10 Asupan untuk Meningkatkan Produksi Sperma Pria

Untuk tingkatkan peluang hamil, perbanyak konsumsi asupan ini

6 Februari 2019

10 Asupan Meningkatkan Produksi Sperma Pria
Pexels/Pixabay

Bagi Mama dan Papa yang tengah menyiapkan program hamil, jangan lupakan pentingnya konsumsi asupan sehat, ya.

Terutama untuk Papa, beberapa asupan tertentu diyakini dapat membantu menyuburkan dan meningkatkan produksi sperma sehat.

Asupan-asupan tersebut mengandung bahan tertentu yang bisa membuat jumlah dan pergerakan sperma menjadi lebih optimal. Efeknya, peluang untuk bisa terjadi pembuahan pun meningkat.

Berikut asupan yang bisa menjadi pilihan Papa:

1. Dark chocolate

1. Dark chocolate
Pexels/Acharaporn Kamornboonyarush

Salah satu camilan yang bisa menjadi pilihan Papa untuk membantu menyehatkan sperma adalah cokelat hitam atau dark chocolate.

Asupan ini mengandung banyak antioksidan, serta enzim yang disebut sebagai L-Arginine. Komposisi ini diyakini dapat membantu meningkatkan volume sperma.

Camilan dan makanan penutup yang terbuat dari dark chocolate mungkin bisa menjadi varian menu yang baik untuk Papa, Ma.

2. Telur

2. Telur
Pexels/Jonathan Miksanek

Telur adalah salah satu superfood yang sangat baik untuk dikonsumsi pria, terutama yang ingin menyehatkan sistem kesuburannya. Konsumsi telur dapat membantu meningkatkan jumlah sperma.

Selain itu, telur juga kaya akan kandungan vitamin E dan protein, yang membantu meningkatkan pergerakan sperma. Kandungan bahan alami dalam telur diyakini dapat melindungi sperma dari radikal bebas, sehingga menggandakan peluang kehamilan.

Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, cobalah untuk mengonsumsi telur yang diolah dengan cara direbus.

3. Goji berry

3. Goji berry
Pexels/Pixabay

Makanan yang berasal dari India ini diketahui juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan jumlah sperma.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Tiongkok, konsumsi goji berry secara teratur terbukti dapat menggandakan jumlah produksi sperma dalam waktu sebulan.

Selain membantu meningkatkan produksi sperma, konsumsi goji berry juga membantu meningkatkan mood dan menjaga kestabilan suhu di sekitar kantung skrotum. Efeknya, produksi sperma pun juga menjadi lebih terjaga.

4. Pisang

4. Pisang
Pexels/Pixabay

Jika Papa hobi makan buah, pisang bisa menjadi salah satu pilihan yang baik, Ma. Pisang kaya akan kandungan vitamin B1, C dan magnesium yang dapat meningkatkan produksi dan pergerakan sperma.

5. Bawang putih

5. Bawang putih
Pexels/Buenosia Carol

Bawang putih tidak hanya membantu dalam pencegahan kanker tetapi juga membantu dalam meningkatkan produksi sperma di skrotum. Asupan ini mengandung allicin yang diperlukan untuk merangsang sirkulasi darah ke bagian organ reproduksi.

Dengan aliran darah yang lebih lancar, maka produksi sperma pun juga akan menjadi lebih terkontrol, Ma.

Editors' Picks

6. Bayam

6. Bayam
Pexels/Lisa Fotios

Salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang bisa menjadi pilihan konsumsi Papa adalah bayam. Bayam mengandung tinggi asam folat yang penting untuk perkembangan sperma.

Konsumsi bayam dalam bentuk sayur bening juga bisa menjadi pilihan menu makan Papa sehari-hari.

7. Buah delima

7. Buah delima
Pexels/Jessica Lewis

Buah delima atau pomegranate juga salah satu superfood yang bisa menjadi pilihan asupan sehat untuk Papa. Selain membantu dalam proses antipenuaan, buah ini juga dapat meningkatkan gairah seks.

Buah delima pun tinggi antioksidan, sehingga turut membantu meningkatkan produksi dan kualitas sperma juga.

8. Wortel

8. Wortel
Pexels/Mali Maeder

Wortel dapat dikonsumsi sebagai camilan atau sebagai bagian dari menu makanan sehari-hari. Asupan berwarna jingga ini mengandung beta-karoten, yakni antioksidan yang menjaga kesehatan sperma dengan melindunginya dari radikal bebas.

Pada akhirnya, konsumsi wortel juga dapat membantu mobilitas sperma sehingga bisa lebih mudah mencapai sel telur.

9. Daging sapi

9. Daging sapi
Pexels/Mustafa Turkeri

Daging merah seperti daging sapi salah satu sumber seng yang baik untuk dikonsumsi Papa saat program hamil. Pada 100 gram daging steak sapi tanpa lemak mengandung sekitar 6,31 mg seng.

Konsumsi daging sapi juga dapat membantu dalam produksi dan pergerakan sperma.

10. Buah-buahan beri

10. Buah-buahan beri
Pexels/Pixabay

Semua jenis beri seperti raspberry, stroberi, cranberry, dan blueberry mengandung tinggi antioksidan dan nutrisi antiinflamasi seperti quercetin dan resveratrol. Kandungan ini diyakini juga membantu meningkatkan kualitas dan produksi sperma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!