Ketahui, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Berminyak saat Hamil

Apakah wajah mama cenderung berminyak saat hamil?

18 November 2020

Ketahui, Ini Penyebab Cara Mengatasi Wajah Berminyak saat Hamil
theshonet.com

Mama umumnya mengalami banyak perubahan pada tubuh saat hamil, mulai dari tubuh yang semakin gemuk hingga perubahan pada wajah. Perubahan kondisi kulit wajah bisa terlihat dari kulit yang berjerawat dan kulit berminyak.

Apa penyebab wajah berminyak saat hamil? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut rangkuman dari Popmama.com tentang penyebab dan cara mengatasi wajah berminyak saat hamil. 

Editors' Picks

Wajah Berminyak akibat Pembuluh Darah Melebar saat Hamil

Wajah Berminyak akibat Pembuluh Darah Melebar saat Hamil
Freepik

Sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa 50 persen ibu hamil mengalami peningkatan sirkulasi darah sehingga pembuluh darah melebar. Pelebaran pembuluh darah itu juga terjadi pada pori-pori kulit. 

Kondisi itu membuat kelenjar-kelenjar minyak di kulit bekerja lebih ekstra dan memproduksi lebih banyak minyak. Itulah yang menyebabkan wajah berminyak saat hamil.

Tak hanya itu, peningkatan kadar hormon androgen yang terjadi juga bisa menjadi pemicu wajah berminyak saat hamil.

Wajah Berminyak Mudah Berjerawat

Wajah Berminyak Mudah Berjerawat
Pixabay/SharonMcCutcheon

Kondisi tidak berhenti sampai wajah berminyak saja. Ketika wajah berminyak tak segera diatasi, maka wajah cenderung mudah berjerawat.

Meskipun wajah berjerawat, Mama sebaiknya tetap hati-hati saat memilih obat jerawat. Pasalnya, ada obat jerawat yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi janin dalam kandungan. Mama bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu atau menggunakan bahan-bahan alami guna menyembuhkan jerawat.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak saat Hamil

Cara Mengatasi Wajah Berminyak saat Hamil
gorgeousingrey.com

Cara mengatasi kulit berminyak saat hamil yang paling aman adalah menjaga kebersihan dengan mencuci wajah dua sampai tiga kali sehari. Membersihkan wajah bisa membantu menghilangkan sebum. Mama sebaiknya menggunakan air hangat dan pembersih bebas alkohol untuk membersihkan wajah selama hamil. 

Cara lainnya adalah menjaga pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Hindari konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh. 

Terakhir, jangan lupa untuk lebih banyak minum air putih. Air putih bisa melancarkan sistem pencernaan sehingga racun dalam tubuh bisa keluar, termasuk racun atau bakteri yang menyebabkan kulit berminyak. 

Itulah penyebab dan cara mengatasi kulit berminyak saat hamil. Wajah berminyak saat hamil merupakan kondisi yang normal. Jangan ceroboh dalam menggunakan obat untuk mengatasi wajah berminyak ya, Ma. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan apapun selama masa kehamilan. 

Baca juga 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.