Hamil Anak Kedua, Ini 5 Makanan Sehat Andien Sejak Sebulan yang Lalu

Bisa menjadi referensi bagi Mama yang juga sedang mengandung, lho!

20 Januari 2020

Hamil Anak Kedua, Ini 5 Makanan Sehat Andien Sejak Sebulan Lalu
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Kehamilan adalah masa yang sangat penting untuk selalu dijaga serta diperhatikan, terlebih lagi pada usia kandungan yang masih muda.

Mengingat bahwa pusat makanan janin adalah makanan yang Mama konsumsi, maka penting bagi ibu hamil untuk memerhatikan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan apa yang harus dihindari.

Selain mengonsumsi susu hamil, Mama juga harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, asam folat, dan kandungan baik lainnya.

Hal tersebut juga dilakukan oleh penyanyi Jazz yang baru saja merilis buku, Andien Aisyah. Pada Minggu (19/01/2020) kemarin, Andien mengumumkan kabar bahagia kepada publik bahwa dirinya kini tengah hamil anak kedua.

Mengetahui hal tersebut, Popmama.com pun merangkum beberapa makanan sehat dan lezat yang dikonsumsi Andien sejak satu bulan yang lalu. 

Bisa menjadi inspirasi menu harian Mama juga, lho!

1. Sarapan sehat dan lezat a la Andien

1. Sarapan sehat lezat a la Andien
Instagram.com/andienaisyah

Menu makanan pertama Andien adalah gluten free biscuit dan vegan brie cheese. Makanan yang satu ini menjadi menu sarapan favoritnya setiap pagi.

Dilansir dari laman jeffsanders.com, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan bebas gluten.

Diantaranya adalah:

  • Memperbaiki kadar kolesterol
  • Menyehatkan pencernaan
  • Meningkatkan energi
  • Meluruhkan makanan tidak sehat yang sebelumnya dikonsumsi 
  • Mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes
  • Membantu menangkal virus dan kuman
  • Membuat berat badan menjadi ideal

Beberapa manfaat di atas diketahui sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Namun, sebaiknya jangan konsumsi makanan bebas gluten terlalu sering.

Agar lebih seimbang, konsumsi juga makanan lain seperti buah-buahan dan sayur untuk sarapan.

Editors' Picks

2. Salad semangka untuk ibu hamil

2. Salad semangka ibu hamil
Instagram.com/andienaisyah

Jika salad biasanya identik dengan beberapa campuran sayur atau buah, namun Andien punya cari lain menikmati saladnya.

Tiga minggu yang lalu pada Instagram Storynya, Andien diketahui tengah mengonsumsi salad semangka lezat.

Menurut laman Mom Junction, ada beberapa manfaat baik semangka untuk kehamilan. Berikut diantaranya:

  • Meredakan mulas
  • Mengurangi pembengkakan
  • Mengatasi morning sickness
  • Mencegah dehidrasi
  • Meredakan kram otot
  • Mencegah pigmentasi
  • Efek diuretik dan detoksifikasi
  • Meningkatkan energi
  • Mencegah preeklampsia

3. Main course kaya nutrisi yang baik untuk janin

3. Main course kaya nutrisi baik janin
Instagram.com/andienaisyah

Setelah membahas menu sarapan dan salad, kini saatnya membahas main course untuk ibu hamil.

Sebagai menu makanan utama, Andien memilih beberapa jenis makanan sehat, diantaranya adalah tahu, barley, brokoli dan lentil.

Keempat jenis menu makanan tersebut diketahui sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Tahu yang kaya akan protein ternyata dapat memberikan pengaruh baik bagi pertumbuhan jaringan janin, termasuk otak.

Sedangkan brokoli diketahui dapat membantu pemenuhan nutrisi bayi sehingga dapat mencegah bayi lahir cacat. Barley sendiri dapat menetralisir radikal bebas yang tidak baik untuk ibu hamil dan janin.

Terakhir, lentil yang diketahui mengandung vitamin E yang dapat memproteksi membran sel otak hingga mencerdaskan otak anak.

4. Pilihan main course yang bermanfaat untuk ibu hamil dan janin

4. Pilihan main course bermanfaat ibu hamil janin
Instagram.com/andienaisyah

Selain menu di atas, Andien juga mengonsumsi makanan utama lainnya. Kali ini ia memilih oseng wortel dan labu siam, tahu dan tempe, pumpkin seed, sauteed brocoli, dan barley.

Selain vitamin A yang berlimpah, wortel juga mengandung vitamin-vitamin lain seperti vitamin B, C, D, E hingga K.

Kombinasi tersebut membuat wortel menjadi menu yang baik untuk memenuhi berbagai kebutuhan ibu hamil dan calon bayi, mulai dari asupan untuk mata dan penglihatan yang sehat, penguatan tulang dan gigi, mempertebal daya tahan tubuh, meningkatkan produksi kolagen, membantu penyerapan manfaat zat besi dalam tubuh hingga menyehatkan kulit.

Selain wortel, Andien juga mengonsumsi sayur labu siam. Salah satu manfaat paling menonjol dari mengonsumsi labu siam semasa kehamilan adalah, makanan ini dapat mengatur kadar gula darah dan mengurangi masalah konstipasi pada masa kehamilan.

Sama seperti lentil, tempe juga diketahui dapat mencerdaskan otak janin. Manfaat kandungan asam folat yang ada pada kacang kedelai di dalam tempe sangat berperan membantu mencerdaskan otak janin dan mencegah janin dari resiko cacat lahir.

Mengonsumsi tempe saat hamil juga baik untuk membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan serta perkembangan sel sarafnya.

5. Dessert manis yang tetap sehat untuk dikonsumsi

5. Dessert manis tetap sehat dikonsumsi
Instagram.com/andienaisyah

Sebagai penutup, Andien juga masih mengonsumsi dessert lezat yang tak kalah sehat dan bergizi. Kali ini pilihannya jatuh pada olahan kacang hijau, pumpkin seed, flaxseed, ketan hitam, dan sedikit taburan gula merah cair.

Untuk itu, mari kita bahas nutrisinya satu per satu. Kandungan folat pada kacang hijau sendiri diketahui sudah cukup tinggi.

Konsumsi folat pada masa kehamilan dipercaya mampu memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, berat badan rendah saat lahir, dan membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD) serta kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

Sedangkan flaxseed dengan kandungan seratnya diketahui mampu membantu para ibu hamil lebih sehat dan menurunkan risiko pre-eklamsia terutama selama trimester pertama.

Selanjutnya, ketan hitam. Makanan yang satu ini termasuk salah satu jenis makanan yang kaya akan zat besi, sehingga mengonsumsi ketan hitam saat hamil diketahui dapat membantu pemenuhan kebutuhan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin.

Terakhir adalah gula merah. Kandungan mineral dan kalium yang tinggi pada gula merah dipercaya dapat membantu mengurangi retensi air dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang dirasakan selama kehamilan.

Nah, itulah kelima menu makanan Andien Aisyah saat hamil anak kedua.

Semoga sehat selalu Mama dan janinnya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.