Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Normalkah Merasakan Morning Sickness padahal Hasil Test Pack Negatif?

Simak penjelasannya di sini!

6 Januari 2023

Normalkah Merasakan Morning Sickness padahal Hasil Test Pack Negatif
easymomandbaby.co.uk

Normalkah merasakan morning sickness padahal hasil test pack negatif? Apakah kamu pernah merasakan mual cukup sering selama beberapa hari padahal test pack tidak menunjukkan tanda sedang hamil?

Tanda awal kehamilan seperti morning sickness memang sering kali ditemukan pada perempuan yang baru saja hamil. Bahkan, penelitian di BMC Pregnancy and Childbirth 2021 menyebutkan bahwa 94 persen ibu hamil mengalami morning sickness.

Lalu, normalkah merasakan morning sickness padahal hasil test pack negatif? Nah, untuk mendapatkan jawabannya, jangan lupa simak artikel dari Popmama.com berikut ini.

Bisakah Perempuan Merasakan Morning Sickness sebelum Positif Hamil?

Bisakah Perempuan Merasakan Morning Sickness sebelum Positif Hamil
freepik.com/comzeal

Kalau kamu sedang tidak melakukan program hamil, kamu mungkin akan kaget dengan payudara yang mengeras, mual, dan perubahan pada kulit, sebelum melakukan tes kehamilan.

Jika memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur dan mengonsumsi pil KB, maka sulit untuk mengetahui kapan dan berapa lama siklus menstruasimu terlambat.

Berdasarkan dari penelitian Cochranre Database of Systematic Reviews, perempuan yang berovulasi lebih awal, terutama yang siklus menstruasinya panjang, biasanya akan merasakan mual sebelum mengetahui dirinya positif hamil.

Faktor Lain Penyebab Mual sebelum Positif Hamil

Faktor Lain Penyebab Mual sebelum Positif Hamil
Freepik.com/gpointstudio

Ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab perempuan mengalami mual sebelum mengetahui dirinya positif hamil. Jadi, jika kamu merasakan mual mendekati menstruasi, jangan lansung ambil kesimpulan kalau sedang hamil, ya.

"Penyebab mual lainnya yang mungkin dirasakan oleh para perempuan adalah gastritis," ujar Dr. Kecia Gaither, M.D., MPH, FACOG.

Gastritis dipicu dari berbagai hal, misalnya kecelakaan, infeksi, konsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu, terkena virus, atau keracunan makanan.

Terlambat Menstruasi Tidak Selalu karena Hamil

Terlambat Menstruasi Tidak Selalu karena Hamil
Freepik

Meskipun diketahui bahwa beberapa perempuan mungkin merasakan mual sebelum mengetahui dirinya hamil, kamu juga harus paham bahwa faktor penyebab keterlambatan menstruasi adalah kehamilan.

Ternyata, ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab menstruasi datang terlambat, lho, misalnya stres, diet, sakit, perubahan berat badan yang drastis, olahraga yang terlalu berat, atau bepergian jauh sehingga kelelahan.

Jika mengalami keterlambatan menstruasi dan mual, sebaiknya kamu waspada, karena bisa saja kamu sedang hamil. Untuk memastikannya, kamu bisa melakukan tes kehamilan di rumah atau memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Nah, itu dia tadi penjelasan tentang normalkah merasakan morning sickness padahal hasil test pack negatif. Kesimpulannya, hal tersebut bisa terjadi di beberapa perempuan dan jika naluri kamu smengatakan sedang hamil, segeralah memeriksakan diri ke dokter, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk