Apakah Menstruasi Tidak Teratur Bikin Susah Hamil?

Ini hal yang harus diperhatikan jika siklus menstruasi tidak teratur!

14 Mei 2024

Apakah Menstruasi Tidak Teratur Bikin Susah Hamil
Unsplash/TowfiquBarbhuiya

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh perempuan. Dalam hal ini setiap perempuan memiliki siklus dalam rentang waktu tertentu.

Namun, terkadang menstruasi tidak teratur bisa menjadi sumber kekhawatiran bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Beberapa orang juga mengaitkan dampak dari menstruasi yang tidak teratur terhadap sulitnya potensi untuk hamil.

BerikutPopmama.comakan hadirkan beberapa penjelasan megenai menstruasi yang tidak teratur dan dampaknya pada kehamilan.

Mengenal Menstruasi yang Tidak Teratur

Mengenal Menstruasi Tidak Teratur
Pexels/cottonbro

Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami oleh wanita. Siklus ini dimulai dengan menstruasi, diikuti oleh ovulasi dimana terjadi pelepasan sel telur, dan kemudian diakhiri dengan menstruasi lagi jika tidak terjadi pembuahan. 

Siklus menstruasi yang normal biasanya berlangsung antara 21 hingga 35 hari, dengan rata-rata sekitar 28 hari. Menstruasi yang tidak teratur dapat merujuk pada siklus yang lebih pendek dari 21 hari atau lebih panjang dari 35 hari, serta perubahan yang signifikan dalam durasi atau volume menstruasi.

Dampak Menstruasi Tidak Teratur pada Kesuburan

Dampak Menstruasi Tidak Teratur Kesuburan
Unsplash/Aditya Romansa

Dilansir dari jurnal American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) berjudul Menstruation in Girls and Adolescents: Using the Menstrual Cycle as a Vital Sign, menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang mendasari, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan tiroid, atau gangguan hormonal lainnya. 

Hal ini dapat memengaruhi kesuburan karena ovulasi yang tidak teratur atau tidak terjadi sama sekali dapat membuat sulit untuk menentukan waktu subur. Ketika ovulasi tidak terjadi secara teratur, peluang untuk pembuahan telur oleh sperma menjadi berkurang.

Selain itu, gangguan hormonal seperti kadar estrogen atau progesteron yang tidak seimbang dapat mengganggu fungsi sistem reproduksi. Hormon-hormon ini memainkan peran penting dalam menjaga siklus menstruasi yang teratur dan proses ovulasi.

Siklus menstruasi yang tidak teratur juga dapat mempengaruhi kualitas sel telur yang dilepaskan selama ovulasi. Sel telur yang kurang berkualitas memiliki peluang yang lebih rendah untuk dibuahi dan berkembang menjadi embrio yang sehat.

Langkah yang Harus Dilakukan Jika Menstruasi Tidak Teratur

Langkah Harus Dilakukan Jika Menstruasi Tidak Teratur
Freepik/Freepik

Walau begitu, kamu tidak perlu khawatir jika mendapati menstruasi yang tidak teratur dan sedang merencanakan kehamilan. 

Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter atau spesialis kesehatan reproduksi. Mereka dapat membantu mendiagnosis masalah yang mendasarinya dan merencanakan strategi pengobatan yang sesuai.

Selain itu, hal seperti mengelola stres, menjaga berat badan yang sehat, dan mengadopsi pola makan yang seimbang, dapat membantu meningkatkan keseimbangan hormonal dan menjaga siklus menstruasi yang teratur.

Baca Juga:

The Latest