Normalkah jika Ukuran Baby Bump Kecil selama Kehamilan?

Apakah ukuran baby bump selama kehamilan merupakan suatu hal yang perlu dikhawatirkan?

3 Juli 2022

Normalkah jika Ukuran Baby Bump Kecil selama Kehamilan
Freepik/Racool_Studio

Bentuk dan ukuran baby bump atau tonjolan perut pada setiap ibu hamil berbeda-beda. Terdapat ibu hamil yang memiliki baby bump  besar, dan ada pula ibu hamil yang memiliki baby bump dengan ukuran yang kecil.

Perbedaan ukuran baby bump ini terkadang menjadi suatu kehawatiran bagi sebagian ibu hamil, termasuk bagi ibu hamil yang memiliki baby bump yang kecil.

Tak sedikit ibu hamil dengan baby bump yang kecil mempertanyakan dan mengkhawatirkan perkembangan bayi dalam kandungannya.

Sebenarnya apakah ukuran baby bump ini perlu dikhawatirkan? Lalu, normalkah jika ukuran baby bump kecil selama kehamilan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikutPopmama.comtelah rangkum dari berbagai sumber mengenai fakta baby bump. Yuk, simak!

Editors' Picks

Faktor Mengapa Baby Bump Ibu Hamil Kecil saat Hamil

Faktor Mengapa Baby Bump Ibu Hamil Kecil saat Hamil
Freepik/yanalya

Terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa ukuran baby bump sebagai ibu hamil kecil. Berikut hal-hal yang dapat memengaruhi ukuran baby bump:

  • Kehamilan Pertama

Pada perempuan yang baru hamil pertama kalinya, baby bump akan terlihat lebih kecil. Hal ini disebabkan karena otot-otot dan rahim yang dimiliki masih ketat dan belum pernah meregang.

  • Tinggi Badan

Tinggi badan seseorang dapat memengaruhi ukuran baby bump lho, Ma. Ibu hamil yang bertubuh tinggi kemungkinan memiliki bentuk baby bump yang tampak lebih kecil.

Sedangkan ibu hamil yang tidak begitu tinggi, maka baby bump yang dimiliki akan terlihat lebih besar dan lebih menonjol ke depan.

  • Kekuatan Otot yang Dimiliki

Ibu hamil yang memiliki otot yang kuat, maka baby bump yang dimiliki akan terlihat lebih kecil. Hal ini disebabkan karena di sekitar perut tidak ada lemak yang bisa mempertegas tonjolan perut.

  • Cairan Ketuban

Cairan ketuban pada setiap ibu hami akan berbeda. Pada ibu hamil yang tidak memiliki banyak cairan ketuban, maka baby bump akan terlihat lebih kecil.

  • Hormon

Hal lainnya yang dapat memengaruhi ukuran baby bump adalah hormon. Hormon progesteron dalam tubuh dapat berpengaruh pada kecil atau besarnya baby bump.

Apakah Baby Bump yang Kecil Normal?

Apakah Baby Bump Kecil Normal
Pixabay/Bokskapet

Satu cara pasti untuk mengetahui ukuran baby bump yang kecil ini adalah hal yang normal atau tidak adalah dengan melakukan konsultasi ke dokter kandungan.

Pada umumnya, dokter kandungan akan mulai menggunakan berbagai pengukuran untuk memastikan pertumbuhan bayi yang ada dalam rahim mama berjalan dengan baik meskipun dengan ukuran baby bump kecil.

Untuk menilai ukuran rahim yang berkembang, dokter kandungan biasanya melakukan USG.

Kemudian di sekitar empat bulan kehamilan, dokter kandungan akan mulai mengukur dan melacak tinggi fundus (jarak dari tulang kemaluan ke bagian atas rahim).

Hal ini dilakukan untuk memperkirakan ukuran, tingkat pertumbuhan, dan posisi bayi dalam rahim.

Nah, jika dokter menyatakan bahwa bayi dalam kandungan berkembang dengan semestinya dan kehamilan mama berjalan baik, ukuran baby bump bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan.

Jika rahim atau janin di dalam kandungan benar-benar berukuran lebih kecil dari biasanya, dokter kandungan akan memantau Mama dan bayi secara ketat.

Jadi, ukuran baby bump yang kecil adalah suatu hal yang normal jika dokter menyatakan bahwa bayi dalam kandungan mama berkembang dengan semestinya. Namun, ada juga ukuran baby bump yang kecil yang perlu dikhawatirkan. Untuk itu, rajin konsultasikan kandungan mama pada dokter kandungan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk