Apakah Obat Herbal Sembuhkan Endometriosis? Ini Kata Ahli!

Ini langkah tepat untuk Endometriosis!

4 April 2024

Apakah Obat Herbal Sembuhkan Endometriosis Ini Kata Ahli
Freepik

Endometriosis merupakan penyakit yang sudah ditetapkan menjadi penyakit kronis oleh World Health Organization (WHO).

Menurut National Center for Biotechnology Information (NCBI), sampai hari ini Endometriosis memiliki tingkat kekambuhan yang sangat tinggi yaitu 67%. Penyakit ini terus menyerang 10% perempuan yang berada di usia produktif.

Berbagai metode penyembuhan banyak ditawarkan sebagai solusi dari Endometriosis. Salah satunya adalah pengobatan dengan obat herbal. Namun, apakah obat herbal sembuhkan Endometriosis?

Selengkapnya di Popmama.com!

1. Obat herbal belum teruji klinis

1. Obat herbal belum teruji klinis
pkwomensclinic.com

Menurut dr. Thomas Chayadi, Sp.OG, untuk penyembuhan Endometriosis sebuah obat yang sudah teruji secara klinis. Dalam hal ini, obat herbal harus dipastikan apakah obat tersebut sudah diuji secara klinis.

“Kalau obat-obatan herbal itu kan kita tidak tau isinya apa, belum ada uji klinis. Kecuali penjualnya sudah melakukan uji klinis,” ungkapnya.

Ia juga merekomendasikan agar para pengidap Endometriosis langsung melakukan konsultasi kepada ahli. Hal ini agar langkah medis yang diterapkan kepada pengidap Endometriosis 

“Bagusnya daripada minum sembarangan obat lebih baik ditanyakan kepada ahlinya yang sudah pasti pengobatannya itu klinis,” lanjutnya.

2. Tidak haid, kenali kondisinya

2. Tidak haid, kenali kondisinya
Freepik/pikisuperstar

dr. Thomas juga menjelaskan bahwa Endometriosis bisa disembuhkan dengan cara tidak haid. Dalam hal ini ada beberapa kondisi yang dialami oleh wanita.

“Pertama tidak haid, biasanya ada dalam tiga kondisi,” ujarnya.

Kondisi yang dimaksud adalah tidak haid karena menopause, pengangkatan indung telur sampai terjadinya kehamilan.

“Ada menopause, atau indung telurnya sudah diangkat yang ketiga hamil,” jelas dr. Thomas.

Dalam hal ini, haid erat kaitannya dengan hormon Estrogen yang mengatur siklus haid. Keberadaan hormon Estrogen inilah yang menjaga keberadaan Endometriosis di tubuh para pengidapnya.

3. Pilihan perawatan lain yang dapat dipilih

3. Pilihan perawatan lain dapat dipilih
Freepik

Pilihan untuk pengobatan bagi para pengidap Endometriosis sebenarnya sudah banyak yang teruji. Salah satunya adalah penggunaan Progestin seperti Dienogest atau Norethisterone.

Obat lain yang dapat dicoba adalah obat Androgenik yang mengandung hormon pria yaitu Testosterone. Unsur ini akan menekan produksi hormon Estrogen pada pengidap Endometriosis. Namun, ada efek samping yang ditimbulkan dari pengobatan jenis ini seperti pendarahan vagina tidak teratur, vaginal dryness, kram otot sampai berkurangnya ukuran payudara. 

Penggunaan Pil KB atau Kontrasepsi Oral Kombinasi juga banyak dilakukan untuk menangani nyeri panggul akibat Endometriosis. Namun cara ini tidak dapat menyembuhkan dan perlu dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis fertilitas. 


Demikian penjelasan mengenai obat herbal dalam penanganan Endometriosis. Bagi para pengidap, konsultasi terhadap ahli diperlukan agar mendapat penanganan yang tepat.

Baca juga:

The Latest