Begini Cara Alami Tingkatkan Kesuburan Calon Papa

Tak perlu dengan minum obat, cukup lakukan perubahan gaya hidup

4 Januari 2019

Begini Cara Alami Tingkatkan Kesuburan Calon Papa
Pexels/Pixabay

Untuk bisa meningkatkan peluang hamil, gaya hidup sehat demi kesuburan tak cuma penting dilakukan oleh Mama. Ini juga menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan Papa.

Ya, gaya hidup sehat juga turut memengaruhi kondisi tubuh Papa dan juga tingkat kesuburannya, Ma.

Dengan hidup sehat, sperma yang diproduksi dalam tubuh Papa juga akan semakin baik. Hal ini pun kemudian dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Tak harus dengan minum obat, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan Papa.

Apa saja, Ma? Berikut informasinya seperti dirangkum Popmama.com:

1. Cegah risiko stres

1. Cegah risiko stres
Pexels/Nathan Cowley

Sebisa mungkin, jaga agar Papa jauh dari kondisi stres, Ma. Stres dapat mengganggu produksi sperma, lho. Baik mengurangi jumlahnya, mengganggu pergerakannya, hingga membuat kualitasnya menurun.

Selain itu, stres juga cenderung membuat aktivitas seksual suami istri menjadi terganggu. Akibatnya, Papa dan Mama pun jadi merasa tidak nyaman.

Pastikan suami cukup tidur dan berolahraga secara teratur. Jika perlu, berikan jadwal terapi latihan relaksasi seperti meditasi. Pijatan juga bisa dilakukan agar senantiasa tenang.

Terkait rutinitas olahraga, meskipun penting tapi perhatikan juga intensitasnya, Ma. Sebaiknya olahraga juga tidak dilakukan secara berlebihan. Ini karena hal tersebut terbukti justru dapat menurunkan kadar testosteron dan kualitas sperma.

Jadilah pendengar yang baik saat suami memiliki masalah di kantor dan ingin berbagi cerita. Dengan begitu, risikonya untuk mengalami stres juga akan berkurang.

2. Hindari dari paparan panas

2. Hindari dari paparan panas
Pexels/Bruce Mars

Berlebihan terpapar suhu panas dapat juga memengaruhi kesehatan kesuburannya, Ma. Dalam hal ini misalnya seperti kebiasaan sauna dan berendam air panas.

Apabila suami memang menyukai aktivitas ini, pastikan semua dilakukan tidak dalam jangka waktu yang terlalu lama. Batasi waktunya ya, Ma.

Selain kebiasaan sauna dan berendam, hal lain juga sebaiknya dihindari adalah kebiasaan bekerja dengan memangku laptop di paha. Meski mungkin terkesan praktis, namun tindakan ini juga membuat area sekitar organ intim jadi panas, lho.

Pada akhirnya, kondisi ini dipercaya kemudian dapat membuat produksi sperma yang sehat menjadi terganggu. Terlebih jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus setiap waktu.

Jadi apabila Papa lebih suka bekerja sambil duduk lesehan tanpa kursi, sediakan meja lipat sehingga laptop bisa diletakkan tanpa harus dipangku.

Editors' Picks

3. Hentikan kebiasaan merokok

3. Hentikan kebiasaan merokok
Pexels/Irina Kostenich

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, cobalah untuk membantu suami menghentikan kebiasaan-kebiasaan tidak sehatnya.

Termasuk di antaranya seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Kebiasaan buruk ini dapat mengurangi jumlah sperma dan juga masa hidupnya.

Kombinasi dua hal ini tentu sangat mengganggu apabila Mama dan Papa sedang menjalani program hamil.

Terlebih lagi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang merokok memiliki dorongan seks yang lebih rendah dan lebih jarang melakukan hubungan seks. Ini kabar buruk, bukan?

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Calon Mama Terlalu Banyak Hirup Asap Rokok

4. Perbaiki pola nutrisinya

4. Perbaiki pola nutrisinya
Pexels/Daria Shevtsova

Selain membantu membuatkan jadwal olahraga dan memastikan Papa tidur cukup setiap malam, hal lain yang tak boleh terlupakan demi kesuburan yang lebih sehat adalah pola makan.

Beberapa studi telah menunjukkan adanya kaitan antara pola makan dengan infertilitas. Dalam hal ini ditemukan bahwa pria yang kelebihan berat badan berada pada risiko lebih besar untuk infertilitas, dibandingkan dengan pria yang berat badannya normal.

Terlebih lagi, kekurangan asupan vitamin C, D, E, seng, selenium, asam folat dan asam lemak omega-3 dapat mengganggu produksi dan kualitas sperma.

Jadi, pastikan Mama menyediakan kebutuhan nutrisi ini melalui menu makanan sehari-hari Papa, ya. Mama bisa menggunakan bahan seperti daging ikan, daging sapi dan sayur-sayuran.

5. Berhubungan seks secara teratur

5. Berhubungan seks secara teratur
Pexels/Rawpixel.com

Melakukan hubungan intim secara teratur membuat libido dan kedekatan antara Papa dan Mama menjadi semakin meningkat.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin lakukan hubungan intim demi meningkatkan peluang hamil, Ma. Terutama saat Mama sedang berada pada masa subur.

Penelitian kesuburan pria menunjukkan jika suami memiliki jumlah sperma kategori normal, maka peluang hamil akan meningkat saat melakukan hubungan intim setiap 1-2 hari sekali.

Sebaliknya, jika dari hasil pemeriksaan ditemukan suami memiliki jumlah sperma yang rendah, lakukan hubungan intim setidaknya 2-3 hari sekali.

Ingat ya, Ma. Selain frekuensi, salah satu hal penting lainnya yang perlu diketahui antara hubungan intim dengan peluang kehamilan adalah rasa nyaman. Saat Mama dan Papa sama-sama rileks, hormon endorfin yang diproduksi pun akan meningkat.

Jadi, sudah siap sama-sama mengubah pola hidup sehat bersama Papa demi peluang kehamilan, Ma?

Baca juga: 4 Pilihan Posisi Seks agar Cepat Hamil