TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bagaimana Dampak Cuaca terhadap Kehamilan?

Cuaca ekstrem menjadi salah satu tantangan bagi ibu hamil

14 November 2022

Bagaimana Dampak Cuaca terhadap Kehamilan
Freepik/wirestock

Akhir-akhir ini, cuaca selalu berubah-ubah dan sulit untuk diprediksi. Nah, cuaca ekstrem dan perubahan cuaca yang terjadi ini tentunya menjadi tantangan bagi banyak orang, tak terkecuali bagi ibu hamil.

Tak sedikit ibu hamil yang khawatir, cuaca yang terjadi dapat berpengaruh pada janin yang ada dalam kandungannya.

Lalu bagaimana dampak cuaca terhadap kehamilan? BerikutPopmama.comtelah merangkum jawabannya dari beragam sumber untuk Mama. Yuk, Ma, disimak!

Apakah Janin Bisa Merasakan Panas dan Dingin?

Apakah Janin Bisa Merasakan Panas Dingin
Freepik/Prostooleh

Hingga saat ini sayangnya belum ada jawaban pasti dan jelas apakah janin bisa merasakan panas dan dinginnya cuaca atau tidak.

Namun perlu diketahui bahwa suhu bayi di dalam kandungan umumnya akan mengikuti core body temperature (suhu inti tubuh) dari sang Mama.

Core body temperature atau suhu inti tubuh ini biasanya akan tetap normal dan stabil meski suhu di luar sedang panas maupun dingin.

Jadi dapat dikatakan bahwa meski cuaca di luar sedang panas atau dingin, tapi suhu tubuh mama tetap normal, maka suhu bayi juga akan tetap normal dan stabil mengikuti suhu inti tubuh dari ibunya

Apakah Cuaca Bisa Memengaruhi Janin di Dalam Kandungan?

Apakah Cuaca Bisa Memengaruhi Janin Dalam Kandungan
Freepik/Thannaree

Dalam sebuah penilitian yang dilakukan oleh Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development (NICHD), ditemukan bahwa ibu hamil yang terpapar cuaca ekstrem di trimester kedua dan ketiga memiliki peluang sebesar 18 hingga 31 persen untuk melahirkan bayi yang memiliki berat badan lahir rendah.

Pada penelitian tersebut dijelaskan bahwa cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengurangi aliran darah ke rahim, yang kemudian berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Sehingga saat dilahirkan, bayi memiliki berat badan yang rendah.

Selain itu, pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Queensland University of  Technology di Australia, disebutkan bahwa peningkatan suhu dapat meningkatkan peluang bayi lahir dalam kondisi mati dan bayi lahir prematur

Tak hanya itu saja, terdapat penelitian lain yang juga menyebutkan bahwa cuaca dapat mempengaruhi kehamilan. Pada penelitian itu disebutkan bahwa perubahan cuaca dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti preeklampsia dan eklampsia.

Namun, perubahan cuaca ini bukanlah penyebab utama, ada faktor lain yang juga memengaruhi mengapa ibu hamil mengalami preeklampsia dan eklampsia saat perubahan cuaca terjadi.

Hal yang Perlu Dilakukan saat Menghadapi Cuaca Buruk

Hal Perlu Dilakukan saat Menghadapi Cuaca Buruk
Freepik/Yanalya

Untuk berhati-hati dan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut halyang perlu dilakukan saat menghadapi cuaca buruk:

  • Hal yang perlu dilakukan saat cuaca panas
  1. Untuk menghindari kulit terpapar langsung oleh sinar matahari, gunakan pakaian yang lebih tertutup
  2. Pilih pakaian yang menyerap keringat
  3. Jangan lupa untuk memakai sunscreen
  4. Batasi aktivitas di luar ruangan
  5. Minum air yang cukup untuk mencegah dehidrasi
  • Hal yang perlu dilakukan saat cuaca dingin
  1. Gunakan pakaian yang tebal ata berlapis
  2. Lebih banyak bergerak
  3. Mengonsumsi minuman jahe untuk menghangatkan tubuh

Itu tadi penjelasan tentang bagaimana dampak cuaca terhadap kehamilan. Kesimpulannya, cuaca yang ekstrem dapat memengaruhi kehamilan, sehingga ada baiknya Mama selalu berhati-hati di setiap cuaca.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk