Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesuburan dan Tingkatkan Peluang Hamil

Seperti apa cara mendapatkan manfaat dari minyak zaitun?

5 Oktober 2019

Manfaat Minyak Zaitun Kesuburan Tingkatkan Peluang Hamil
Pixabay/JillWellington

Olive oil atau minyak zaitun adalah jenis minyak dari lemak yang diperoleh dari buah Olea europaea  alias pohon zaitun. Zaitun sendiri merupakan tanaman pohon tradisional dari wilayah Mediterania.

Untuk mendapatkan minyaknya, seluruh bagian dari zaitun akan ditekan. Minyak zaitun digunakan dalam beberapa produk kosmetik, obat-obatan, dan juga sabun. Demikian dikutip dari Medical News Today.

Selain itu, zaitun juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan makanan, baik secara utuh maupun dicincang seperti pada pizza dan hidangan lainnya.

Nah, tahukah Mama bahwa minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya bagi kesuburan? Dirangkum Popmama.com dari berbagai sumber, berikut informasinya untuk Mama:

1. Manfaat minyak zaitun untuk kesuburan

1. Manfaat minyak zaitun kesuburan
Pixabay/Sik-Life

Minyak zaitun saat ini disebut-sebut menjadi salah satu bahan penting dalam pola makan guna menyehatkan kesuburan.

Dilansir Daily Mail, dalam studi yang dilakukan oleh University of Southampton, ditemukan bahwa diet dengan memanfaatkan minyak zaitun membantu meningkatkan peluang kehamilan hingga 40 persen.

Studi ini dilakukan pada 100 pasangan yang sedang menjalani program bayi tabung. Selain untuk memasak, minyak zaitun juga didapat dari suplemen vitamin diperkaya dengan vitamin D dan asam lemak omega-3. Periode studi dilakukan selama 6 minggu.

Hasil studi ini mendukung beberapa studi sebelumnya, di mana ditemukan bahwa konsumsi asupan lemak tak jenuh ganda omega-3 yang terkandung dalam minyak zaitun membantu mempercepat perkembangan embrio pada program bayi tabung.

Asam lemak omega-3 dalam minyak zaitun juga disebut bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma dan juga sel telur.

Selain dari minyak zaitun, Mama juga bisa mendapatkan manfaat sehat asam lemak omega-3 dari buah alpukat. Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi asam lemak tak jenuh tunggal, salah satunya dari alpukat, memiliki peluang kehamilan lebih tinggi saat program bayi tabung.

Menurut peneliti Jorge Chavarro, sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang rendah lemak bisa didapat dari alpukat dan minyak zaitun.

Editors' Picks

2. Pola makan dengan minyak zaitun untuk kesuburan

2. Pola makan minyak zaitun kesuburan
Pixabay/Jyliagorbacheva

Dikutip dari The Bump, diet Mediterania yang kaya akan konsumsi sayuran, minyak zaitun, ikan, dan kacang-kacangan dapat meningkatkan peluang kehamilan serta menyehatkan kesuburan.

Peneliti Brooke Schantz menuturkan bahwa menerapkan pola makan sehat dan mengontrol berat badan adalah langkah awal yang penting saat program hamil. Tak cuma membantu menyehatkan kesuburan, diet tepat juga memengaruhi tumbuh kembang janin dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

Selain memanfaatkan sumber makanan sehat seperti pada diet Mediterania, untuk menyehatkan kesuburan jangan lupa untuk mengurangi konsumsi lemak trans. Termasuk di antaranya seperti makanan cepat saji, makanan beku dan makanan kemasan.

3. Cara konsumsi minyak zaitun untuk kesuburan

3. Cara konsumsi minyak zaitun kesuburan
Freepik

Minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk memasak, karena diketahui terdiri atas beberapa jenis. Ada virgin olive oil, extra virgin olive oil, light olive oil serta classic olive oil. Perbedaannya berdasarkan cara pengolahannya, Ma.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kesuburan, selain menggunakan minyak zaitun untuk memasak dan bahan pelengkap makanan, Mama juga bisa mengonsumsi suplemen yang kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3.

4. Manfaat lain minyak zaitun untuk kesehatan

4. Manfaat lain minyak zaitun kesehatan
Freepik

Tak cuma bermanfaat untuk kesuburan, secara umum minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan. Dikutip dari Healthline, beberapa di antaranya seperti:

  • Menstabilkan gula darah

Sebuah studi menunjukkan adanya penurunan gula darah pada responden yang rutin mengonsumsi minyak zaitun, dibandingkan dengan kelompok responden yang tidak mengonsumsinya.

  • Menjaga kesehatan tulang

Studi pada 523 responden perempuan menemukan bahwa konsumsi minyak zaitun secara rutin menghasilkan kepadatan tulang yang jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan responden yang tidak mengonsumsinya.

  • Mengurangi peradangan

Beberapa senyawa dalam minyak zaitun memiliki efek anti-inflamasi, termasuk oleocanthal. Komponen ini dapat mengurangi peradangan pada tubuh, yang bisa berujung pada nyeri atau bahkan demam.

Demikian manfaat dari minyak zaitun untuk kesuburan serta kesehatan pada umumnya. Sebelum mengonsumsinya, jangan lupa untuk sesuaikan dengan kondisi tubuh juga ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.