Mudah Lelah saat Hamil, Atasi dengan 7 Makanan Super Ini Ma!

Selain bernutrisi, makanan berikut dapat menambah tenaga mama saat hamil

14 Juni 2021

Mudah Lelah saat Hamil, Atasi 7 Makanan Super Ini Ma
Freepik/user18526052

Tubuh bekerja keras saat hamil. Banyak perubahan yang disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan Mama merasa cepat lelah. Ini merupakan salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami oleh ibu hamil.

Kehamilan dapat membuat beberapa ibu hamil terkuras tenaganya, sulit bangun dari tempat tidur di pagi hari, dan kelelahan di sore hari.

Bila ini yang terjadi pada Mama, jangan khawatir. Beberapa jenis makanan untuk mengatasi kelelahan saat hamil telah Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama.

1. Paprika merah

1. Paprika merah
Pixabay/Jeshoots-com

Selain mengandung zat besi yang baik untuk kehamilan, paprika merah juga bertindak sebagai penambah energi alami. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi panas dan asupan oksigen tubuh.

Paprika merah juga mengandung hampir 300 persen dari rekomendasi vitamin C harian ibu hamil.

Mama dapat menambahkan paprika pada masakan. Tidak suka dengan paprika? Jangan khawatir, masih ada daftar makanan lainnya, Ma!

2. Bluberi

2. Bluberi
Pexels/Brigitte Tohm

Meski kecil, blueberi dapat memberikan tambahan energi yang dibutuhkan untuk melewati hari. Buah ini kaya akan antioksidan dan gula alami.

Meski manis, blueberi tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah sehingga Mama akan merasa berenergi lebih lama. Dan tentunya, blueberi aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang mengalami diabetes gestasional.

Editors' Picks

3. Cokelat hitam

3. Cokelat hitam
Pexels/Lisa Fotios

Siapa yang tidak suka cokelat? Jika Mama pecinta cokelat, penambah energi yang satu ini sangat cocok untuk Mama.

Cokelat hitam dikemas penuh dengan antioksidan serta vitamin dan hanya beberapa potong dapat membantu meningkatkan energi.

Polifenol dalam cokelat hitam meningkatkan kadar serotonin kimia yang meningkatkan kebahagiaan, yang membantu mengurangi perasaan lelah.

4. Alpukat

4. Alpukat
Pexels/Daria Sevtsova

Alpukat adalah sumber energi yang hebat.  Buah ini juga mengandung lemak sehat dan lebih banyak serat daripada buah lainnya.

Alpukat utuh memiliki 14 gram serat yang luar biasa, yang menyaingi setiap porsi gandum parut atau sereal.

Konsumsi alpukat selama kehamilan juga dapat mendorong pencernaan yang sehat, Ma. Seperti yang Mama ketahui, sembelit adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil.

5. Pisang

5. Pisang
Pixabay/jgzelaya

Pisang mengandung campuran unik vitamin, mineral, dan karbohidrat. Buah ini akan memberi Mama pelepasan energi yang cepat untuk membantu mengatasi kelelahan di sore hari.

Murah dan mudah diperoleh, pisang juga merupakan sumber potasium yang bagus, yang membantu mengatasi kelelahan, kram otot, dan dehidrasi.

6. Jeruk lemon

6. Jeruk lemon
Pexels/Lukas

Mengandung vitamin C, lemon adalah penambah energi yang brilian. Cara mudah untuk menambah energi saat hamil adalah membuat jus lemon dengan memeras lemon. Campur dengan air panas atau dingin, untuk menghidrasi dan mengoksidasi tubuh sehingga membuat Mama segar dan berenergi.

Mama juga bisa menambahkan irisan lemon ke dalam jus buah lainnya untuk menambahkan tenaga dan memenuhi kebutuhan vitamin.

7. Kenari

7. Kenari
Pexels/Immortal shots

Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk ibu hamil. Salah satunya adalah kacang kenari.

Kacang ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Taburkan segenggam kacang kenari pada sereal pagi atau menjadi camilan sepanjang hari.

Itulah beberapa makanan untuk mengatasi kelelahan saat hamil. Lelah saat hamil adalah hal normal, tetapi Mama juga harus waspada karena ini juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan, misalnya anemia. Jika Mama masih merasa lelah setelah mengonsumsi makanan di atas dan mendapatkan istirahat yang cukup, diskusikan dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan.

Apa makanan penambah energi kesukaan mama saat hamil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.