Ketahui Berat Badan Bayi Kembar dalam Kandungan pada Tiap Trimester

Apakah Mama sudah mengetahui berapa berat badan normal bayi kembar selama masa kehamilan?

23 November 2020

Ketahui Berat Badan Bayi Kembar dalam Kandungan Tiap Trimester
Pexels/Pixabay

Sebagian pasangan ingin memiliki bayi kembar. Dengan harapan bisa langsung memiliki dua bayi lucu dan menggemaskan. Perlu Mama ketahui, faktor yang menyebabkan seseorang bisa memiliki bayi kembar adalah faktor riwayat keluarga dan usia perempuan.

Berdasarkan penelitian kesehatan, perempuan berusia 30 sampai 40 tahun memiliki potensi besar untuk hamil anak kembar. Sementara itu, satu dari 400 ibu hamil memiliki kemungkinan hamil bayi kembar identik. 

Lalu, bagaimana perkembangan bayi kembar dalam kandungan? Pasalnya, saat ini masih sedikit informasi yang menjelaskan berat badan normal bayi kembar dalam kandungan. Apakah Mama sudah mengetahui berapa berat badan normal bayi kembar selama masa kehamilan? Berikut ini rangkuman berat badan bayi kembar dari Popmama.com yang dilansir dari Oxford Academic. 

Editors' Picks

Berat Badan Bayi Kembar pada Trimester Kedua

Berat Badan Bayi Kembar Trimester Kedua
Pixabay/atomicqq

Berat badan bayi kembar mulai diketahui saat usia kehamilan memasuki minggu ke-15. Rata-rata bayi kembar pada usia kehamilan 15 minggu memiliki berat badan 8 gram. Kemudian bertambah menjadi 70 gram pada minggu ke-16, 136 gram pada minggu ke-17, 136 gram pada minggu ke-17, dan 208 gram pada minggu ke-18. 

Berat badan bayi kembar terus bertambah hingga menyentuh angka 742 gram atau 7 ons pada minggu ke-24. Tahapannya adalah berat badan bayi kembar pada minggu ke-19 adalah 284 gram, bertambah menjadi 366 gram pada minggu ke-20, 452 gram pada minggu ke-21, 543 gram pada minggu ke-22, dan 640 gram pada minggu ke-23.

Berat Badan Bayi Kembar pada Trimester Ketiga

Berat Badan Bayi Kembar Trimester Ketiga
Pixabay/valneyribeirojr

Memasuki trimester ketiga, berat badan bayi kembar akan menyentuh angka 1 kilogram. Pasalnya, berat badan bayi kembar pada minggu ke-25 adalah 850 gram, bertambah menjadi 963 gram pada minggu ke-26, 1.081 gram atau 1 kilogram pada minggu ke-27, dan 1,2 kilogram pada minggu ke-28. 

Berat badan bayi kembar akan terus bertambah hingga minggu ke-40 dengan rata-rata penambahan 200 gram setiap minggu. Pada minggu ke-29 berat badan bayi kembar dalam kandungan adalah 1,3 kilogram, bertambah menjadi 1,4 kilogram pada minggu ke-30, menjadi 1,6 kilogram pada minggu ke-31, dan 1,7 kilogram pada minggu ke-32. 

Jelang kelahiran, berat badan bayi kembar adalah 1,9 kilogram pada minggu ke-33, kemudian bertambah menjadi 2 kilogram pada minggu ke-34, 2,2 kilogram pada minggu ke-35, hingga 2,4 kilogram pada minggu ke-36. Bayi kembar umumnya memiliki berat badan 3,1 gram saat usia kehamilan memasuki minggu ke-40. 

Tips Menambah Berat Badan Bayi Kembar

Tips Menambah Berat Badan Bayi Kembar
Pixabay/valneyribeirojr

Hamil bayi kembar tentu tidak sama dengan hamil biasa. Mama perlu meningkatkan asupan makanan hingga dua kali lipat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dua janin di dalam kandungan. 

Mama perlu mempertahankan diet seimbang dengan memastikan kebutuhan nutrisi harian terpenuhi seperti karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral. Sebaiknya hindari makanan berlemak jahat, tinggi kolesterol, dan mengandung pengawet. Jangan lupa untuk istirahat cukup pada malam hari dan kurangi stres. 

Mama yang tengah hamil anak kembar juga membutuhkan asam folat ekstra guna mengurangi risiko kecacatan pada janin. Mama setidaknya membutuhkan 1 miligram asam folat setiap hari yang bisa diperoleh dari makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau. 

Nah, itulah berat badan bayi kembar di dalam kandungan. Jangan lupa untuk lakukan pemantauan rutin ke dokter untuk mengetahui kesehatan bayi ya, Ma!

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.