Perbedaan Kehamilan Anak Pertama dengan Kehamilan Anak Kedua

Apa saja ya bedanya kehamilan pertama dan kedua?

15 April 2019

Perbedaan Kehamilan Anak Pertama Kehamilan Anak Kedua
Pixabay/TawnyNina

Apakah saat ini Mama sedang atau berencana hamil anak kedua? Ini memang bukan pengalaman pertama Mama, tetapi selalu ada sesuatu yang berbeda di setiap momen kehamilan.

Pada kehamilan pertama calon Mama akan cenderung harap-harap cemas membayangkan bagaimana rasanya melahirkan, lebih banyak merasa khawatir, dan sibuk menebak-nebak rupa Si Kecil saat lahir nanti.

Sedangkan di kehamilan kedua mungkin Mama bisa sedikit  lebih tenang, karena sudah memiliki ‘pengalaman’ yang luar biasa di kehamilan pertama.

Dilansir dari laman Babble, berikut beberapa poin yang menggambarkan perbedaan kehamilan pertama dan kedua. Cek poin mana saja yang juga Mama alami!  

Lebih banyak membaca saat hamil anak pertama

Lebih banyak membaca saat hamil anak pertama
Freepik/yanalya

Ketika hamil anak pertama, calon Mama biasanya akan membaca segala sesuatu tentang kehamilan dan kelahiran. Mulai dari buku kitab hamil, artikel di majalah, website, maupun blog. Kamu juga mungkin akan masuk dalam forum khusus ibu hamil, atau jaringan yang membahas soal masalah kehamilan yang Mama rasakan.

Kamu akan lebih aktif dan tak sungkan bertanya kepada ahli kandungan mengenai kehamilanmu. Saat inilah kamu menjadi haus ilmu karena rasa penasaran tentang apa yang sedang terjadi di dalam tubuhmu dan saat melahirkan nanti. 

2. Cara memilih makanan

2. Cara memilih makanan
Freepik/bearfotos

Kehamilan pertama lebih banyak pantangan makan. Mama akan lebih hati-hati dan memilih makanan yang akan dikonsumsi, karena menyadari semua asupan berperan penting bagi pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan.

Sayuran dan buah, yoghurt, dan ikan salmon menjadi menu utama bagi ibu hamil, dan benar-benar meninggalkan kebiasaannya mengonsumsi sushi, mie instan, dan junkfood.  

Sedangkan saat kehamilan kedua mungkin Mama akan lebih ‘longgar’ dalam menerapkan aturan makan. 

3. Sangat menikmati momen kehamilan pertama

3. Sangat menikmati momen kehamilan pertama
Freepik/yanalya

Kehamilan pertama menjadi momen paling indah dalam hidupmu. Kamu begitu menikmatinya dan sangat antusias, bahkan berpikir ingin hamil lahi. Bagi sebagian besar perempuan, kehamilan pertama adalah momen paling istimewa dan berharga di setiap detiknya.

Menjalani kehamilan kedua, pikiranmu seketika mungkin berubah. Mama mungkin merasa begitu lelahnya karena harus mengurus anak pertama. Saat hamil anak pertama, Mama bisa menikmati tidur siang, mengekspresikan mood, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk diri sendiri.

Namun, di kehamilan kedua ini mungkin waktu memanjakan diri akan berkurang. Pada akhirnya, Mama mungkin akan berpikir ulang jika diminta punya anak lagi. 

Editors' Picks

4. Memilih jenis kelamin

4. Memilih jenis kelamin
Freepik/v.ivash

Saat kehamilan pertama, Mama tidak akan terpikirkan untuk memilih jenis kelamin. Yang ada dipikiranmu hanya kesehatan janin dan persalinan yang lancar. Mama hanya akan penasaran dengan rupa si bayi kecil.

Mirip siapa ya? Lebih mirip Mama atau Papanya?

Sebelum hamil anak kedua, mungkin Mama menginginkan jenis kelamin tertentu. Sementara itu, di luar sana ada beberapa metode konsepsi yang bisa Mama lakukan untuk memilih jenis kelamin anak. 

5. Lebih santai menjalani kehamilan kedua

5. Lebih santai menjalani kehamilan kedua
Freepik/prostooleh

Saat hamil anak pertama, Mama mungkin bertanya-tanya bagaimana sibuknya mengurus buah hati saat lahir nanti, dan banyak kekhawatiran yang dirasakan. Karena itu, Mama akan lebih banyak mempersiapkan segala sesuatunya.

Sedangkan di kehamilan kedua, Mama cenderung lebih santai. Tak banyak ketakutan dalam pikiran Mama, karena kamu menyadari bahwa masa itu tidak akan berlangsung lama. 

6. Dokumentasi

6. Dokumentasi
Freepik/Dragana.Gordic

Foto sedang memegang perut buncitmu menjadi dokumentasi wajib sepanjang kehamilan pertama. Album foto di media sosialmu akan dipenuhi bagaimana indahnya momen kehamilanmu.

Saat kehamilan kedua datang, koleksi foto di media sosial Mama akan jadi semakin beragam. Mama pasti rajin sekali upload foto tingkah lucu Si anak pertama. Di waktu lain, Mama tetap akan upload foto kehamilan kedua Mama.

Sekarang Mama malah sudah lebih berpengalaman untuk mendokumentasikan kehamilan Mama.

Mungkin tanpa jasa fotografer kehamilan, Mama sudah bisa memiliki konsep dan tekhnik tersendiri dalam mendokumentasikan kehamilan Mama.

Itulah 6 perbedaan yang terlihat dari kehamilan anak pertama dan kehamilan anak kedua. Kira-kira Saat hamil anak kedua nanti, lebih banyak foto kehamilan pertama atau yang kedua ya Ma?

Baca juga:

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!