Penting! Begini Aturan Makan Sehat bagi Penderita Diabetes Gestasional

Memilih jenis makanan dan porsi makan harus diatur lagi, Ma!

16 Desember 2019

Penting Begini Aturan Makan Sehat bagi Penderita Diabetes Gestasional
Freepik/bristekjegor

Diabetes gestasional merupakan penyakit diabetes yang diderita perempuan selama periode kehamilan, Ma.

Penyebabnya ialah perubahan hormon serta gula darah dalam tubuh ibu hamil. Karena itu, jika ibu hamil tidak cermat dalam mengonsumsi makanan, maka ia akan rentan terserang diabetes gestasional, Ma.

Bagi ibu hamil yang pernah terserang diabetes gestasional cenderung di kemudian hari bisa mengalami diabetes tipe 2, Ma.

Nah, di situlah pentingnya Mama mengatur pola makan, termasuk kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan, apakah sudah tepat atau belum. Diabetes ini bisa muncul di trimester ketiga kehamilan, Ma.

Seperti dikutip dari bundoo.com, ketika Mama mengalami diabetes gestasional, maka membuat sajian makanan yang sehat merupakan salah satu cara terbaik mengelola glukosa dalam darah sembari memberikan nutrisi yang cukup untuk Mama dan bayi yang sedang tumbuh.

Dalam mengantur porsi dan nutrisi makanan, bukan berarti Mama sedang menjalani program diet atau semacamnya. Pasalnya, Mama tidak harus melakukan diet pada saat hamil.

Mama hanya hanya perlu memiliki manajemen diabetes dengan mengontrol total karbohidrat, porsi makanan, protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, Ma. Lalu seperti apa sih manajemen diabetes yang tepat untuk ibu hamil, yuk simak rangkuman Popmama.com berikut ini.

1. Menghitung jumlah asupan karbohidrat

1. Menghitung jumlah asupan karbohidrat
Pixabay/PublicDomainImages

Ketika Mama menderita diabetes gestasional dan berobat ke dokter, maka akan diperlihatkan bagaimana cara menghitung asupan karbohidrat yang dikonsumsi.

Karbohidrat biasanya terdapat di berbagai makanan, di antaranya roti, sereal, pasta, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu, termasuk juga permen, makanan penutup, dan minuman manis.

Karena itu, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat seperti jenis makanan yang telah disebut di atas bisa menyebabkan glukosa darah naik dari target yang seharusnya, Ma.

Dengan demikian, penting sekali mengetahui berapa banyak karbohidrat dalam makanan dan minuman yang Mama konsumsi.

Untuk lebih mendalami hal itu, Mama bisa berdiskusi dengan dokter yang menangani diabetes Mama tentang berapa banyak karbohidrat yang disarankan ketika hendak makan.

Editors' Picks

2. Karbohidrat yang sehat untuk tubuh

2. Karbohidrat sehat tubuh
Pixabay/FotoshopTofs

Pilihan karbohidrat yang sehat dan aman untuk ibu hamil bisa diperoleh dari gandum, sayuran, dan buah-buahan, Ma.

Makanan-makanan ini mengandung serat yang tinggi serta nutrisi yang penting untuk ibu hamil, Ma.

Di saat mengonsumsi karbohidrat yang sehat ini, ibu hamil tak diperbolehkan menaikkan glukosa darah terlalu cepat karena dianjurkan bisa memilah jumlah karbohidrat yang dimakan, Ma.

3. Keseimbangan kebutuhan nutrisi

3. Keseimbangan kebutuhan nutrisi
Pixabay/ASSY

Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional sudah seharusnya memahami keseimbangan kebutuhan nutrisi setiap kali hendak makan, Ma.

Jika Mama sering memilih makanan yang tinggi gula atau makanan dalam porsi yang besar, kemungkinan besar bisa mengganggu selera makan, termasuk juga gagal dalam mengatur keseimbangan kebutuhan nutrisi dan target capaian berat badan.

4. Ukuran porsi makan

4. Ukuran porsi makan
Pexels/mastercowley

Ibu hamil juga penting mempelajari ukuran porsi makan yang pas agar bisa mengontrol glukosa dalam darah. Termasuk pula protein yang terdapat dalam dada ayam tanpa kulit, selai kacang atau keju, dan camilan.

Soalnya, kalau porsi makan ibu hamil tepat, hal ini bisa membantu merasa lebih kenyang dan memberikan bayi semua kebutuhan zat makanan yang dibutuhkan tubuhnya, Ma.

5. Perhatikan nutrisi untuk bayi

5. Perhatikan nutrisi bayi
Pixabay/RitaE

Saat Mama hamil dan bisa membuat pilihan makanan, ingatlah bahwa Mama sedang memberi makanan bayi dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Itu sebabnya, ketika Mama memiliki diabetes gestasional, jadikan pilihan makanan sehat ini dengan mempertimbangkan karbohidrat dan ukuran porsi makan Mama.

Jika ibu hamil bisa melakukan manajemen diabetes dengan mengontrol asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, maka bukan saja ia yang mendapatkan kesehatan, tetapi juga si Kecil yang ada di dalam kandungan!

Baca juga: Pola Makan dan Pengobatan Ibu Hamil dengan Diabetes Gestasional

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.