TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bisakah Pijat Kesuburan Meningkatkan Peluang Kehamilan? Ini Faktanya!

Pijat kesuburan dipercaya oleh beberapa praktisi dapat meningkatkan kesuburan

15 Juni 2022

Bisakah Pijat Kesuburan Meningkatkan Peluang Kehamilan Ini Faktanya
Freepik/pressfoto

Kehadiran seorang anak dipercaya dapat membuat kehidupan pernikahan semakin berwarna dan bahagia. Hal ini membuat banyak perempuan di luar sana berharap segera dikaruniai anak setelah menikah dengan sang pujaan hati.

Namun ada kalanya, mencoba untuk hamil bisa membuat stres, apalagi jika itu sampai memakan waktu lebih lama dari apa yang diharapkan.

Seiring berjalannya waktu, kamu mungkin melakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu kira-kira cara apa yang bisa dilakukan agar segera dikaruniai momongan.

Jika kamu sudah mencari berbagai cara namun belum kunjung terlihat hasilnya, mungkin kamu akan tertarik dengan metode pijat kesuburun. Lantas, apa itu pijat kesuburuan? Apakah cara itu benar-benar akan berhasil membuat kamu hamil?

Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya yang dilansir dari laman What to Expect.

1. Apa itu pijat kesuburan?

1. Apa itu pijat kesuburan
Freepik/gpointstudio

Pijat kesuburan adalah langkah yang digunakan untuk meningkatkan kesuburan atau pembuahan pada perempuan secara alami. Metode pijat ini dapat membersihkan racun dan mengurangi hormon stres dalam tubuh.

Pijat kesuburan diketahui juga dapat menyeimbangkan hormon, yang membantu merangsang organ reproduksi. Pada umumnya, teknik-teknik yang digunakan terlihat beragam namun tampak serupa.

Pijat ini dapat mencakup pijat jaringan dalam perut yang dimaksudkan untuk meningkatkan sirkulasi. Hal tersebut dipercaya oleh beberapa praktisi dapat meningkatkan kesuburan.

Pijat kesuburan juga mencakup penggunaan titik akupresur tertentu di sekitar kaki, terutama pergelangan kaki bagian dalam dan luar. Menurut ahli, bagian-bagian tersebut terhubung dengan area rahim, ovarium, dan organ reproduksi lainnya.

Uniknya, teknik relaksasi serupa yang kerap digunakan dalam pijat normal, seperti menggosok bahu dan leher, juga dapat dimasukkan ke dalam pijat kesuburan.

Editors' Picks

2. Bisakah pijat kesuburan membantu kamu untuk hamil?

2. Bisakah pijat kesuburan membantu kamu hamil
Freepik/Jcomp

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menujukkan bahwa pijat kesuburan dapat secara langsung meningkatkan peluang perempuan untuk hamil. Tetapi yang pasti, pijat ini dapat membantu mengurangi stres.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pijat mampu menurunkan kadar kortisol (hormom stres) dalam tubuh dan meningkatkan serotonin dan dopamin. Dua hormon tersebut dianggap memiliki peranan penting pada kesejahteraan dan peningkatan suasana hati.

3. Apa manfaat pijat ketika kamu mencoba untuk hamil?

3. Apa manfaat pijat ketika kamu mencoba hamil
Freepik/Racool_studio

Manfaat utama pijat biasa atau pijat kesuburan ketika kamu mencoba untuk hamil adalah dapat menghilangkan stres. Ternyata tingkat stres yang diderita dapat berpengaruh untuk memperoleh kehamilan lho.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa perempuan yang mengalami stres selama ovulasi kemungkinan lebih kecil untuk hamil daripada perempuan yang mood-nya dalam keadaan baik saat mereka berovulasi.

4. Apakah ada teknik pijat yang harus dihindari ketika kamu mencoba untuk hamil?

4. Apakah ada teknik pijat harus dihindari ketika kamu mencoba hamil
Freepik/pressfoto

Sebagian besar jenis pijatan aman ketika kamu mencoba untuk hamil. Tapi, ini tidak berlaku setelah kamu sedang hamil. Pijat umumnya tidak disarankan atau diizinkan pada trimester pertama, dan setelah itu hanya pijat prenatal oleh terapis terlatih yang direkomendasikan.

Ibu hamil juga harus menghindari berbaring terlentang untuk waktu yang lama ketika usia kehamilan masih berada di trimester awal. Alangkah baiknya, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan pijatan.

Kemudian, pastikan kamu menemui terapis pijat berlisensi yang berpengalaman dalam pijat prenatal jika sedang hamil.

Nah, jadi itulah informasi terkait pijat kesuburan. Semoga informasi ini bisa menjadi ilmu baru bagi kamu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk