Bentuk Kantung Janin yang Keluar saat Keguguran Sesuai Usia Kehamilan

Keberadaan kantung janin merupakan indikasi pertama kehamilan

3 April 2024

Bentuk Kantung Janin Keluar saat Keguguran Sesuai Usia Kehamilan
Freepik/rawpixel.com

Keguguran merupakan suatu kejadian menyedihkan bagi seorang ibu hamil. Kondisi tersebut dapat memberikan dampak fisik dan emosional bagi Mama yang mengalaminya. 

Ketika ibu hamil mengalami keguguran, kemungkinan akan keluar jaringan yang mirip dengan janin atau menyerupai bayi bergantung pada usia kehamilan. Dalam beberapa kasus, keguguran tidak membuat seorang ibu hamil mengalami gejala apa pun.

Sehingga, hanya terdeteksi saat pemeriksaan USG. Bisa jadi ilmu baru bagi Mama, berikut Popmama.com siap membahas bentuk kantung janin yang keluar saat keguguran

Bentuk Kantung Janin yang Keluar saat Keguguran

Bentuk Kantung Janin Keluar saat Keguguran
Freepik/pch.vector

Saat keguguran, bentuk kantung janin yang keluar dapat bervariasi tergantung pada usia kehamilan. Berikut penjelasan selengkapnya: 

  • Kantung Janin 6 Minggu

Ketika mengalami keguguran di usia ini, kemungkinan Mama hanya akan melihat gumpalan darah disertai kantung kecil berisi cairan. 

Untuk bentuk kantung janin yang keluar saat keguguran pada usia ini, mungkin Moms hanya melihat gumpalan darah dengan kantung kecil berisi cairan. 

Embrio memiliki ukuran sangat kecil, seukuran jari kelingking. Plasenta kemungkinan bisa terlihat di dalam kantung dan Mama juga bisa melihat tali pusar. 

  • Kantung Janin 8 Minggu

Pada usia kehamilan delapan minggu, jaringan yang keluar bisa terlihat merah tua dan mengkilat menyerupai hati. Bentuk kantung janin yang keluar ketika saat keguguran kemungkinan berisi embrio seukuran kacang. Pada usia ini, embrio sudah memiliki mata, lengan, dan kaki. 

  • Kantung Janin 10 Minggu

Pada usia kehamilan ini, kantung janin yang keluar terlihat seperti gumpalan berwarna merah tua dan menyerupai jeli. 

Kantung janin yang keluar pun akan berada di dalam salah satu gumpalan. Ketika fase ini, bayi yang sedang berkembang biasanya sudah terbentuk sempurna namun masih kecil dan sulit dilihat. 

  • Kantung Janin 12-16 Minggu

Keguguran di usia ini kemungkinan diawali dengan keluarnya air dari vagina. Kemudian, diikuti pendarahan dan gumpalan. Janin memang sudah terbentuk sempurna, namun masih berukuran kecil. 

  • Kantung Janin 16-20 Minggu

Keguguran di usia kehamilan ini sering disebut dengan istilah ‘keguguran akhir’. Hal tersebut membuat Mama mengeluarkan gumpalan merah besar mengkilap yang tampak seperti hati. 

Potongan jaringan lain tampak seperti membran. Ketika mengalaminya, Mama akan merasa sakit seolah sedang melakukan persalinan dan membutuhkan penghilang rasa sakit. Saat usia ini, bayi sudah sepenuhnya terbentuk dan muat di telapak tangan. 

Editors' Pick

Sebenarnya Apa Itu Kantung Janin?

Sebenar Apa Itu Kantung Janin
Freepik/freepik

Kantung janin adalah struktur berisi cairan yang mengelilingi embrio pada tahap awal kehamilan. Keberadaan kantung janin merupakan indikasi pertama kehamilan yang bisa terdeteksi, bahkan sebelum embrio terlihat. 

Biasanya, kantung kehamilan terdeteksi melalui USG transvaginal antara 4,5 hingga 5 minggu kehamilan, tepatnya ketika berukuran sekitar 2-3 mm.

Alasan Kantung Janin Penting di Awal Kehamilan

Alasan Kantung Janin Penting Awal Kehamilan
Freepik/freepik

Ketika melakukan janji USG untuk memverifikasi kehamilan, dokter obgyn akan menilai penampilan kantung kehamilan. 

Selama janji USG untuk memverifikasi kehamilan, dokter kandungan mungkin akan menilai visibilitas dan penampilan kantung kehamilan.

Informasi mengenai kehadiran atau ketiadaan kantung kehamilan sangat penting untuk menilai kesehatan kehamilan serta memperkirakan usia kehamilan. 

Kehamilan awal yang berkembang normal akan menampilkan tiga struktur penting pada waktu USG berbeda, termasuk: 

  • Kantung kehamilan: Terlihat sekitar usia kehamilan 4,5-5 minggu, mengelilingi, dan berisi kutub janin serta kantung kuning telur. 
  • Kantung kuning telur: Terlihat sekitar usia kehamilan 5,5 minggu dan memiliki fungsi memberikan nutrisi pada embrio yang tengah berkembang.
  • Tiang janin: Terlihat sekitar usia kehamilan 6 minggu dan merupakan embrio yang sedang berkembang.

Tampilan Kantung Janin yang Normal

Tampilan Kantung Janin Normal
Freepik/serhii_bobyk

Kantung kehamilan yang sehat bisa terlihat pada USG dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuknya tampak seperti bola gelap dikelilingi oleh cincin putih tipis dan biasanya berbentuk bulat atau elips.
  • Lokasi kantung kehamilan ada dii bagian atas rahim, yang dikenal sebagai fundus.
  • Tanda intra decidual yang menunjukkan kehamilan, biasanya terlihat sebelum minggu ke-5.
  • Tanda kantung desidua ganda atau munculnya dua ‘gelembung’ kecil, umunya baru terlihat setelah minggu ke-5. 
  • Kehadiran kantung kuning telur yang muncul sekitar minggu ke-5 hingga ke-6 merupakan penanda bahwa kehamilan berkembang di tempat yang tepat di dalam rahim. 

Itu dia informasi seputar bentuk kantung janin yang keluar saat keguguran. Semoga bisa jadi ilmu baru, ya, Ma!

Baca juga: 

The Latest