Air Lemon Jahe, Resep Alami untuk Meningkatkan Kesuburan

Kombinasi lemon dan jahe dipercaya bisa meningkatkan kesuburan kamu saat promil

18 Oktober 2021

Air Lemon Jahe, Resep Alami Meningkatkan Kesuburan
Freepik/azerbaijan_stockers

Apakah kamu pernah mendengar resep air lemon jahe untuk meningkatkan kesuburan?

Lemon dan jahe adalah dua bahan alami yang mudah didapatkan, serta bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Ini karena kandungan nutrisi dalam lemon dan jahe, dipercaya memiliki sifat antiinflamasi untuk mengatasi masalah infertilitas akibat peradangan, melancarkan peredaran darah dari dan menuju organ reproduksi, serta membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Kesehatan tubuh, punya peran penting dalam mendukung program hamil yang sedang kamu jalani bersama pasangan. Dengan tubuh yang sehat, tentunya peluang kehamilan juga akan meningkat ya.

Dilansir dari Fertilitytips, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai air lemon jahe, resep alami untuk meningkatkan kesuburan. Simak juga ya, resep air lemon jahe yang enak dan mudah dibuat!

1. Lemon mengandung antioksidan yang baik untuk sistem reproduksi

1. Lemon mengandung antioksidan baik sistem reproduksi
Freepik/Dashu83

Lemon adalah buah dengan kandungan vitamin C tinggi, yang merupakan antioksidan kuat untuk meningkatkan kesuburan. Tak hanya itu, lemon juga mengandung kalium, kalsium dan folat.

Kandungan nutrisi ini akan membantu menyehatkan sistem reproduksi, serta mencegah penurunan fungsi ovarium, yang sering dialami perempuan seiring dengan bertambahnya usia.

Bagian kulit lemon mengandung pektin, yang bisa membantu mengemulsi lemak, serta menawarkan antioksidan tambahan bagi tubuh. Tentu saja hal ini sangat penting, terutama untuk meningkatkan kualitas sel telur  dan sperma.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram buah lemon segar mengandung, 92.9 gram air, 34 kal energi, 6.2 gram karbohidrat, 23 mg kalsium, 20 mg fosfor, 31 mg natrium, 140 mg kalium, 0.09 mg vitamin B1, 0.12 mg vitamin B2, dan 50 mg vitamin C.

Banyak orang mengonsumsi lemon di pagi hari dengan cara membuat infused water lemon. Minuman ini sangat baik untuuk kesehatan, karena membantu membersihkan racun berbahaya di dalam tubuh.

Editors' Picks

2. Mengonsumsi jahe bisa melancarkan sirkulasi darah dari dan ke organ reproduksi

2. Mengonsumsi jahe bisa melancarkan sirkulasi darah dari ke organ reproduksi
Freepik/Jcomp

Banyak perempuan mengalami sulit hamil, akibat adanya gangguan kesuburan berupa peradangan di dalam tubuh. Nah, jahe punya sifat antiinflamasi yang akan membantu kamu mengatasi masalah ini.

Selain itu, satu penelitian menemukan bahwa, jahe punya kandungan antioksidan yang bersifat androgenik. Sifat androgenik diyakini bisa meningkatkan kadar hormon testosteron, khususnya pada laki-laki. Ini penting untuk proses produksi sperma, agar sperma memiliki kualitas yang baik.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram jahe segar mengandung, 55.0 g air, 51 kal energi, 1.5 g protein, 10.1 g karbohidrat, 12 g serat, 21 mg kalsium, 39 mg fosfor, 12 mg natrium, 441.7 mg kalium, serta 4 mg vitamin C.

Kandungan nutrisi pada jahe dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem metabolisme dan imunitas, serta melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar, memaikan peran penting dalam sistem reproduksi pada perempuan maupun laki-laki.

3. Kombinasi lemon dan jahe untuk meningkatkan kesuburan

3. Kombinasi lemon jahe meningkatkan kesuburan
Pixabay/majacvetojevic

Ketika kamu mengonsumsi kedua bahan alami ini, maka tingkat kesehatan tubuh akan meningkat secara keseluruhan, termasuk juga kesuburan. Dengan tubuh yang sehat, itu artinya kamu dan pasangan sudah mempersiapkan kehamilan dengan sebaik mungkin.

Tubuh yang sehat juga akan membantu kamu menyerap lebih banyak vitamin dan mineral, yang dibutuhkan selama kamu menjalani program hamil. Apabila nutrisi tubuh terpenuhi, tentu saja peluang keberhasilan program hamil juga akan meningkat. 

4. Resep air lemon jahe yang enak dan mudah dibuat

4. Resep air lemon jahe enak mudah dibuat
Freepik

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengonsumsi kedua bahan alami ini. Tapi, yang paling mudah dilakukan adalah meminumnya. Kamu bisa membuat air lemon jahe dengan cara mencampurkannya ke dalam teh hangat, atau mendinginkannya agar lebih segar saat diminum.

Namun, perlu diperhatikan bahwa, semakin lama jahe berada di dalam air, maka rasa pedas khas jahe akan semakin terasa.

Berikut ini resep air lemon jahe yang bisa dengan mudah kamu buat di rumah.

Bahan-bahan:

  • 1 buah jeruk lemon
  • 1 ruas jahe segar
  • 1 sdm sumber lemak organik (bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak kenari)
  • 1 ¾ gelas air
  • Sedikit kayu manis bubuk
  • 1 sdt madu

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender, lalu haluskan.
  2. Setelah halus, saring campuran air lemon jahe tersebut.
  3. Sajikan ke dalam gelas untuk segera kamu minum.

Konsumsi minuman ini satu kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Nah, itulah tadi informasi mengenai air lemon jahe, resep alami untuk meningkatkan kesuburan. Kamu disarankan mengonsumsi minuman ini secara teratur, untuk meningkatkan kesuburan. Dengan tingkat kesuburan yang optimal, diharapkan peluang kehamilan kamu dan pasangan juga akan meningkat.

Selamat mencoba dan semoga bisa segera hamil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.