TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ini Alasan Kenapa Hasil Test Pack Bisa Berubah dalam Semalam

Kok bisa, ya, Ma?

25 November 2022

Ini Alasan Kenapa Hasil Test Pack Bisa Berubah dalam Semalam
Pexels

Saat merasa tanda-tanda kehamilan mulai muncul, calon Mama pasti akan memastikannya sesegera mungkin dengan alat tes kehamilan. Sebagian perempuan bahkan melakukan tes beberapa kali dengan test pack yang berbeda, untuk memastikan apakah hasil yang muncul akurat atau tidak. 

Hal ini dirasa penting, pasalnya beberapa calon Mama pernah mengalami hasil tes test pack yang berubah dalam semalam. Fakta ini mungkin terdengar membingungkan, namun keadaan ini benar terjadi. 

Hasil tes kehamilan bisa berubah dalam semalam karena beberapa kondisi. Apa saja? 

Di bawah ini Popmama.com telah merangkum mengapa hasil test pack bisa berubah dalam semalam

Kenapa Hasil Tes Kehamilan Bisa Berubah dalam Semalam?

Kenapa Hasil Tes Kehamilan Bisa Berubah dalam Semalam
Pexels/OlyaKobruseva

Ada beberapa kondisi yang membuat hasil tes kehamilan bisa berubah dalam semalam. Perubahan itu tidak hanya dari positif ke negatif, namun juga sebaliknya.

Bila hasil dari negatif ke positif Mama mungkin tidak begitu kaget, tapi kalau hasilnya positif ke negatif, kira-kira apa yang terjadi?

Hasil Tes Kehamilan Negatif Berubah Menjadi Positif dalam Semalam

Hasil Tes Kehamilan Negatif Berubah Menjadi Positif dalam Semalam
Pixabay

Alasan utama yang mendasari berubahnya hasil tes kehamilan dari negatif jadi positif dalam semalam adalah Mama mengeceknya terlalu dini atau memang Mama tidak sedang mengandung. 

Untuk memastikannya lebih lanjut, Mama perlu cari tahu terlebih dahulu jenis tes kehamilan yang Mama lakukan. Biasanya alat tes kehamilan di rumah akan menampilkan hasil tes yang bisa mendeteksi kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine mama.

Jika kadar hormon yang ada dalam urine cukup tinggi, maka tes kehamilan akan menampilkan hasil positif. Begitu juga sebaliknya, jika kadar hormon hCG rendah maka tes yang dilakukan akan menampilkan hasil negatif.

Sebab itu, mayoritas dokter menyarankan untuk melakukan tes setelah Mama melalui satu periode terlambat menstruasi untuk mendapatkan hasil tes kehamilan yang akurat. Dengan menunggu periode menstruasi, kadar hormon hCG akan terus meningkat selama trimester pertama. 

Maka dari itu, jika Mama melakukan tes terlalu dini tingkat akurasinya pun akan menurun dan hasil tes kehamilan mungkin saja berubah dalam semalam.

Hasil Tes Kehamilan Positif Berubah Menjadi Negatif Keesokan Harinya

Hasil Tes Kehamilan Positif Berubah Menjadi Negatif Keesokan Harinya
Pexels

Saat Mama mengalami perubahan tes kehamilan dari positif menjadi negatif, kemungkinan yang dapat terjadi adalah Mama sedang mengalami chemical pregnancy atau kehamilan kimia. Apa itu chemical pregnancy atau kehamilan kimia?

Chemical pregnancy merupakan kehamilan dini yang biasanya akan berakhir ketika Mama telah melewati waktu seminggu dari siklus menstruasi yang seharusnya.

Saat mama mengalami chemical pregnancy, hormon kehamilan berada di taraf yang sangat rendah dan kehamilan tidak mengalami perkembangan. Di masa inilah tubuh mama akan mengeluarkan reaksi seperti saat sedang keguguran dan mengalami masa terlambat menstruasi.

Dalam kasus ini, setelah mendapatkan hasil negatif nantinya Mama akan mengalami pendarahan seperti saat menstruasi seperti biasa. Namun jangan khawatir, selama tidak mengalami perdarahan yang berat atau lebih parah dibandingkan saat menstruasi, Mama tidak perlu perawatan khusus.

Sebaiknya, Mama tetap perlu melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Itu dia mengapa hasil test pack bisa berubah dalam semalam. Jika Mama masih ragu akan hasil tes kehamilan yang berubah-ubah, Mama bisa langsung menghubungi ahli kandungan dan melakukan konsultasi, tes darah hingga USG. Dengan begitu hasil tes kehamilan akan jauh lebih akurat dan terpercaya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk