Lebih Mudah Hamil, 5 Cara Menjaga Hormon agar Tetap Seimbang

Karena hormon memengaruhi mental, fisik, dan emosional seseorang

2 Juli 2021

Lebih Mudah Hamil, 5 Cara Menjaga Hormon agar Tetap Seimbang
Freepik/marymarkevich

Hormon punya peranan penting dalam mengontrol tubuh. Begitu juga dengan kehamilan, jika hormon kamu seimbang, maka kehamilan bisa lebih mudah terjadi. 

Dengan gaya hidup yang tidak seimbang dan makanan yang kurang sehat, hormon seseorang jadi terganggu. Hal ini berpengaruh langsung pada suasana hati, nafsu makan, dan juga kesehatan organ reproduksi. 

Untuk itu, diperlukan cara untuk tetap menjaga keseimbangan hormon. Ada yang menggunakan asupan tertentu, ada juga yang alami. 

Popmama.com melansir dari Healthline akan mengumpulkan cara untuk menjaga keseimbangan hormon secara alami. 

1. Rutin berolahraga

1. Rutin berolahraga
Freepik/Racool_studio

Salah satu hal paling mudah disarankan namun cukup sulit dilakukan adalah rutin berolahraga. Dengan berolahraga, kamu bisa mengurangi kelebihan insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Insulin sendiri adalah hormon yang berfungsi mengatur kadar gula di dalam darah. Jika insulin berlebih, maka bisa menimbulkan inflamasi, masalah hati, jantung, diabetes, dan kanker. 

Sedangkan cara mudah menurunkan dan menjaga kadar insulin adalah dengan melakukan olahraga seperti aerobik, latihan kekuatan, dan olahraga dengan endurance seperti lari.

Editors' Picks

2. Hindari gula dan karbohidrat rafinasi

2. Hindari gula karbohidrat rafinasi
Freepik/jcomp

Salah satu kendala kehamilan adalah berat badan yang tidak ideal. Sedangkan penyebab utama kelebihan berat badan adalah gula dan karbohidrat. Menurut penelitian, fruktosa (dari gula meja atau gula olahan) bisa meningkatkan insulin dan memicu resisten insulin, terutama pada mereka yang punya masalah dengan berat badan. 

Fruktosa bisa ditemukan di madu, sirup, roti, makanan dengan tepung, dan sejenisnya. Untuk itu, lebih baik konsumsi makanan yang rendah pengolahan seperti ubi rebus, buah potong, dan lainnya. 

Menurut penelitian di PubMed.org, makanan rendah pengolahan ini bisa menurunkan insulin terutama pada perempuan yang memiliki PCOS. 

3. Hindari terlalu banyak atau sedikit makan

3. Hindari terlalu banyak atau sedikit makan
Freepik/KamranAydinov

Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa menghasilkan perubahan hormon ekstrem yang berujung pada masalah berat badan. 

Terlalu banyak mengonsumsi kalori bisa meningkatkan insulin, terutama mereka yang punya masalah berat badan berlebih dan masalah resisten insulin. 

Sementara itu, memangkas kalori terlalu ketat juga bisa meningkatkan hormon kortisol yang memicu stres dan memudahkan seseorang naik berat badan lebih mudah. 

Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan seimbang, ya!

4. Rutin mengonsumsi ikan

4. Rutin mengonsumsi ikan
Pixabay/RitaE

Jika harus memilih asupan protein, demi hormon yang seimbang, maka pilihlah produk laut seperti ikan. Kandungan asam omega 3 sangat baik untuk anti inflamasi. 

Para peneliti mengungkap bahwa omega 3 juga bisa menurunkan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. 

Mengonsumsi ikan dalam jangka panjang bisa menurunkan insulin resisten yang berhubungan dengan obesitas, PCOS dan diabetes. 

Untuk hasil yang optimal, kamu bisa mengonsumsi minimal 2 porsi ikan laut setiap minggu. Beberapa pilihannya seperti salmon, sarden, makarel, dan sejenisnya. 

5. Punya jam tidur yang konsisten

5. Pu jam tidur konsisten
Pexels/ketut-subiyanto

Ini merupakan tantangan sendiri bagi mereka yang punya masalah dengan waktu tidur. Kenyataannya, sesehat apapun gaya hidup seseorang, jika tidak didukung dengan waktu tidur yang berkualitas, maka kesehatan tetap akan terganggu. 

Kekurangan tidur dan kualitas tidur yang buruk berpengaruh pada hormon yang tidak seimbang termasuk insulin, kortisol, leptin, dan ghrelin. 

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, setidaknya diperlukan 7 jam tidur lelap dengan tanpa gangguan setiap harinya. 

Itu dia beberapa cara yang sederhana dan juga alami untuk menjaga keseimbangan hormon. Dengan begitu, suasana hati lebih terjaga, begitu juga dengan kesehatan organ reproduksi kamu. 

Ingat, harus konsisten, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.