juga perlu cukup mengonsumsi air putih setiap harinya. Konsultasikan ke dokter jika sembelit yang Mama alami sudah sangat mengkhawatirkan.

11. Berat badan meningkat

11. Berat badan meningkat
Pexels/Pixabay

Berat badan mama mungkin akan bertambah hingga 4 Kg di awal kehamilan, dan akan meningkat di beberapa bulan selanjutnya.

Kebutuhan kalori yang bertambah akan membuat nafsu makan mama juga meningkat. Jadi, jangan heran jika berat timbangan mama naik ya! 

Jika Mama mengalami sebagian dari tanda awal kehamilan di atas, sebaiknya segera melakukan tes kehamilan dengan alat tes kehamilan. Setelah itu konsultasikan ke dokter kandungan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk