5 Rekomendasi Pelumas untuk Bercinta yang Ramah Sperma

Mencegah iritasi, mengurangi nyeri, dan dapat merawat vagina

29 Februari 2020

5 Rekomendasi Pelumas Bercinta Ramah Sperma
Freepik/User788993

Lubrikan atau pelumas penting digunakan pada saat bercinta dengan pasangan. Pelumas tersebut digunakan untuk mencegah iritasi dan juga rasa nyeri. Namun saat program hamil, kira-kira aman tidak ya menggunakan pelumas?

Pelumas ramah sperma penting digunakan ketika percobaan untuk hamil. Menggunakan pelumas biasa memang tidak mencegah kehamilan, namun dapat menurunkan peluang kehamilan.

Dalam sebuah penelitian, pelumas biasa dapat menghambat pergerakan sperma, menyebabkan kerusakan DNA, dan bahkan membunuh sperma.

Jadi, pelumas apa yang aman digunakan? Berikut ini Popmama.com akan memberikan beberapa opsi pelumas yang ramah untuk sperma.

Baby oil dan Minyak Canola

Baby oil Minyak Canola
Freepik/Spongepo

Kamu dan pasangan mungkin ingin mempertimbangkan baby oil atau minyak canola.  Penelitian telah menemukan baby oil dan minyak canola ramah untuk digunakan oleh pasangan yang ingin memiliki buah hati.

Untuk kemudahan penggunaan, kamu bisa memasukkan minyak ke dalam botol sampo ukuran travel dan meninggalkannya di samping tempat tidur.

Walaupun kedua minyak ini tampaknya ramah sperma, mereka belum terbukti aman untuk digunakan dalam pengujian dan perawatan kesuburan. Sehingga tidak boleh menggunakannya jika sedang membuat sampel untuk analisis semen, IUI, atau perawatan IVF.

Ingat juga, bahwa produk-produk seperti baby oil dapat mengandung bahan-bahan tambahan seperti pewangi yang mungkin mengiritasi. Minyak bayi yang dijual di pasaran mungkin sangat berbeda dari minyak bayi yang ditemukan bersahabat untuk kehamilan, sehingga harus memperhatikan kandungan dalam setiap baby oil yang akan digunakan.

Conceive Plus

Conceive Plus
Amazon.com

Conceive Plus telah disetujui FDA untuk perempuan yang mencoba untuk hamil.  Pelumas ini telah ditemukan aman untuk sperma, oosit, dan embrio, sehingga membuat Conceive Plus aman untuk digunakan dalam pengujian dan perawatan kesuburan.

Conceive Plus merupakan satu-satunya pelumas yang mengandung ion kalsium dan magnesium, yang membantu menjaga sel sperma tetap sehat. Pelumas ini tersedia dalam bentuk tabung multi-guna atau sebagai aplikator individu.

Aplikator individu dijual sekitar $15 atau Rp.208.000 untuk tiga aplikator. Untuk delapan aplikator dijual sekitar $23 atau Rp.320.000.  Tabung multi guna adalah pembelian yang lebih ekonomis.

Pre-Seed

Pre-Seed
Early-pregnancy-tests.com

Pre-Seed ditemukan oleh Dr. Joanna Ellington, seorang ilmuwan yang penelitiannya berfokus pada fisiologi sperma. Pre-Seed telah terbukti ramah kesuburan dalam sejumlah studi penelitian independen.

Seperti Conceive Plus, Pre-Seed dapat digunakan selama pengujian kesuburan, untuk membantu laki-laki yang perlu menghasilkan sampel semen untuk analisis semen, IVF, atau siklus IUI.

Kamu dapat membeli Pre-Seed dalam tabung, beserta aplikatornya. Idealnya, produk tersebut harus diaplikasikan dengan aplikator. Selain itu  juga tersedia dalam tabung multi guna tanpa aplikator.

Editors' Picks

Yes Baby

Yes Baby
Homehealth-uk.com

Yes Baby adalah pelumas ramah kesuburan yang dikembangkan di Inggris. Yang unik tentang Yes Baby adalah pelumas yang disertifikasi organik oleh UK's Soil Assosiation.

Menurut situs webnya, Yes Baby juga memperhitungkan apa yang terbaik untuk kesehatan vagina, bersama dengan kesehatan sperma.  Paket pelumas hadir dengan dua formula berbeda, satu yang ramah sperma untuk digunakan selama masa subur, dan satu yang ramah vagina, untuk membantu mengembalikan pH vagina setelah ovulasi.

Jika kamu tertarik dengan pelumas berbahan organik, Yes Baby dengan paket twin pack memakan biaya $26,99 atau Rp.375.000. Dalam paket tersebut dilengkapi dengan tujuh aplikator ramah sperma (untuk selama masa subur), tiga aplikasi ramah vagina (untuk setelah ovulasi), dan lima tes ovulasi.

Pelumas Alami Sendiri: Lendir Serviks

Pelumas Alami Sendiri Lendir Serviks
Freepik/Maksymiv-yura

Beberapa pasangan memiliki masalah dengan kekeringan pada vagina ketika mencoba untuk hamil atau menjalani perawatan kesuburan.  Mereka kekurangan pelumas terbaik yang ada yaitu lendir serviks yang subur.

Namun, tidak setiap perempuan yang mencoba untuk hamil memiliki masalah dengan kekeringan pada vagina. Namun tidak jarang beberapa cara mungkin menyebabkan kekeringan seperti pembersih vagina atau douche.

Tidak ada alasan untuk menggunakan pembersih vagina, karena vagina dapat membersihkan dirinya sendiri. Jika merasakan bau menyengat atau gangguan kesehatan vagina, segera biicarakan dengan dokter untuk diagnosa terbaik. Dalam hal ini, douching tidak akan membuatnya lebih baik justru bisa memperburuknya.

Jika kamu sedang mencoba untuk hamil, cobalah untuk tidak "mencuci" vagina. Biarkan sekresi alami itu bekerja sendiri, dan akan lebih ada kemungkinan untuk hamil.

Bisakah Pelumas Ramah Kesuburan Membantu Lebih Cepat Hamil?

Bisakah Pelumas Ramah Kesuburan Membantu Lebih Cepat Hamil
Freepik/Jcomp

Menggunakan pelumas yang ramah kesuburan telah ditunjukkan di laboratorium untuk tidak merusak sperma atau menghambat gerakan. Tapi bisakah pelumas membantu mempercepat kehamilan? Itu sangat tidak mungkin.

Beberapa materi pemasaran dan banyak ulasan online mungkin membuat perempuan berpikir bahwa menggunakan pelumas ini tidak hanya membantu kehamilan lebih cepat dan juga mungkin membantu mengatasi masalah kesuburan.

Jika ingin mempercepat kehamilan, cobalah untuk rutin mengikuti pola makan yang sehat, berolahraga, dan menghindari pola hidup yang akan memperlambat proses kehamilan.

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.