7 Hal Penting Sebelum Melakukan Tes Kehamilan di Rumah

Mama, perhatikan ini dulu yuk

7 Juni 2018

7 Hal Penting Sebelum Melakukan Tes Kehamilan Rumah
freepik

Tes kehamilan memang bisa dilakukan mandiri di rumah dengan menggunakan test pack, sebagai tindakan pertama untuk mengecek kemungkinan Mama hamil. Namun, alat tes kehamilan rumahan ini seringkali salah dan tidak memberikan hasil yang akurat.

Apakah Mama pernah melakukan tes kehamilan pribadi, tetapi hasilnya ternyata tidak akurat?

Ya, kesalahan dari alat tes kehamilan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk waktu dan kondisi saat pengambilan tes. Untuk melakukan tes kehamilan memang memiliki langkah tertentu untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Sebelum memulai tes kehamilan di rumah, pastikan Mama juga mengetahui kalender kesuburan dalam beberapa bulan terakhir terlebih dahulu ya, untuk mengetahui perkiraan usia kandungan jika Mama benar-benar hamil.

1. Tentukan tanggal yang tepat

1.	Tentukan tanggal tepat
Pixabay/tigerlily

Lakukan tes kehamilan setidaknya hingga 10 hari setelah menstruasi terlambat dinilai lebih baik daripada harus menunggu hingga berminggu-minggu telat menstruasi.

Untuk memastikannya, Mama bisa mengecek kalender kesuburan Mama untuk mengetahui kapan seharusnya siklus menstruasi dimulai.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Tentang Ovulasi yang Perlu Kamu Ketahui

2. Lakukan di pagi hari

2.	Lakukan pagi hari
Pixabay/congerdesign

Idealnya, tes kehamilan dilakukan saat buang air kecil pertama di pagi hari. Di waktu tersebut, hormon kehamilan akan lebih tinggi, sehingga kehamilan lebih mudah terdeteksi oleh alat test pack.

3. Baca petunjuk sebelum melakukan tes kehamilan

3.	Baca petunjuk sebelum melakukan tes kehamilan
Freepik/bearfotos

Mungkin terkesan sepele, tetapi membiasakan untuk membaca petunjuk yang tertera dalam kemasan tes kehamilan dianggap penting karena bisa berpengaruh pada hasil tes. Beberapa hal yang juga perlu diperhatikan, seperti bagaimana cara penggunaan alat tes dengan tepat, berapa lama Mama harus menunggu untuk membaca hasilnya, seperti apa simbol hasil positif dan negatif dalam alat tes, petunjuk cara membaca, kemungkinan tes gagal, dan lain-lain. Biasanya, semua sudah tertera lengkap dalam alat tes kehamilan. Mama diharapkan mengikuti instruksi sebaik-baiknya akan hasilnya pun lebih akurat.

Editors' Picks

4. Mulai lakukan tes kehamilan

4.	Mulai lakukan tes kehamilan
freepik

Sekarang, waktunya untuk mengikuti tes! Lakukan sesuai instruksi ya, Ma. Beberapa tes kehamilan menyarankan agar Mama membuang sedikit urin pertama terlebih dahulu, lalu baru gunakan urin sisanya untuk melakukan tes.

Ikuti sesuai petunjuk ya, kemudian jangan lupa cuci tangan Mama setelah selesai.

5. Tunggu beberapa waktu saat alat tes kehamilan bekerja

5.	Tunggu beberapa waktu saat alat tes kehamilan bekerja
freepik

Biasanya, beberapa alat tes kehamilan membutuhkan waktu hingga beberapa menit untuk menegaskan perubahan warnanya. Tetapi, ada juga yang langsung bisa dibaca dengan jelas. Untuk meyakinkannya, tunggulah hingga 3 menit kemudian untuk bisa terbaca dengan jelas bagaimana hasilnya. Jika setelah waktu maksimum garis kedua tidak terbaca dengan jelas atau samar-samar, kemungkinan tes kehamilan dilakukan terlalu dini. Mama bisa mengulangnya beberapa hari kemudian dengan alat tes kehamilan yang berbeda.

6. Membaca hasil tes

6.	Membaca hasil tes
freepik

Membaca hasil pada alat tes digital tentu akan lebih mudah karena alat tes akan langsung menunjukkan apakah Mama hamil atau tidak. Namun pada alat tes kehamilan yang menunjukkan garis, cara bacanya sebagai berikut:

  • Satu gari merah muda artinya negatif
  • Dua garis merah muda berarti positif
  • Dua garis, tetapi salah satu garis samar-samar bisa berarti Mama melakukan tes kehamilan terlalu dini, sehingga hormon kehamilan belum banyak terdeteksi. Namun, hal ini juga bisa disebabkan oleh garis penguapan atau evaporasi, hingga kehamilan yang bermasalah. Untuk memastikannya, Mama bisa mengulangi tes beberapa hari kemudian dengan alat tes yang berbeda.  

7. Konfirmasi ke dokter kandungan

7.	Konfirmasi ke dokter kandungan
Freepik/pressfoto

Seakurat apa pun, tes kehamilan mandiri pada akhirnya tetap perlu konfirmasi dari dokter. Langkah terakhir yang kini harus dilakukan adalah memastikannya ke dokter kandungan, terlebih jika tes kehamilan menujukkan hasil positif. Dokter perlu memantau bagaimana kondisi kehamilan dan usia kehamilan Mama untuk ditentukan langkah selanjutnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Mama perhatikan sebelum melakukan uji tes kehamilan mandiri di rumah. Selamat bagi yang mendapat garis dua, semoga kehamilan Mama sehat selalu!

Topic: