Aturan Pola Makan Orang yang Mengalami PCOS

Ada aturan pola makan penderita PCOS yang sebaiknya kamu terapkan

26 Juni 2019

Aturan Pola Makan Orang Mengalami PCOS
Freepik/Jcomp

PCOS atau polycystic ovary syndrome merupakan gangguan hormonal yang umumnya dialami oleh perempuan pada usia produktif. PCOS memang tidak membahayakan kesehatan secara langsung, namun perempuan yang menderita PCOS rentan untuk mengalami gangguan kesehatan reproduksi, seperti sulit hamil akibat dari menstruasi yang tidak teratur.

Kamu yang terdiagnosis menderita PCOS dan sedang merencanakan kehamilan tak perlu bersedih dengan kondisi ini. Sebab ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi PCOS. Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan.

Dilansir dari Healthline dan beberapa sumber lainnya, berikut pola makan penderita PCOS yang disarankan:

1. Mengurangi asupan karbohidrat

1. Mengurangi asupan karbohidrat
Pexels/Suzy Hazelwood

Perempuan yang menderita PCOS berisiko untuk mengalami resistensi insulin yang menyebabkan kenaikan berat badan.  Untuk itu, demi mencegah kegemukan, kamu disarankan untuk mengatur pola makan kembali, seperti membatasi asupan karbohidrat.

Nah, dalam membatasi asupan karbohidrat, kamu disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks. Selain dianggap lebih menyehatkan, karbohidrat jenis ini juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga dapat membuat kenyang lebih lama.

Baca juga:

2. Hindari makanan karbohidrat olahan

2. Hindari makanan karbohidrat olahan
Pexels/Buenosia Carol

Dalam memilih asupan karbohidrat, sebaiknya hindari karbohidrat olahahan. Hal ini karena karbohidrat olahan dianggap dapat memicu terjadinya inflamasi yang menyebabkan resistensi insulin.

Adapun karbohidrat olahan ditemui pada jenis makanan yang dibuat dengan tepung putih seperti pasta dan mie yang terbuat dari tepung. Selain makanan tersebut, asupan gula cair seperti sukrosa, sirup fruktosa, dan dekstrosa sebaiknya juga kamu kurangi.

Editors' Picks

3. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah

3. Mengonsumsi makanan indeks glikemik rendah
Freepik/Senivpetro

Membatasi asupan karbohidrat dan bijak memilih asupan karbohidrat saja tidak cukup, kamu juga harus memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi mengandung indeks glikemik rendah.

Menurut Richard Legro, MD, ketua departemen kebidanan dan ginekologi di Penn State Health Medical Center penderita PCOS perlu untuk memperbanyak konsumsi asupan makanan dengan indeks glikemik rendah seperti sayur, buah, gandum utuh, protein, dan lemak sehat. 

Hal ini karena makanan dengan indeks glikemik rendah cenderung tidak meningkatkan kadar gula darah dengan cepat yang memicu terjadinya resistensi insulin.

4. Memulai hari dengan sarapan

4. Memulai hari sarapan
Pexels/Jeshoots.com

Penderita PCOS disarankan untuk menerapkan pola makan teratur untuk menjaga keseimbangan hormon tubuh. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat penurunan resistensi insulin dan sekresi testosterone berlebih pada perempuan dengan pola makan teratur serta porsi sarapan yang lebih besar dibandingkan waktu lainnya.

Nah, selain memulai hari dengan sarapan, Kamu juga disarankan untuk memperhatikan seberapa sering Kamu makan. Dibading makan 3 kali sehari dalam porsi besar, Kamu lebih disarankan untuk membagi makan dalam porsi yang lebih kecil dalam beberapa kali makan. Cara ini dianggap lebih efektif menghindari lonjakan gula darah secara drastis.

5. Perbanyak asupan vitamin D

5. Perbanyak asupan vitamin D
boldsky.com

Kamu disarankan untuk meperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Hal ini karena beberapa gejala yang disebabkan oleh PCOS seperti obesitas, resistensi insulin, dan gangguan proses ovulasi juga dapat dikaitkan dengan kekurangan vitamin D.

Alasan inilah mengapa Kamu perlu untuk memerhatikan asupan vitamin D yang dikonsumsi untuk membantu meringankan gejala PCOS yang diderita.

Selain menerapkan pola makan tersebut, kamu juga disarankan untuk melakukan olahraga rutin. Olahraga yang bisa kamu lakukan beragam, mulai dari jalan santai, bersepeda, berenang, hingga melakukan senam aerobik.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!